Artikel Pilihan

Harga Setiap Jenis Pohon Bidara yang Harus Anda Ketahui

Pohon Bidara

Salah satu tanaman yang paling banyak dicari adalah pohon bidara. Kenapa pohon bidara diminati oleh banyak orang? Ada banyak alasannya, yaitu cara menanam dan perawatannya yang mudah, buahnya yang tumbuh setiap waktu, dan manfaat dari buah serta daun bidara untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya.

Pohon bidara sendiri ada 5 jenis, yaitu pohon bidara arab, pohon bidara cina, pohon bidara laut, pohon bidara upas, dan pohon bidara apel india. Semua jenis itu memiliki cara penanaman, perawatan, dan manfaat yang nyaris sama. Perbedaannya hanya terletak pada harga saat anda ingin membeli salah satu dari kelima jenis tersebut. 

Harga Setiap Jenis Pohon Bidara 


1. Pohon Bidara Arab 

Pohon bidara arab dipercaya sebagai tanaman yang bisa mengusir jin dan setan. Jenis tanaman ini juga sering dipakai dalam proses ruqyah, pemberkatan rumah, hingga menangkal ilmu hitam. 

Memang terdengar tidak masuk akal. Tidak ada penjelasan logis bagaimana tanaman ini bisa mengusir gangguan dari makhluk halus. Namun, para ulama menyarankan memakainya ketika berurusan dengan jin atau setan. 

Bahkan bidara arab memiliki beberapa kedudukan dalam pandangan agama Islam. Pohon bidara dianggap sebagai tanaman yang jumlahnya sedikit, tanaman tanpa duri, dan sebuah simbol pembatasan akhir. 

Pohon bidara arab dijual dengan harga yang beragam, mulai dari 6 ribu Rupiah saat masih dalam bentuk bibit hingga 60 ribu Rupiah saat sudah tumbuh dewasa. Semakin bagus dan lebat tanamannya, semakin mahal pula harga yang dipatok oleh penjual. 

2. Pohon Bidara Cina 

Pohon bidara cina memiliki buah yang berwarna kekuningan dengan bentuk bulat. Bila sudah masak, buah ini akan mengeluarkan aroma yang harum. Daun dan buah bidara cina sering dimanfaatkan untuk membuat obat. 

Daun serta buah bidara cina mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, B, C, E, beta karoten, magnesium, fosfor, kalsium, dan masih banyak lagi. 

Semua kandungan tersebut bisa menyembuhkan penyakit pencernaan, diabetes, dan luka luar. Tanaman ini juga bisa mencegah penyakit jantung dan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, daun dan buah bidara cina juga bisa mengatasi masalah kecantikan. 

Harga pohon bidara cina berkisar antara 18 ribu Rupiah sampai 100 ribu Rupiah, tergantung besar tanaman dan pot yang digunakan. 

3. Pohon Bidara Laut 

Seperti namanya, pohon bidara laut sering ditemukan berada di dekat sumber air. Tanaman ini menghasilkan buah yang berwarna hijau dengan bentuk yang bulat. Warna hijau dari buahnya sangat mengkilap. 

Rasa buahnya masam agak manis. Buahnya sangat mirip dengan buah apel yang berwarna hijau. Hanya saja, ukuran buah bidara laut jauh lebih kecil dibandingkan buah apel. 

Harga pohon bidara laut juga berbeda-beda. Patokan harganya adalah tingginya. Bila tinggi sudah mencapai 30 sampai 50 cm, harganya berkisar antara 45 ribu sampai 60 ribu Rupiah. 

Bila masih kecil atau berbentuk bibit, harganya jauh lebih murah, yaitu hanya 4 ribu sampai 7 ribu Rupiah. 

4. Pohon Bidara Upas 

Pohon bidara upas memiliki bentuk daun yang lebih kecil dibandingkan jenis bidara lainnya. Bentuknya oval memanjang dengan ukuran hingga 15 cm. Daunnya berwarna hijau. 

Selain daun, pohon bidara upas juga memiliki bunga yang berwarna kekuningan. Bunga ini menghasilkan aroma yang sangat harum. Di bagian ranting antara bunga dan daunnya juga ada beberapa duri kecil. 

Pohon bidara upas memiliki harga yang lumayan mahal, yaitu sekitar 75 ribu Rupiah untuk ukuran yang masih kecil. Harganya menjadi 100 ribu Rupiah saat sudah tumbuh agak besar. 

5. Pohon Bidara Apel India 

Ada beberapa alasan kenapa pohon bidara yang satu ini diberikan nama bidara apel india. Tentu saja karena bentuk buahnya yang mirip dengan buah apel asal India. Buah bidara apel india memiliki warna yang hijau hingga kemerahan. 

Bentuknya sulit dibedakan dengan buah apel. Anda hanya bisa membedakannya berdasarkan ukuran buahnya saja. 

Harga pohon bidara apel india juga terjangkau. Untuk ukuran yang masih kecil, harganya hanya 29 ribu Rupiah. Kalau ukurannya sudah mencapai 40 cm, harganya akan sedikit lebih mahal, yaitu 40 ribu Rupiah. 

Ciri-Ciri Setiap Jenis Pohon Bidara 

Pohon Bidara
Sumber: pinterest.com
Dari kelima jenis pohon bidara itu, setiap jenisnya memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Meski ciri umumnya tetap sama. Ciri khas yang membedakan satu jenis dengan jenis yang lain dapat anda lihat dari daun serta buahnya. 

Pohon bidara arab memiliki daun yang berbentuk oval dan agak memanjang. Tidak ada duri sama sekali pada ranting tanaman ini. Bidara cina memiliki bentuk daun yang juga oval dengan gerigi pada setiap sisinya. 

Pohon bidara laut memiliki batang yang agak bengkok. Daunnya juga bergerigi seperti daun bidara cina. Bidara upas memiliki daun yang berbentuk lebar dan sangat runcing pada bagian ujungnya. Daun bidara upas memiliki bentuk yang agak bengkok ke dalam. 

Terakhir, pohon bidara apel india memiliki batang berduri kecil. Daunnya berbentuk oval, runcing pada bagian ujung, dan terlihat seperti bentuk hati. 
Pohon Bidara
Sumber: 99.co
Harga pohon bidara sebenarnya tidak terlalu mahal. Harga yang paling mahal hanya sekitar 100 ribu Rupiah. Harga tersebut juga dapat berubah-ubah tergantung kondisi tanaman.

Itulah beberapa informasi mengenai harga jenis-jenis pohon bidara. Semoga bermanfaat untuk anda, ya!

Belum ada Komentar untuk "Harga Setiap Jenis Pohon Bidara yang Harus Anda Ketahui "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel