Artikel Pilihan

5 Manfaat Buah Matoa yang Masih Jarang Diketahui

Ciri Ciri Pohon Buah Matoa

Sudah pernah dengar buah Matoa? Buah langka yang banyak ditemui di wilayah Indonesia bagian timur, khususnya Papua dan Maluku. Buah Matoa hanya akan berbuah sekali dalam setahun. Karena singkatnya masa panen dari buah yang manis legit itu, buah ini masih jarang dikenal.

Sebenarnya buah Matoa bisa didapatkan di seluruh wilayah Indonesia, namun karena pohon buah matoa hidup di wilayah beriklim curah hujan tinggi, pohon ini hanya bisa ditemui di wilayah Indonesia timur khususnya Papua. Selain unik, manfaat buah matoa juga masih jarang diketahui oleh sebagian masyarakat di Indonesia.

Buah matoa sendiri memang merupakan buah khas Papua. Menurut sebagian orang, buah langka yang punya rasa manis legit ini memiliki berbagai macam rasa yang berasal dari campuran buah-buahan, seperti durian, kelengkeng, leci dan rambutan.



Pohon buah matoa sendiri termasuk kelompok pohon berbatang keras dan menjulang sangat tinggi, berbeda dengan pohon kelengkeng yang setinggi 3 meter sudah berbuah lebat. Selain karena buah ini langka dan hanya bisa dipanen sekali dalam setahun, manfaat buah matoa akan kita rasakan jika memakannya secara rutin dan teratur. Baik manfaat dari segi kesehatan maupun kecantikan.

Hal menarik dari buah matoa lainnya adalah dari segi tekstur buah. Di Papua sendiri terdapat 2 macam jenis buah matoa, yaitu matoa yang daging buahnya padat dan kenyal seperti buah rambutan dinamai Matoa Kelapa, sedangkan matoa yang tekstur daging buahnya cenderung lembek dan lengket dinamai Matoa Papeda.

Untuk mendapatkan 1 kilogram buah matoa, kita perlu mengeluarkan anggaran lebih. Harga jual buah matoa segar per kilogram bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Sangat mahal daripada jenis buah-buahan lainnya.

Berikut manfaat buah matoa yang bisa dijadikan konsumsi keluarga:

1. Kaya Akan Vitamin Dan Mineral

Buah matoa banyak mengandung vitamin C dan E yang baik dan berguna bagi kesehatan dan daya tahan tubuh agar imun kuat dan tidak mudah terserang sakit maupun penyakit, selain itu juga sebagai nutrisi kulit tubuh agar tetap sehat dan kenyal.

2. Membantu Menurunkan Hipertensi

Kandungan yang terdapat dari ekstrak buah matoa serta serat dari daging buahnya dapat membantu meningkatkan proses pengeluaran zat dan cairan yang tidak diperlukan dalam tubuh manusia.


3. Pencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dari buah matoa membuat konsumsi buah matoa menjadi digemari oleh masyarakat untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

4. Peningkat Daya Tahan Tubuh

Karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi, buah matoa sangat cocok digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar selalu segar dan bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari

5. Membantu Merawat Peremajaan Kulit

Bagi yang memiliki permasalahan pada kulit wajah seperti jerawat, mengkonsumsi rutin buah matoa bisa membantu menenangkan permasalahan kulit wajah tersebut. Memang hasil yang diberikan tidak bisa instan. Namun, bukankah kulit wajah yang sehat akan lebih baik daripada hasil yang instan namun malah merusak kulit?
Ciri Ciri Pohon Buah Matoa
Sumber: instagram.com
Selain lima manfaat di atas, masih ada banyak manfaat lain yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi secara rutin buah matoa. Untuk 2 jenis buah matoa tadi yang paling laku yaitu jenis matoa kelapa, sebab tekstur dagingnya yang kenyal dan padat serta rasanya sangat manis, sehingga harga jualnya pun lebih mahal daripada matoa jenis papeda.



Perlu diingat bahwa selain mengonsumsi buah matoa yang kaya akan manfaat, gaya hidup dan pola makan juga perlu dijaga agar seimbang antara gaya hidup, pola makan, serta kandungan dari buah matoa yang bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Akan sama saja jika mengkonsumsi rutin buah matoa namun tidak berolahraga, maka tubuh yang harusnya bisa menyerap nutrisi yang terdapat dari buah matoa menjadi tidak maksimal bekerja.

Sudah tahu bukan manfaat buah matoa yang cukup menggiurkan untuk dijadikan konsumsi sehari-hari? Tertarik untuk berburu buah matoa apalagi matoa jenis kelapa? Segera lengkapi kebutuhan nutrisi kamu dengan pola hidup sehat ditambah konsumsi buah matoa secara teratur dan rutin.

Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Buah Matoa yang Masih Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel