Artikel Pilihan

Tips Menanam Pohon Palem Sikas Secara Efektif

ciriciri pohon palem sikas

Pohon palem sikas menjadi jenis pohon palem yang banyak ditemukan di Indonesia dan penyebarannya sudah sangat luas. Tanaman ni banyak ditemukan sebagai penghias taman atau sebagai penghias berbagai lahan yang kosong. Pada dasarnya setiap tanaman memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga cara perawatannyapun pasti berbeda.

Pot adalah media tanam kecil yang bisa menggantikan tanah dan ukuran pot sangatlah bervariasi, tergantung jenis pot yang dipilih. Degan bentuk pot yang unik akan menambah keindahan tanaman. Pohon palem sikas menjadi salah satu jenis pohon yang bisa diterapkan dalam pot dan bisa dijadikan tanaman hias dalam sebuah ruangan.

Sekilas Tentang Pohon Palem Sikas

ciriciri pohon palem sikas
Sumber: tokopedia.net
Pohon palem sikas memiliki nama latin Cycadaceae dan pohon palem sikas masuk dalam kategori tanaman purba. Pohon palem sikar memang telah ada sejak jaman dulu dan sudah dimanfaatkan untuk tanaman hias sejak lama. Persebaran pohon palem sikas sangatlah cepat dimulai dari Afrika Timur, Laut Pasifik hingga sampai ke Indonesia.

Kebanyakan jenis pohon palem sikas yang tunbuh di Indonesia adalah jenis Cycas Rumpii dan nama terkenalnya adalah pakis haji, meski pohon palem sikas bukanlah keluarga pakis-pakisan. Untuk bisa merawat pohon palem sikas dengan baik, maka anda perlu mengetahui karakteristik cara hidup tanaman dan jangan sampai penanaman dilakukan dengan asal, karena akan berdampak terhadap kematian tanaman.

Pohon palem sikas dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama, karena memiliki susunan batang yang bersisik ke arah atas. Pohon palem sikas juga kuat menghadapi berbagai gangguan cuaca atau iklim. Berbagai jenis hama akan menjauh dari tanaman ini, karena daya tahan tubuhnya sangat kuat dan pohon palem sikas kuat tidak menerima air dalam waktu lama.

Runjung yang dimiliki pohon palem sikas akan menutupi biji dari hasil penyerbukan dan hal ini akan membuat proses tumbuh berlangsung cepat. Pohon palem sikas akan melakukan penyerbukan dengan bantuan angin, sehingga bantuan dari berbagai serangga tidak terlalu diperlukan. Untuk bisa menanam pohon palem sikas dengan baik, tentu harus mengikuti prosedur terbaiknya.

Tips Menanam Pohon Palem Sikas Secara Efektif

Pohon palem sikas adalah jenis pohon yang bisa tumbuh subur di daerah yang tropis, namun pohon palem sikas juga bisa tumbuh di daerah panas. Penanaman yang dilakukan di dataran rendah tentu lebih bagus untuk menunjang pertumbuhannya. Meskipun pohon palem sikas bisa dipakai untuk tanaman hias dalam ruangan, namun lebih baik ditempatkan di alam terbuka yang memiliki sinar matahari.

Baca Juga :

Pohon palem sikas memang berasal dari kawasan Afrika yang memiliki hamparan gurun pasir, sehingga pohon palem sikas sudah terbiasa dengan kondisi kekurangan air dan cuaca panas. Pohon sikas memang tidak perlu disiram setiap hari, karena penyiraman bisa dilakukan saat pohon mengalami kekeringan dan daunnya sudah mulai layu.

Pohon palem sikas harus ditempatkan pada media tanam yang memiliki sistem drainase baik dan pohon sikas juga tidak menyukai kondisi tanah yang basah, karena adanya genangan air. Tanah yang mengandung genangan air, akan memudahkan tumbuhnya jamur yang akan merusak tanaman dan genangan air juga akan membuat kondisi akar jadi membusuk.

Secara umum pohon palem sikas memang memiliki pola hidup yang sangat lambat, sehingga diperlukan kesabaran ekstra untuk mengembangkannya menjadi besar. Berikanlah pupuk yang sesuai untuk pohon palem sikas dan pemberian pupuk haruslah secukupnya, agar tidak akan menimbulkan efek samping yang bisa membuat pohon palem sikas jadi mati.

Agar pohon sikas bisa hidup dengan baik, sebaiknya bersihkan berbagai gulma atau rumput yang bisa menghambat pertumbuhan. Tanaman sejenis gulma akan bisa menghalanggi proses tumbuh pohon palem sikas dan bisa membuat akar pohon palem sikas tidak berkembang dengan baik. Bersihkan gulma dan rumput secara rutin.

Untuk menjadikan pohon palem sikas hias tidak berkembang membesar, sebaiknya selalu potong bagian daun yang berpotensi tumbuh besar dan selalu lakukan pengkredilan secara rutin. Dengan pengkredilan yang baik, maka pohon palem sikas akan tumbuh kecil di dalam sebuah pot.

Demikian ulasan lengkap mengenai tips menanam pohon palem sikas secara efektif dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Tips Menanam Pohon Palem Sikas Secara Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel