Artikel Pilihan

Selain Bonsai Beringin, Tanaman Ini Juga Cocok Untuk Pemula

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Kalau berbicara soal tanaman hias yang cocok untuk pemula, bonsai beringin sering disebut. Bonsai beringin memang tanaman yang sangat gampang dirawat bagi pemula karena tidak memerlukan perawatan khusus seperti tanaman lainnya. Tanaman ini bahkan tidak memerlukan pupuk khusus agar bisa tumbuh lebat.

Bonsai beringin memang memiliki karakteristik yang kuat dan tahan terhadap keadaan. Itu karena bakal bibitnya, pohon beringin juga mampu tumbuh dalam keadaan apapun. Namun, sebenarnya ada banyak sekali tanaman hias lain yang dapat dipilih oleh anda kalau masih pemula.

Tanaman Untuk Pemula Selain Bonsai Beringin

1. Kamboja Jepang

Tumbuhan pertama yang cocok anda tanam selain bonsai beringin adalah Kamboja Jepang. Tanaman ini disarankan untuk pemula karena perawatannya yang sangat mudah, tidak jauh berbeda dengan bonsai.



Anda mungkin akan bergidik ngeri saat mendengar bunga Kamboja, tetapi Kamboja Jepang bukan tanaman yang tumbuh di kuburan. Tanaman ini sangat cantik dengan bunganya yang berwarna pink. Kelebihan dari Kamboja Jepang adalah tahan terhadap panas.

2. Kaktus Hias

Kaktus merupakan tanaman yang dapat tumbuh di tanah kering dengan cuaca yang panas. Kaktus juga berbentuk besar. Namun, beberapa kaktus dibuat menjadi kecil sehingga dapat dijadikan tanaman hias. Kaktus hias dengan kaktus layaknya bonsai beringin dengan pohon beringin.

Anda juga pasti sudah tahu kalau kaktus hias tidak perlu banyak disiram sehingga kalau anda lupa menyiramnya juga tidak menjadi masalah. Kaktus hias ada banyak jenisnya, yaitu Haworthia Cactus Zebra, Gymnocalycium, Ball Cactus, dan Fairy Castle.


3. Lili Paris

Bonsai beringin merupakan tanaman yang cocok untuk pekarangan rumah. Sedangkan Lili Paris merupakan tanaman yang cocok menghias pagar. Kedua tanaman ini sama-sama mudah dirawat.

Kelebihan Lili paris yang mirip dengan bonsai beringin adalah mudah beradaptasi pada semua keadaan cuaca, bahkan cuaca ekstrem. Hebatnya lagi, Lili Paris tetap dapat tumbuh di cuaca seperti itu.

4. Bougenville

Bougenville atau bunga kertas memiliki ukuran yang lumayan tinggi, yaitu sekitar 10 meter. Tanaman ini juga bisa menjadi bonsai, seperti bonsai beringin. Bougenville memiliki warna yang indah dengan dominasi warna pink.

5. Lidah Mertua

Anda dapat juga menanam Lidah Mertua atau Snake Plant sebagai tanaman hias menggantikan bonsai beringin. Bentuk tanaman yang satu ini seperti daun yang memanjang ke atas.

Lidah Mertua merupakan tanaman yang dapat hidup di tanah yang kering dan jarang mendapatkan perawatan. Namun, jangan sampai lupa menyiramnya setiap hari. Meski kuat, tanaman ini juga bisa mati kalau anda jarang menyiramnya,

6. Euphorbia

Euphorbia hampir mirip seperti Kamboja Jepang. Namun, memiliki bentuk bunga yang lebih kecil dan tebal. Warna bunganya juga cerah. Tanaman ini mampu tumbuh di cuaca yang panas, sama seperti bonsai beringin.

7. Sri Rejeki

Sri Rejeki memiliki ukuran yang hampir sama dengan bonsai beringin. Daun Sri Rejeki berwarna hijau dengan sedikit warna merah. Selain mudah dirawat untuk pemula, tanaman ini juga dipercaya mampu membawa keberuntungan.

8. Sirih Belanda

Tanaman ini memiliki banyak nama, selain Sirih Belanda, juga sering disebut Sirih Gading dan Epipremnum Aureum. Kalau bonsai beringin hanya bisa diletakkan saja, Sirih belanda cocok sebagai tanaman gantung.

9. Palem Pot

Anda pasti tahu dengan pohon palem, kan? Pohon ini bisa tumbuh sangat tinggi. Sama seperti bonsai beringin, pohon palem juga bisa dibikin bonsai dan sering dinamakan palem pot.

Seperti yang terlihat di alam, palem memang tumbuhan yang sangat kuat dan mampu bertahan hidup di cuaca yang panas ataupun dingin.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com

Kenapa Bonsai Beringin Lebih Unggul?

Banyak sekali tanaman hias yang cocok untuk pemula. Namun, masih banyak pemula yang memilih bonsai beringin. Anda mungkin bertanya-tanya kenapa tanaman yang satu ini lebih dipilih.



Alasannya karena bonsai beringin merupakan tanaman yang bisa dibentuk sesuai keinginan. Indah atau tidaknya bonsai ini tergantung oleh hasil karya dari pemiliknya. Karena itu, banyak orang berlomba-lomba menanamnya untuk membentuk sesuai ide dan kreativitas mereka. Bonsai beringin juga dapat hidup hingga ratusan tahun.

Itulah beberapa tanaman hias yang bisa anda pilih sebagai permulaan selain bonsai beringin. Apakah anda sudah memutuskan akan menanam tanaman yang mana?

Belum ada Komentar untuk "Selain Bonsai Beringin, Tanaman Ini Juga Cocok Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel