Artikel Pilihan

Ragam Simbolisasi Pohon Sakura di Negara Jepang

Pohon sakura merupakan salah satu jenis pohon yang terindah di dunia. Pohon ini menjadi satu dengan diri masyarakat, dan berkembang menjadi sebuah budaya yang tak lekang oleh waktu. Tiap tahunnya, Jepang merayakan festival untuk merayakan mekarnya bunga sakura yang nampak indah dan elegan.

Dibelakang itu semua, terdapat makna tersembunyi yang tersirat di balik keindahan kelopak sakura. Berkumpulnya orang-orang tak hanya sebatas bersenang-senang saja. Ada banyak sekali cerita, ada banyak sekali filosofi yang menjadi pondasi kuat yang menghubungkan antara tanaman sakura dengan masyarakat ini.

Tidak hanya indah di mata saja, pohon sakura juga memiliki beragam simbolisasi yang menggambarkan kehidupan kita sebagai manusia. Berikut adalah ragam simbolisasi pohon sakura yang melekat di masyarakat.



Keindahan dan Kecantikan

Ciri Ciri Pohon Sakura

Bunga sakura seakan tak lepas dari keindahan dan kecantikan. Simbolisasi pohon sakura ini nampak jelas di mata. Waktu dimana kelopak sakura mulai bermekaran menjadi titik terindah dari pohon ini. Kelopak bunga berwarna putih dan merah muda memenuhi pohon yang sebelumnya tandus tak berisi.

Layaknya sebuah kuas berwarna yang dilukiskan di tiap tiap pusat kota. Hampir seluruh jalanan tampak berwarna merah muda. Semua nampak tenang dan kagum akan keindahannya yang tidak bisa disandingkan dengan bunga lainnya. Wajah yang muram seolah berubah menjadi bahagia tatkala musim semi datang.

Karena keindahan yang diberikan oleh pohon sakura inilah yang membuat banyak sekali masyarakat dunia yang ingin secara langsung melihatnya. Tak jarang, banyak yang rela membuat rencana khusus untuk dapat melihat indahnya sakura, meski membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Lambang Arus Kehidupan

Ada simbolisasi pohon sakura yang sangat penting untuk dipahami oleh manusia, yakni arti kehidupan. Hidup yang kita lalui bisa saja menjadi pengalaman yang menyenangkan dan pengalaman yang paling mengesankan, namun semua itu hanyalah sementara. Tidak ada yang abadi di dunia ini, termasuk kebahagiaan jiwa.
Ciri Ciri Pohon Sakura
Sumber: image.winudf.com
Pohon sakura menggambarkan ini dengan sempurna. Kelopak bunga yang bermekaran, tidak akan bertahan selamanya. Anda hanya bisa melihatnya dalam kurun waktu yang sangat pendek saja. Mekarnya sakura hanya berlangsung sementara. Filosofi ini juga dipegang teguh oleh masyarakat Jepang yang sangat menghargai waktu untuk bisa menyaksikan sakura tiap tahunnya.

Kebangkitan Kembali

Namun, dibalik kesedihan akan timbul kebahagiaan, Entah akan datang lama atau lambat, perlahan kesedihan yang akan kita alami akan terhapuskan. Kelopak bunga mungkin memiliki umur yang sangat pendek. Perlahan, sakura yang dipenuhi oleh kelopak bunga sakura akan layu dengan sendirinya.

Tapi, suatu saat, di musim semi selanjutnya, bunga-bunga itu akan muncul kembali. Pohon sakura yang semula layu seakan ikut tersenyum, Begitu juga dengan masyarakat Jepang yang juga ikut bahagia akan mekarnya bunga sakura yang baru. Mengganti kesedihan yang mereka rasakan dengan kebahagiaan yang baru.

Harapan

Munculnya pohon sakura yang bermekaran menimbulkan harapan yang baru. Simbolisasi pohon sakura sebagai lambang harapan bukan hanya sekedar ucapan belaka. Selain daripada siklus hidup pohon sakura itu sendiri, ada banyak sekali peristiwa yang melambangkan pohon sakura sebagai ikon atau wujud dari harapan. Ada beberapa peristiwa yang menggambarkan betapa tegarnya pohon-pohon sakura menghadapi cobaan.



Sebagai contoh, ada beberapa pohon sakura dengan umur yang sangat panjang di Jepang. Rata-rata pohon tersebut berusia lebih dari 1.000 tahun. Selama masa hidup mereka, ada banyak sekali bencana alam yang terjadi di Jepang, mulai dari gempa bumi sampai dengan tsunami. Disamping banyaknya korban yang berjatuhan, harta benda yang hancur berantakan, pohon-pohon ini masih bisa bertahan. Seolah memberikan semangat untuk tetap bertahan hidup, walau berhadapan dengan kondisi yang sulit.
Ciri Ciri Pohon Sakura
Sumber: wallpaperflare.com

Menghargai Memori Indah

Perayaan hanami tidak terbatas pada merayakan indahnya sakura. Masyarakat Jepang melakukan perayaan hanami ini juga sebagai rasa syukur atas indahnya kehidupan mereka. Memanjatkan doa kepada kerabat mereka yang sudah tiada, dan menghargai waktu yang telah mereka lalui bersama. Berkumpul bersama di bawah rimbunnya sakura untuk bercengkrama dan bersenang-senang bersama sambil memanjatkan doa untuk kehidupan yang lebih baik di tahun yang akan dijalani.

Belum ada Komentar untuk "Ragam Simbolisasi Pohon Sakura di Negara Jepang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel