Artikel Pilihan

Manfaat Menanam Bonsai Beringin di Rumah Anda

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Menanam bonsai beringin menjadi hobi tersendiri bagi kalangan pecinta tumbuhan. Bonsai beringin merupakan tumbuhan yang serupa dengan pohon beringin, tetapi dalam bentuk kecil yang bisa disimpan dalam pot. Tanaman yang memiliki nama latin Ficus benjamina ini memiliki karakteristik batang yang kuat dan kokoh.

Pohon beringin yang menjadi bakal bibit tanaman ini merupakan pohon yang sangat besar. Dari akarnya yang kuat, pohon ini memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah menyerap air yang banyak sehingga menahan bencana banjir dan longsor. Selain itu, Anda juga akan merasakan banyak manfaat jika menanam bonsai beringin di dalam atau di sekitar rumah anda.

Manfaat Memiliki Bonsai Beringin di Sekitar Rumah

Meski ukurannya telah mengecil dan tidak mampu menyerap air dalam tanah sebanyak pohon beringin. Namun, bonsai beringin yang ditanam di sekitar rumah anda akan memberikan banyak manfaat.



1. Membuat Udara Lebih Segar

Anda pasti telah belajar bahwa tanaman yang memiliki daun yang hijau akan melakukan proses fotosintesis. Selama proses ini, daun akan melepaskan oksigen yang membuat udara sekitar terasa lebih segar.

Bonsai beringin memiliki daun yang sangat lebat sehingga saat siang hari tentu akan memberikan oksigen yang melimpah di rumah anda. Rumah anda akan terasa lebih segar jika memiliki tanaman yang satu ini.

Sebaliknya, tanaman membutuhkan oksigen pada malam hari. Keluarkanlah tanaman ini dari dalam ruangan pada saat malam hari. Berebut oksigen dengan tanaman dengan genus Ficus ini akan membuat anda sesak napas ketika tidur. Sebaiknya letakkan saja di sekitar pekarangan rumah.

2. Tidak Terlalu Makan Tempat

Pohon beringin merupakan pohon yang besar sehingga memerlukan lahan yang luas untuk menanamnya. Berbeda dengan pohon beringin, bonsai beringin hanya memerlukan pot kecil untuk menampungnya. Asalkan pot tersebut kuat, tanaman ini mampu terus tumbuh.

3. Membuat Teduh

Bonsai Beringin dapat membuat sekitar rumah menjadi lebih teduh bila kamu meletakkannya di atap rumah. Meski dalam bentuk yang kecil, tanaman yang satu ini tetap memiliki daun yang lebat sehingga mampu menghalangi cahaya matahari.

4. Menjadi Pemandangan

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com
Tanaman yang masuk dalam famili Moraceae ini cocok dijadikan pemandangan agar suasana rumah anda tidak monoton. Kelebihan lain dari bonsai beringin adalah dapat dibentuk sesuai dengan keinginan anda.

Anda akan merasa lebih puas saat melihat hasil karya anda sendiri dalam bentuk tanaman ini. Anda dapat melepaskan kepenatan dengan melihat tanaman ini.

Bonsai beringin juga mengandung warna yang natural, yaitu warna hijau dan coklat. Kedua warna tersebut mampu membuat emosi menjadi lebih tenang. Anda juga akan merasa lebih aman dengan melihat warna coklat.

5. Bisa Menyerap Banyak Air

Salah satu kelebihan dari pohon beringin adalah mampu menyerap air dalam jumlah yang banyak. Anda juga dapat memanfaatkan kelebihan tersebut dari bonsai beringin. Jika takut rumah anda kebanjiran setiap hujan, cobalah menanam banyak bonsai beringin.

Bonsai memang memiliki daya serap yang lebih kecil dibandingkan pohon beringin. Namun, tetap berguna bila anda menanamnya dengan jumlah yang banyak. Tanaman ini mampu menyerap air yang banyak karena memiliki akar yang besar serta bantuan dari akar gantung.



Kerugian Memiliki Bonsai Beringin

Memiliki bonsai beringin juga memberikan sedikit kerugian bagi anda. Salah satu kerugiannya adalah tanaman ini akan membuat rumah anda jadi terasa lembab. Rumah yang lembab berisiko menumbuhkan jamur dan tidak baik bagi paru-paru anda. Karena itu, sebisa mungkin menanam tanaman yang satu ini di luar ruangan rumah.

Tanaman ini juga mampu membuat rumah anda terasa angker. Hal ini karena udara lembab yang tercipta. Tumbuhan dari ordo urticales ini membuat udara sekitarnya lembab karena menyerap terlalu banyak air sehingga lebih banyak melepas air di udara.

Banyak sekali manfaat yang akan anda rasakan jika menanam bonsai beringin. Kalau anda mulai tertarik untuk memiliki tanaman ini, anda harus segera mencari bakal bibit yang kuat.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Menanam Bonsai Beringin di Rumah Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel