Artikel Pilihan

Minyak Zaitun untuk Kesehatan Ibu Hamil

ciri ciri pohon minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu produk hasil dari alam yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Walau harganya cukup tinggi, tetapi peminat minyak zaitun ini tidak berkurang dari masa ke masa. Apalagi semakin banyak orang yang mulai menerapkan pola hidup sehat.

Ternyata minyak zaitun juga baik untuk kesehatan ibu hamil. Dalam minyak zaitun sebanyak 100ml mengandung 884 kalori, vitamin A, E dan tidak mengandung lemak jenuh. Lemak dalam minyak zaitun ini merupakan lemak tidak jenuh. Berikut ini khasiat minyak zaitun bagi ibu hamil.

Membantu Melancarkan Proses Persalinan

Di dalam minyak zaitun mengandung vitamin K yang mampu mendukung proses koagulasi darah. Hal ini dapat membantu melancarkan proses persalinan. Selain itu, di dalam minyak zaitun ini juga terdapat kandungan vitamin C yang baik untuk memperlancar peredaran darah.



Peredaran darah yang lancar ini membantu memasok oksigen ke otak dan bagian tubuh yang lain. Dengan pasokan oksigen yang cukup di dalam tubuh dapat membuat tubuh ibu dan calon bayi lebih baik kesehatannya.

Cara konsumsi minyak zaitun ini bisa dengan setengah sendok makan setiap hari. Untuk dosis lebih dari itu harus dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu dan disesuaikan dengan kondisi kehamilan. Dosis yang berlebihan ditakutkan mempengaruhi sistem pencernaan ibu.

Mengurangi Stretch Mark

ciri ciri pohon minyak zaitun
sumber : rhythmsofnature.info

Stretch mark merupakan guratan-guratan garis yang biasanya tidak disukai oleh para ibu. Minyak zaitun ini dapat menyamarkan stretch mark tersebut. Dengan pengaplikasian minyak zaitun secara konsisten di bagian perut, pinggul dan payudara dapat mengurangi stretch mark yang muncul. Hal ini disebabkan karena di dalam minyak zaitun tersebut terkandung lemak tidak jenuh seperti polifenol.

Mencegah Infeksi

Hal-hal seperti infeksi merupakan hal yang tidak diinginkan oleh ibu maupun jika itu terkena pada bayi. Kandungan Vitamin A dalam minyak zaitun mampu mencegah terjadinya infeksi pada ibu maupun pada bayi. Caranya yaitu dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin setiap hari dengan dosis setengah sendok makan.

Baca Juga :

Mengurangi Rasa Gatal

Perut yang gatal pada ibu hamil seringkali menjadi masalah yang sulit ditemukan penyelesaiannya. Sebenarnya perut ibu hamil yang gatal adalah masalah yang wajar akibat kulit yang merenggang. Jika digaruk, garukan tersebut akan menimbulkan bekas pada kulit ibu yang lebih sensitive saat sedang hamil ini.

Minyak zaitun yang mengandung polifenol dan asam oleat mampu melembabkan kulit sekaligus mengurangi rasa gatal tersebut. Caranya yaitu bisa dengan mengolesi perut ibu hamil denga minyak zaitun secara berkala atau saat rasa gatal muncul.

Mengurangi Kram Kaki

Ibu hamil akan merasakan beban yang melebihi beban tubuhnya sendiri karena harus membawa bayi di dalam perutnya. Hal ini sering mengakibatkan terjadinya kram pada kaki ibu hamil. Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengurangi rasa kram pada kaki ini dengan cara memijat kaki tersebut dengan minyak zaitun.


Membantu Perkembangan Pankreas dan Ginjal Janin

Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun mampu membantu terjadinya proses oksidasi. Komponen vitamin E ini dapat membantu bayi beradaptasi lebih baik di lingkungan yang mengandung banyak oksigen nantinya saat ia telah lahir. Ibu hamil yang mengonsumsi minyak zaitun secara rutin juga dapat menambah nutrisi pada tubuh bayi disertai dengan perkembangan pancreas dan ginjal bayi dengan baik.


Meningkatkan Fungsi Dan Perkembangan Otak

ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: parenting.firstcry.com
Dalam minyak zaitun ini terdapat zat Omega 3 yang bisa membantu proses perkembangan otak pada janin. Ketrampilan belajar bayi bisa semakin berkembang. Sistem syaraf padi bayi bisa terus berkembang dengan adanya kandungan Omega 3. Selain itu, juga mampu meningkatkan kekebalan pada tubuh bayi. Ibu hamil dapat mengonsumsi minyak zaitun secara rutin.

Menurunkan Risiko Bayi Prematur

Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun dapat mengurangi potensi kelahiran bayi lebih cepat dari waktu yang seharusnya. Vitamin ini juga bisa menambah nutrisi bayi baik saat masih di dalam kandungan maupun saat sudah menyusu pada ibunya.

Itulah berbagai khasiat minyak zaitun untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Konsumsi minyak zaitun secara rutin agar ibu dan bayi bisa terus sehat. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Minyak Zaitun untuk Kesehatan Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel