Artikel Pilihan

Ini Tanda Tanaman Kekurangan dan Kelebihan Pupuk NPK

Pupuk menjadi salah satu elemen penting dalam pertumbuhan tanaman. Pertumbuhan tanaman yang tidak normal nyatanya tidak selamanya karena hama ataupun penyakit. Bisa jadi tanaman mengalami kekurangan nutrisi.

Kekurangan nutrisi juga juga bisa disebabkan kebutuhan nutrisi terlalu berlebihan alias tidak sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan. Nah, salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan adalah nitrogen.

Banyak orang mungkin termasuk kamu tak mengetahui betapa pentingnya nitrogen. Nutrisi ini bisa didapatkan dari pupuk NPK. Nah, jika kekurangan pupuk NPK bisa jadi tanaman mengalami kekurangan nitrogen. Kamu wajib mengenali tanda-tandanya.

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK


Fungsi Nitrogen

Pada prakteknya banyak orang sulit membedakan jika tanaman mengalami kekurangan nitrogen. Sebab, gejalanya mungkin mirip jika tanaman mengalami kekurangan air misalnya. Namun ada beberapa trik untuk mengetahui kondisi ini.



Salah satu ciri yang paling umum bisa dilihat adalah warna daun tanaman yang akan tampak kusam. Daun yang menguning memang menjadi tanda yang sangat jelas jika tanaman mengalami kekurangan nutrisi. Salah satu nutrisi utama yang biasanya tidak terpenuhi adalah nitrogen.

Nitrogen sendiri memiliki banyak fungsi penting salah satunya adalah pembentukan sel. Organ tanaman yang tumbuh dalam sebuah tanaman merupakan hasil kerja nitrogen. Apalagi kamu wajib mengetahui bahwa organ tanaman punya fungsi penting dalam tumbuhan.

Organ tanaman sangat penting sebagai bahan sintesis klorofil. Tak hanya sampai situ, organ tanaman juga memainkan peran dalam pembentukan asam amino serta protein dalam tanaman. Kehadiran organ tanaman ini sangat penting terutama pada saat proses pertumbuhan vegetatif.

Umumnya nitrogen dalam tanaman muncul dalam dua bentuk yaitu nitrat dan amonia. Pada tanaman normal, jumlah amonia tidak melebihi angka 25% dari total keseluruhan konsentrasi nitrogen. Jika lebih daripada itu, tanaman akan mengalami masalah.

Nitrogen yang dalam bentuk amonia yang terlalu banyak ternyata bisa membuat pertumbuhan tanaman menjadi lambat. Sifat nitrogen dalam bentuk amonia ini ternyata bisa mengikat karbohidrat. Jika terlalu banyak pastinya cadangan makanan pada tanaman berkurang.

Proses ini akan menyebabkan masalah pada pembungaan tanaman. Di sisi lain nitrogen dalam rupa nitrat memiliki fungsi lainnya. Sel-sel tanaman nantinya akan jauh lebih kuat dari serangan penyakit. Hal inilah yang jadi alasan mengapa nitrat dalam nitrogen menjadi lebih penting.

Gejala Kekurangan Nitrogen

Sebenarnya gejala kekurangan nitrogen ini tergantung dari fase pertumbuhannya. Kemudian tandanya mungkin akan muncul dengan berbeda karena ada faktor lainnya seperti jumlah nitrogen yang ada di dalam tanaman.

Namun pada umumnya kekurangan nitrogen di awal pertumbuhan tanaman akan berdampak pada warna daun. Kamu akan melihat daun yang tumbuh menjadi warna hijau kekuningan. Tak hanya warnanya saja, pertumbuhan tanaman pun menjadi lebih kurus dan kerdil.

Jika terjadi pada tanaman buah maka pembuahan akan tidak sempurna. Buah yang dihasilkan akan jauh lebih kecil dan biasanya mengalami kerusakan. Kekurangan nitrogen juga bisa terjadi di tengah-tengah pertumbuhan.

Kamu bisa memperhatikan pertumbuhan tanamannya. Biasanya daun yang tua akan mengubah warna menjadi kekuningan. Sementara daun yang lebih muda akan tampak lebih normal. Namun jika kekurangan terus menerus, seluruh tanaman akhirnya jadi menguning.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK
Sumber: urbanhidroponik.com
Lantas bagaimana mengatasi kondisi kekurangan nitrogen? Pastinya pemberian pupuk NPK menjadi solusi karena mengandung unsur nitrogen yang tinggi. Beberapa pupuk seperti urea, KNO3 dan ZA juga bisa dipakai karena sama-sama mengandung tinggi nitrogen.

Tanda Kelebihan Nitrogen

Pemberian pupuk nitrogen juga ternyata tak boleh berlebihan sebab ternyata bisa menimbulkan dampak negatif. Apalagi jika terjadi pada tanaman buah. Kelebihan nitrogen memang akan menghasilkan daun yang lebat dan warna hijau.



Namun tanaman dengan kondisi ini justru membuat tanaman lebih rentan terkena serangan penyakit dan hama. Tanaman juga jadi jauh lebih sensitif terhadap kondisi lingkungan yang berubah.

Kelebihan nitrogen juga bisa menghambat perkembangan bunga dan juga menurunkan kualitas panen buah. Sayangnya kelebihan nitrogen ini akan sulit diatasi. Jadi jangan sampai kamu memakai pupuk yang tidak sesuai dosis ya.

Itu dia sederet tanda kekurangan pupuk NPK yang kerap terjadi. Tak hanya kekurangan saja, kelebihan pupuk juga berdampak buruk pada tanaman. Jadi kamu harus memastikan bahwa tanaman mendapatkan nutrisi cukup, tak kurang dan tak lebih.

Belum ada Komentar untuk "Ini Tanda Tanaman Kekurangan dan Kelebihan Pupuk NPK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel