Artikel Pilihan

Berapa Modal yang Dibutuhkan Untuk Berbisnis Bonsai Beringin?

Bonsai beringin memiliki harga yang fantastis ketika berhasil mencapai umur yang cukup tua dengan bentuk yang indah. Bibit bonsai beringin juga mudah didapatkan, anda hanya mencari pohon beringin. anda juga harus melakukan perawatan agar bonsai yang kamu tanam menghasilkan bentuk yang bagus.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Salah satu bonsai beringin tertua di dunia telah ditawar oleh seseorang seharga 18 miliar Rupiah. Harga itu merupakan harga termahal untuk sebuah tanaman bonsai sampai saat ini. Melihat harganya yang fantastis, anda pasti bisa mendapatkan untung dari berjualan tanaman ini. Anda hanya perlu melakukan perawatan secara rutin dan konsisten.


Perhitungan Modal Berbisnis Bonsai Beringin

Anda telah mengetahui berapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila menjual bonsai beringin. Namun, anda juga harus mempertimbangkan modal yang harus kamu persiapkan. Ada beberapa jenis modal yang harus anda tahu, yaitu modal awal dan modal tetap.



Modal Awal

Anda perlu menyiapkan bibit bonsai beringin untuk ditanamkan pada awalnya. Anggap saja anda akan menanam sebanyak 30 buah. 1 bakal bibit memiliki harga yang bervariasi antara 20 ribu sampai 250 ribu. Misalkan anda membeli dengan harga yang paling mahal, yaitu 250 ribu Rupiah sehingga totalnya menjadi 7,5 juta Rupiah.

Anda juga membutuhkan pot seharga 20 ribu. 30 pot berarti 600 ribu. Anda akan memerlukan gunting, kawat, tanah, dan batu kerikil. Misalkan semua kebutuhan tersebut seharga 300 ribu Rupiah. Begini perhitungannya:

30 Bakal bibit x Rp. 250.000 = Rp. 7.500.000
30 Pot x Rp. 20.000 = Rp. 600.000
Peralatan = Rp. 300.000
Total = Rp. 8.300.000

Modal Tetap

Modal tetap adalah modal yang akan terus anda keluarkan setiap bulannya. Bonsai beringin memerlukan perawatan rutin setiap harinya sehingga anda akan mengeluarkan biaya. Biaya ini disebut sebagai modal tetap.

Untuk melakukan perawatan setiap bulannya, anda memerlukan pupuk, obat, dan berbagai bahan lainnya. Harga pupuk berkisar antara 100 ribu sampai 600 ribu sedangkan harga obat 50 ribu Rupiah. Anggap kalau semua kebutuhan ini hanya cukup untuk sebulan. Perhitungannya akan seperti ini:

Pot = Rp.600.000
Obat = Rp. 50.000
Total = Rp. 650.000
Berarti, modal tetap anda setiap bulannya untuk memulai bisnis bonsai beringin adalah 650 ribu Rupiah.

Modal Bulan Pertama

Berdasarkan perhitungan di atas, pada bulan pertama anda akan memerlukan uang sekitar 9 juta sebagai modal awal dan modal tetap bulan pertama untuk bisa berjualan bonsai beringin.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com


Prediksi Keuntungan Bonsai Beringin

Bonsai beringin yang terjual dengan harga miliaran memerlukan umur ratusan tahun. Anda tidak mungkin menunggu selama itu. Anda juga harus memperhitungkan keuntungan setiap bulannya. Harga bonsai beringin beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah.

Misalkan anda mematok harga 1 juta untuk setiap bonsai dan sanggup menjual 10 pot setiap bulannya. Berarti dalam sebulan anda akan mendapatkan 10 juta. Namun, jangan senang dulu karena ini masih laba kotor.

Laba bersih baru diketahui angkanya ketika mengurangi angka 10 juta itu dengan modal tetap dan biaya kebutuhan lainnya, seperti biaya marketing, listrik, dan air. Bila biaya marketing, air, dan listrik sekitar 1 juta, maka perhitungannya adalah:

Laba Kotor = Rp.10.000.000
Modal Tetap = Rp. 650.000
Kebutuhan lain = Rp. 1.000.000
Laba Bersih = Rp. 8.350.000

Anda akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar 8 juta Rupiah setiap bulannya jika penjualan bonsai beringin sesuai dengan perhitungan. Harga satu bonsai beringin juga bisa semakin mahal jika bonsai yang anda tanam adalah bonsai beringin yang langka.



Perhitungan di atas hanya sekadar simulasi, angkanya dapat berubah sesuai dengan bahan-bahan yang anda beli dan penjualan yang terjadi. Namun, perhitungan ini sudah menggambarkan berapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika berbisnis bonsai beringin. Anda juga berpeluang mendapatkan untung lebih dari 8 juta setiap bulannya.

Untung dari berjualan bonsai beringin sangat menggiurkan, bukan? Apakah anda jadi tertarik untuk berjualan tanaman ini sekarang?

Dibutuhkan kesabaran, ketelitian, dan komitmen untuk bisa sukses berbisnis bonsai beringin. Ketika anda berhasil melewati semua tantangannya, uang jutaan rupiah akan menunggu anda.

Belum ada Komentar untuk "Berapa Modal yang Dibutuhkan Untuk Berbisnis Bonsai Beringin? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel