Artikel Pilihan

Membuat MPASI dengan Minyak Zaitun, Bagaimana Caranya?

ciri ciri pohon minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Bahkan akhir-akhir ini, dengan semakin banyaknya orang yang menerapkan pola hidup sehat, peminat minyak zaitun juga semakin meningkat. Minyak zaitun bisa menjadi sumber kalori tambahan, namun tidak menambah kadar lemak jenuh dalam tubuh.

Minyak zaitun juga mulai dilirik para ibu yang anaknya telah memasuki usia makan. Setelah 6 bulan pertama hanya minum ASI (ASI eksklusif), anak mulai memiliki makanan tambahan. Dengan khasiat minyak zaitun yang baik untuk tubuh, para ibu juga memanfaat khasiat dari minyak zaitun ini sebagai salah satu sumber nutrisi.

Asal Muasal Minyak Zaitun

ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: sehatq.com
Minyak zaitun berasal dari ekstrak buah yang dihasilkan oleh pohon zaitun. Pohon zaitun memiliki nama latin Olea europeae dengan habitat asli daerah Eropa, Timur Tengah dan Afrika Selatan. Minyak zaitun sudah dikenal masyarakat sejak ratusan tahun sebelum masehi.

Mulanya buah zaitun hanya dimakan dalam kondisi masih segar. Selanjutnya ditemukan bahwa buah zaitun ini bisa menghasilkan minyak. Minyak zaitun dulu digunakan sebagai penambah citarasa, pendamping makanan pokok serta digunakan sebagai sumber penerangan.

Terdapat dua jenis buah zaitun yang bisa diproses menjadi minyak zaitun. Buah yang masih muda dan buah yang sudah tua bisa menjadi pilihan bahan baku minyak zaitun ini. Buah muda menghasilkan minyak zaitun yang sedikit kehijauan. Sedangkan buah yang sudah tua menghasilkan minyak zaitun yang lebih jernih dan berwarna keemasan. Sehingga, umumnya buah zaitun muda dimakan secara segar, sedangkan buah zaitun tua diproses untuk menghasilkan minyak.


Kandungan Nutrisi Minyak Zaitun

Minyak zaitun sering disebut-sebut baik untuk kesehatan. Mulai dari orang diet, diabetes hingga kolesterol disarankan untuk mengonsumsi minyak zaitun. Lalu, sebenarnya apa kandungan dalam minyak zaitun?

Ternyata selain sebagai penambah kalori, minyak zaitun juga mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah manusia, terutama untuk si kecil.

Baca Juga :

Membuat MPASI

ciri ciri pohon minyak zaitun MPASI
Sumber: mooimom.id
MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) merupakan salah satu komponen penting yang turut berkontribusi dalam terjaminnya nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Bagi para ibu terutama ibu muda biasanya berusaha mencari berbagai referensi makanan untuk si kecil tersebut. Penggunaan minyak zaitun bisa menjadi salah satu pilihan cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Minyak zaitun boleh saja ditambahkan dalam makanan si kecil, namun ada beberapa hal yang harus diingat sebelum menambahkan pada makanan. Pertama, minyak zaitun tidak boleh dipanaskan terlebih dahulu. Karena pemanasan minyak zaitun dapat mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya.

Kedua, takaran minyak zaitun yang diberikan pada MPASI harus tepat. Maksimal jumlah minyak zaitun yang diberikan yaitu sebanyak seperempat sendok the tiap jumlah 2 ons makanan bayi. Apabila jumlah minyak zaitun yang diberikan terlalu banyak, hal ini dapat mengakibatkan diare pada anak. Walau minyak zaitun bisa digunakan untuk menggoreng makanan bayi, akan lebih baik jika minyak zaitun dikonsumsi secara langsung.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bayi

Penggunaan minyak zaitun sebagai tambahan makanan pada bayi, dapat memperoleh manfaat sebagai berikut:
  1. Jumlah kalori harian tercukupi
  2. Baik untuk pertumbuhan otak
  3. Mencegah sembelit (susah BAB)
  4. Sumber nutrisi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh
  5. Mengandung lemak tunggal tak jenuh sehingga bisa tetap memenuhi kebutuhan lemak namun tidak menyebabkan obesitas
Itulah tadi beberapa kebaikan yang diberikan oleh minyak zaitun untuk bayi jika minyak zaitun dicampurkan ke dalam MPASI. Para ibu pasti menginginkan nutrisi terbaik untuk putra putrinya. Selain itu, minyak zaitun juga baik untuk kesehatan tubuh bagian luar bayi. Tertarik menambahkan minyak zaitun ke dalam MPASI?

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Membuat MPASI dengan Minyak Zaitun, Bagaimana Caranya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel