Artikel Pilihan

Kesalahan Bentuk Cabang Bonsai Beringin yang Sering Dilakukan Pemula

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Bonsai beringin merupakan makhluk hidup yang dapat tumbuh tanpa mendapatkan perawatan dari manusia. Meskipun begitu, bonsai beringin yang terlantar tidak akan tumbuh dengan cantik seperti tanaman hias. Padahal nilai seni dari tanaman ini adalah bentuk yang indah dan perawatan yang baik dari pemiliknya.

Bonsai beringin memang tumbuhan yang dapat dibentuk. Bagian yang dapat dibentuk adalah cabang batangnya. Dengan bentuk yang tepat, harga jual tanaman ini bisa mencapai miliaran Rupiah. Membentuk cabang batang dari tanaman yang satu ini tidaklah mudah. Terbukti dari banyaknya kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula.

Kesalahan Bentuk Cabang Bonsai Beringin

1. Tumbuh Lurus Kaku

Banyak sekali bonsai beringin milik seorang pemula yang tumbuh lurus ke depan dengan sangat kaku. Cabang seperti ini dapat mengurangi keindahan dari bonsai dan dianggap sebagai bonsai yang gagal.



Anda boleh langsung memotong cabang yang tumbuh lurus kaku. Namun, potong dengan hati-hati agar tidak ada batang lain atau daun yang rusak.

Kalau anda ingin bonsai anda tetap seperti itu, tidak jadi masalah. Tidak ada efek khusus yang ditimbulkan oleh cabang lurus ini untuk kesehatan tanaman anda. Hanya tampilannya saja yang jadi kurang menarik, apalagi ketika cabangnya sudah semakin membesar.

2. Cabang yang Sejajar

Kalau anda memperhatikan pohon beringin, banyak sekali cabang yang tumbuh dengan sejajar hingga terlihat sebagai dua garis lurus yang kembar. Hal tersebut tidak akan mengganggu kalau tumbuh pada pohon beringin.

Lain ceritanya kalau tumbuh di bonsai beringin. Bonsai akan kelihatan jelek karena dua cabang yang sejajar tersebut. Cabang yang sejajar dapat tumbuh atas bawah atau pada bagian kiri dan kanan.

Segera potong salah satu cabang kalau ada dua cabang yang sejajar. Biarkan cabang lain yang tumbuh lagi ditempat lain.

3. Saling Terkait

Cabang bonsai beringin yang saling terkait satu dengan yang lain merupakan permasalahan yang sangat umum. Sayangnya, pemula jarang mengetahui kalau ini dapat mengurangi nilai seni dari tanaman yang satu ini.

Jangan langsung memotong cabang yang terkait itu. Cobalah untuk memisahkannya terlebih dahulu. Kalau tidak bisa dipisahkan, baru anda potong kedua cabang itu.


4. Cabang Tumbuh Lebih Besar

Cabang yang tumbuh besar dengan daun yang lebat menandakan tanaman tersebut sangat sehat dan mendapatkan nutrisi yang tepat. Sayangnya, cabang yang tumbuh lebih besar dari batang utama merupakan kesalahan dalam seni bonsai beringin. Kalau anda menemukan cabang seperti ini, lebih baik anda segera memotong cabang tersebut.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com

5. Menggantung

Bonsai beringin yang baik memiliki cabang yang tumbuh dengan posisi menunduk. Sedangkan banyak sekali cabang yang tumbuh dengan posisi menggantung dan tidak disadari oleh pemula.

Memang sangat sulit membedakan posisi sulit dan menggantung. Cabang yang menggantung akan terlihat seperti layu sehingga anda harus segera memotongnya sebelum cabang tersebut tumbuh menjadi besar dan memberatkan batang utamanya.

6. Cabang Tumbuh ke Atas

Cabang yang tumbuh ke arah atas biasanya hanya dimiliki oleh bonsai beringin yang masih muda dan baru ditanam. Namun, bukan berarti bonsai yang telah tua tidak akan ditumbuhi cabang seperti ini.

Sebenarnya tidak terkesan jelek, tetapi tanaman anda akan terkesan masih muda. Bonsai beringin yang dianggap baik dan bernilai tinggi adalah yang sudah berumur tua. Jadi, lebih baik anda memotong cabang itu.

7. Melingkar Batang Utama

Kesalahan lain dari seorang pemula adalah membentuk pola cabang dengan bentuk yang melingkari batang utama. Bentuk cabang seperti itu akan membuat bonsai beringin milik anda terlihat serampangan dan tidak terawat. Lebih baik segera potong dan ganti model cabang bonsai anda.

Perawatan Bonsai Beringin yang Tepat

Agar tidak menimbulkan kesalahan, anda harus melakukan perawatan yang tepat untuk bonsai beringin. Lakukan pengairan secara rutin dengan jumlah air yang pas. Jangan terlalu banyak memberikan pupuk agar cabang tidak tumbuh terlalu liar.



Selain itu, lepaskan kawat yang membentuk cabang dengan hati-hati supaya tidak merusak batang utamanya. Pemangkasan yang dilakukan secara rutin juga perlu dilakukan agar tidak ada cabang yang tumbuh sembarangan.

Kini anda telah mengerti kesalahan yang paling sering terjadi kepada cabang bonsai beringin yang anda tanam. Bila menemukan kesalahan yang ada dalam daftar ini, segera pangkas cabang tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Kesalahan Bentuk Cabang Bonsai Beringin yang Sering Dilakukan Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel