Artikel Pilihan

Bonsai Beringin Adalah Tanaman yang Cocok Untuk Pemula

Kalau anda baru memulai hobi menanam tanaman hias, bonsai beringin dapat menjadi pilihan anda. Bonsai beringin adalah tanaman kecil yang bakal bibitnya didapatkan dari pohon beringin. Artinya, tanaman ini adalah versi kecil dari pohon beringin. Anda bisa mendapatkan bakal bibit tanaman yang satu ini dari salah satu cabang pohon beringin.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Pohon beringin merupakan pohon yang mayoritas tumbuh di hutan tropis. Namun, anda tidak perlu mencari bakal bibit bonsai beringin hingga jauh ke hutan. Banyak pedagang tanaman hias yang menjual bibitnya. Tanaman ini sangat disarankan bagi pemula yang baru mulai ingin merawat tanaman hias.

Kenapa Bonsai Beringin Cocok Untuk Pemula?

1. Dapat Hidup Dalam Keadaan Apapun

Salah satu kesalahan dan kekhawatiran seorang pemula dalam merawat tanaman adalah tanaman yang cepat mati. Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang membutuhkan nutrisi dari alam yang cukup, semisal air, pupuk, tanah yang bagus, dan cahaya matahari.



Berbeda dari tanaman hias yang butuh banyak nutrisi, bonsai beringin dapat hidup dengan segala keadaan. Tanaman dengan nama latin Ficus Benjamina ini dapat hidup meski tidak terkena sinar matahari, bisa bertahan di tanah keras dan kering, serta tidak memerlukan pupuk khusus.

Sebagai pemula, ada kalanya anda lupa untuk menyiram atau memberikan pupuk. Bagi bonsai beringin, hal itu tidak akan menjadi masalah. Pohon ini dapat menyimpan banyak nutrisi meski hanya disiram sehari sekali.

2. Tidak Memerlukan Peralatan Khusus

Ada beberapa tanaman hias yang harus disiram minimal 2 kali sehari serta diberi pupuk khusus yang mengandung berbagai zat. Bonsai beringin tidak memerlukan pupuk khusus. Anda hanya perlu memberinya pupuk yang mengandung nitrogen, potasium, dan fosfor saja. Itu juga tidak harus setiap hari.

Peralatan lainnya, anda hanya memerlukan gunting dan kawat. Gunting digunakan untuk memangkas cabang yang tidak sesuai keinginan sedangkan kawat digunakan untuk membentuk cabang sesuai keinginan anda.

3. Tanaman yang Kuat

Sebagai pemula, anda pasti banyak melakukan kesalahan ketika mengurus bonsai beringin. Kesalahan fatal tentu dapat merusak umur tanaman hias pada umumnya. Namun, tidak pada tanaman yang satu ini.

Bonsai beringin merupakan tanaman yang cukup kuat untuk menanggung semua kesalahan anda. Ketika anda salah menggunting cabang dan merusak batangnya, tanaman ini akan terus tumbuh. Akarnya juga kuat hingga mampu menopang tubuhnya yang besar.


4. Harga Bakal Bibit yang Murah

Bakal bibit bonsai beringin bisa didapatkan dari pohon beringin yang bagus. Anda dapat mencangkok pohon beringin untuk mendapatkan bibitnya. Namun, membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga bakal bibit tersebut siap. Anda mungkin juga harus menempuh perjalanan jauh untuk mencari pohon beringin.

Kalau anda susah mendapatkan pohon beringin, anda bisa membeli saja bakal bibitnya. Harganya juga tidak terlalu mahal, hanya berkisar antara 50 ribu Rupiah sampai 250 ribu Rupiah tergantung jenis bibitnya.

5. Mengurangi Stress

Memiliki tanaman bisa saja menambah beban pikiran anda karena harus melakukan perawatan. Bonsai beringin justru akan mengurangi stress anda. Mengapa bisa demikian?

Tanaman yang satu ini adalah tanaman yang sangat kuat dan dapat hidup tanpa perhatian khusus sehingga anda tidak perlu bersusah payah untuk merawatnya. Terlebih kalau anda memiliki jadwal yang super sibuk.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com

Perawatan Tepat Untuk Bonsai Beringin

Meskipun bonsai beringin memiliki kelebihan yang dapat bertahan hidup meski anda kurang lihai dalam merawatnya, tetap saja tanaman ini harus mendapatkan perawatan yang tepat. Anda harus mempelajari cara-cara merawat tanaman dengan genus Ficus ini.

Salah satu cara paling tepat untuk merawat tanaman ini adalah dengan menjaga nutrisi yang diberikan agar tidak berlebihan maupun kekurangan. Inilah satu-satunya cara agar bonsai beringin dapat tumbuh sehat.

Karena bonsai beringin merupakan tanaman hias, tentu harus kelihatan menawan. Perawatan yang harus anda lakukan selanjutnya adalah memperindah bentuknya dengan cara memangkas setiap ada cabang yang tumbuh dengan tidak tepat.



Bagaimana anda tahu cabang itu tidak tepat? Kalau cabang tersebut mati atau daunnya terlihat kering, segera pangkas. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak batang utamanya.

Setelah tahu bonsai beringin sangat mudah dirawat, apakah anda sudah memutuskan untuk menanamnya segera?

Segala pelajaran tentang bonsai beringin pasti akan anda dapatkan setelah menanam dan merawatnya setiap hari.

Belum ada Komentar untuk "Bonsai Beringin Adalah Tanaman yang Cocok Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel