Artikel Pilihan

Tips yang Anda Perlukan Jika Ingin Berjualan Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon Bidara

Bibit pohon bidara merupakan salah satu bibit tanaman yang paling sering dicari. Bibit pohon bidara dicari karena perawatannya yang mudah bila ditanam. Selain itu, tumbuhan ini juga memiliki banyak sekali manfaat yang sangat berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Daun dan buahnya dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Modal untuk membeli bibit pohon bidara, pot, tanah, pupuk, peralatan lainnya, dan biaya perawatan hanya membutuhkan sekitar 1 juta Rupiah. Sedangkan 1 biji pohon bidara yang telah tumbuh hingga 20 cm dapat anda jual dengan harga 150 ribu. 1 kg daunnya bisa laku dengan harga 500 ribu sedangkan 1 buahnya terjual 500 rupiah. 

Apa yang Harus Diperhatikan Dalam Berbisnis Bibit Pohon Bidara? 

Melihat untungnya yang sangat besar, anda pasti tergiur untuk berbisnis bibit pohon bidara. Namun, ada banyak tantangan yang harus anda lalui. Karena itu, anda bisa mencoba tips berikut ini untuk memudahkan langkah berjualan tanaman ini: 

1. Perkirakan Modal 

Untuk memulai sebuah bisnis, anda pasti memerlukan modal. Begitu juga dengan berbisnis jualan bibit pohon bidara. Untuk langkah awalnya, anda harus memperkirakan akan membeli berapa banyak bibit dan pot. 

Dengan memperkirakan hal itu, anda bisa mendapatkan gambaran berapa uang yang anda butuhkan sebagai modal. Semakin banyak bibit pohon bidara yang anda beli, semakin banyak modal yang anda butuhkan. 

Selain itu, anda juga masih harus membeli pupuk, tanah, dan peralatan lainnya. untungnya, pohon bidara tidak terlalu membutuhkan peralatan yang banyak karena perawatannya yang mudah. 

2. Tentukan Tempat 

Sebelum anda membeli bibit pohon bidara, pastikan kalau anda sudah menentukan tempat untuk meletakkan tanaman tersebut dengan segala perlengkapannya. Pohon bidara memerlukan tempat yang terkena sinar matahari dan tidak terlalu lembap. Tanaman yang satu ini pada dasarnya tinggal di tempat yang kering. 

Pastikan juga kalau tempat yang anda miliki tidak terlalu sempit agar tidak pohon bidara yang anda letakkan tidak terlalu berdempetan. Bila tanaman ini terlalu berdempetan, pertumbuhannya dapat terganggu. 

3. Pastikan Keamanannya 

Sebelum memutuskan menggunakan tempat yang sudah anda tentukan sebelumnya, pastikan kalau tempat tersebut aman dari maling. Bibit pohon bidara yang tumbuh belum terlalu tinggi akan sangat mudah dicuri. 

Anda dapat menambahkan pagar kawat mengelilingi tempat anda meletakkan tanaman ini agar maling sulit untuk lewat. Anda juga bisa memasang kamera cctv untuk memantau tempat itu. Bila memiliki modal lebih, anda bisa menyewa jasa keamanan agar tanaman anda lebih aman. 

4. Pertimbangkan Lama Waktu Balik Modal 

Anda tidak perlu membeli bibit pohon bidara lagi juga sudah memiliki pohon bidara karena buah yang dihasilkan dapat dijadikan bibit baru. Anda hanya perlu mempelajari cara menanamnya saja. 

Masalahnya, butuh waktu sekitar 2 tahun agar buah yang tumbuh menjadi sangat berkualitas. Buahnya memang sudah tumbuh saat bulan kedua. Namun, butuh waktu yang lama baru buahnya berkualitas untuk dijadikan bibit. 

Agar bisa terus menanam bibit pohon bidara, anda harus mempertimbangkan kapan anda bisa biaya hingga bisnis ini bisa membalikkan modal anda hingga akhirnya anda mendapatkan keuntungan. 

5. Persiapkan Strategi Penjualan 

Tujuan dari berbisnis bibit pohon bidara adalah mendapatkan penjualan yang sebanyak-banyaknya guna mendapatkan untung besar. Namun, penjualan tidak akan terjadi begitu saja bila anda tidak menyiapkan strategi penjualan. 

Ada banyak strategi yang dapat anda terapkan, salah satunya adalah strategi promosi dengan menggunakan media sosial. Di zaman yang sudah canggih ini, banyak media sosial seperti, Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya yang bisa anda manfaatkan. Fokus pada satu media sosial dan manfaat sebaik-baiknya. 

Strategi pemasaran gratis lainnya yang dapat anda manfaatkan adalah strategi word of mouth atau rekomendasi dari mulut ke mulut untuk meyakinkan orang lain. Untuk menerapkan strategi ini, anda harus memberikan pelayanan pada setiap pelanggan agar merek senang dan akhirnya menjadi testimoni bagi pelanggan baru. 

Anda juga perlu membuat website agar terlihat semakin profesional. Anda bisa mengarahkan orang yang menemukan bisnis anda melalui media sosial ke situs website yang anda miliki. 

Harga situs website beragam tergantung dengan tampilan yang anda inginkan. Harganya berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta Rupiah. Anda juga bisa mendapatkan data pelanggan bila menggunakan website. Setiap ada penawaran baru, anda bisa langsung mengirimkan mereka penawaran tersebut. 

Modal Memulai Jualan Bibit Pohon Bidara 

Sebiji bibit pohon bidara harganya bervariasi antara 5 ribu hingga 25 ribu Rupiah. Anda bisa membeli yang berkualitas dengan harga yang mahal dengan estimasi harga 25 ribu Rupiah. Untuk setiap bibit yang anda beli, perlu juga pot dengan jumlah yang sama. 

Anda dapat membeli pot dengan harga 5 ribu Rupiah. Sedangkan tanah tanaman, harganya 20 ribu per 7 kg. Harga pupuk dan obat berkisar antara 70 ribu Rupiah. Modal yang anda keluarkan tergantung dengan jumlah bibit pohon bidara yang akan anda beli. 
Bibit Pohon Bidara
Sumber: pospapua.com
Berbisnis bibit pohon bidara mungkin tidak mudah. Namun, semua bisnis pasti memiliki tantangannya sendiri. Bila memutuskan sebagai pengusaha pohon bidara, anda pasti bisa melalui tantangannya.

Belum ada Komentar untuk "Tips yang Anda Perlukan Jika Ingin Berjualan Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel