Artikel Pilihan

Ini Perbedaan Pupuk NPK Mutiara dan Phonska

Pupuk NPK merupakan salah satu faktor yang membantu tanaman tumbuh subur. Pupuk buatan ini mengandung unsur hara penting yaitu Natrium, Phospor dan juga Kalium. Bentuknya biasanya padat dan cair. Nah, pupuk satu ini termasuk jenis pupuk majemuk yang banyak dipakai petani.

Sampai saat ini banyak produsen yang memproduksi pupuk ini. Maka tak heran jika banyak jenis pupuk NPK yang dipakai oleh masyarakat termasuk Pupuk NPK Mutiara dan Phonska. Maka dari itu sebelum kamu memilih jenis pupuk NPK yang akan dipakai, ketahui dulu karakteristik serta manfaat keduanya.

Pupuk NPK Mutiara

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Mutiara

Pupuk majemuk ini merupakan produksi PT. Meroke Tetap Jaya. Bentuknya yang granul mengandung Nitrogen, Kalium, Phospat, Kalsium dan juga Magnesium. Nah keunggulan dari pupuk ini pastinya membuat banyak petani senang memakainya. Salah satunya proses pembuatannya yang melalui proses Odda.



Proses pembuatan ini akan berdampak pada reaksi tanaman sebab sifanya yang mobile. Selain itu, kandungan pupuk ini mampu menjaga keseimbangan dari unsur hara mikro maupun makro. Petani juga akan dengan mudah mengaplikasikan pupuk satu ini.

Selain itu, pupuk ini juga bisa dipakai pada semua jenis tanaman. Mulai dari tanaman pangan, sayuran hingga perkebunan. Pastinya akan dapat meningkatkan hasil panen dan juga membuat tanaman jadi lebih subur.

Cara Memakai Pupuk NPK Mutiara

Untuk tanaman buah seperti pepaya, mangga dan jeruk, pupuk bisa dipakai dengan cara menaburkannya ke tanaman dengan dosis satu sendok teh. Gunakan di sekitar akar supaya bisa meresap dengan baik.

Sementara untuk tanaman hortikultura seperti kangkung dan bayam caranya bisa dikocorkan ke tanaman. Namun sebelum itu, kamu perlu mengencerkannya dengan air terlebih dahulu.

Manfaat Pupuk NPK Mutiara

Pupuk NPK Mutiara akan memberikan banyak manfaat bagi tumbuhan misalnya bisa mempercepat dan juga memperkuat bagian akar. Selain itu, dapat pula memperpanjang akarnya sehingga akar bisa menyerap unsur hara pada tanah. Tak hanya itu saja pupuk ini juga mencegah tanaman tumbuh kerdil.

Pupuk NPK Mutiara akan membantu percepatan tumbuhnya tunas. Apalagi ia juga memiliki fungsi untuk mencegah buah dan bunga sehingga hasil panen semakin efektif. Terakhir, pupuk ini bisa meningkatkan proses fotosintesis tanaman sehingga pembentukan protein dan zat gula lebih baik.

Pupuk NPK Phonska

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Phonska
Jenis pupuk NPK ini termasuk ke dalam pupuk bersubsidi. Maka memang pupuk majemuk ini cukup banyak dipakai petani karena memang harganya terjangkau. Komposisi kandungan yang dimiliki oleh Phonska tentunya sama dengan pupuk NPK lainnya hanya saja ditambahkan sulfur.

Umumnya, Pupuk NPK Phonska memiliki kandungan 15% dari setiap unsur hara yang penting. Untuk sulfurnya kira-kira mengandung 10% dengan kadar air maksimal di angka 2%. Pupuk yang berbentuk granul warna pink ini sangat mudah diserap tanaman karena sifatnya yang mudah larut dalam air.

Manfaat Pupuk Phonska

Masing-masing kandungan unsur hara dalam pupuk ini pastinya akan membawa manfaat dan fungsi bagi tanaman. Pupuk NPK Phonska misa memacu pertumbuhan baik dalam fase generatif maupun vegetatif. Kandungan hara dalam NPK Phonska juga berfungsi agar bisa menguatkan batang tanaman. Dengan begitu, batangnya jadi tidak mudah roboh.

Pupuk satu ini juga akan memperlancar proses pembentukan pati dan gula. DI samping itu, bisa membantu pertumbuhan akar supaya bisa menyerap unsur hara lebih baik di dalam tanah. Dengan begitu tanaman juga jadi jauh lebih sehat dan hijau. Tanaman juga lebih memiliki daya tahan terhadap serangan penyakit dan kekeringan.



Petani juga sangat menyukai pemakaian pupuk NPK Phonska karena sangat membantu pertumbuhan buah dan bunga. Hasil panen akan sangat memuaskan dan sesuai dengan target bila memakai pupuk ini. Apalagi jenis pupuk ini bisa memperbesar hasil panen baik umbi maupun buah.

Wah ternyata dua jenis pupuk NPK ini memang ampuh untuk membantu kesuburan tanaman. Maka jangan heran jika pupuk NPK Mutiara dan Phonska termasuk yang banyak dipakai oleh petani. Utamanya, kedua pupuk ini akan memberikan untung berlipat karena hasil panen yang maksimal.

Belum ada Komentar untuk "Ini Perbedaan Pupuk NPK Mutiara dan Phonska"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel