Artikel Pilihan

Ini Persiapan Pemakaian Pupuk NPK Pada Tanaman Buah

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK

Pupuk NPK pada tanaman buah memang menjadi salah satu hal yang banyak diinginkan petani. Pastinya semua petani juga ingin buah yang dihasilkan berkualitas sehingga bisa dijual dengan harga tinggi. Namun proses pemupukan sendiri bukanlah proses yang mudah.

Untuk melakukan pemupukan bukan hanya sembarang ditabur atau dilarutkan saja. Perlu ada proses persiapan yang tepat agar nantinya tanaman bisa tumbuh dengan subur. Selain itu, persiapan ini juga penting agar pupuk NPK yang diberikan bisa terserap dengan baik oleh tanaman.

Melakukan Uji Tanah

Sebelum menggunakan pupuk NPK pada tanaman buah, pastikan dulu bahwa kamu memang membutuhkan pupuk agar tanaman bisa tumbuh subur. Jangan sampai ternyata tidak membutuhkan pupuk yang banyak. Pemberian pupuk yang ternyata tidak dibutuhkan justru akan membuat tumbuh kembang tanaman jadi terganggu.



Maka dari itu melakukan uji tanah jadi langkah persiapan yang tepat. Pertama-tama kamu bisa mengambil sedikit sampel tanah. Setelah itu berikan sampel tersebut ke laboratorium Dinas Pertanian. Dalam hal ini memang kamu membutuhkan sedikit modal karena harus membayar sedikit biaya. Tapi ingat bahwa hasil panen bisa lebih maksimal dengan melakukan persiapan ini.

Nantinya hasil uji tanah akan membuat kamu memahami tingkat pH pada tanah. Selain itu, kamu juga menjadi tahu kandungan nutrisi di dalam tanah. Rentang pH tanah yang normal dan ideal adalah sekitar 6 sampai 6,5. Jika dalam rentang ini berarti pupuk yang dipakai dosisnya perlu dikurangi. Jika di luar rentang maka membutuhkan dosis pupuk yang tepat.

Cek Usia Pohon

Hal berikutnya yang harus dipersiapkan dan dicek adalah usia dari pohon tersebut. Catat sebenarnya usia sebenarnya pohon tersebut. Usia tanaman telah tumbuh akan membawa pengaruh dalam proses pemupukan. Misalnya saat ditanam, tanaman tersebut sudah berusia 1 sampai 2 tahun maka dosis pupuk harus dikurangi.

Atau mungkin pada beberapa tanaman, pemberian pupuk harus dihentikan sementara waktu. Kamu justru harus melakukan usaha agar pertumbuhan gulma tidak berkembang di tanaman tersebut. Cara tepat yang perlu dilakukan adalah mencukupi kelembaban tanaman tersebut.

Selain itu, cobalah untuk mencatat pertumbuhan dari setiap pohon terutama pada pohon yang sudah berulang kali panen. Jika memang pohon tidak tumbuh cepat maka pupuk harus segera diberikan. Apalagi pada tanaman baru yang ditanam. Tentu saja kandungan pupuk NPK bagi tanaman buah sangat dibutuhkan agar ia tumbuh dengan maksimal.

Salah satu cara untuk mengecek kebutuhan pupuk adalah melihat dari perkembangan fisiknya. Pada kondisi normal, panjang ranting pohon harusnya bertambah sekitar 25 sampai 30 cm per tahun. Tapi ini hanya pertumbuhan umum saja. Mungkin ada beberapa tanaman yang punya catatan tersendiri.

Jika pertumbuhan panjang ranting kurang dari target maka sebaiknya kamu harus memberikan pupuk. Namun, jika justru lebih panjang maka sebaiknya hentikan pemupukan. Kelebihan nutrisi justru akan berdampak buruk bagi tumbuh kembang tanaman.

Tentukan Jenis Pupuk

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK
Sumber: paktanidigital.com
Setelah mengetahui sederet fakta seputar tanah dan tumbuhan kini saatnya memilih pupuk yang sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu kunci pemilihan pupuk yang tepat adalah penggunaan pupuk dengan nutrisi seimbang. Maka, pupuk NPK jadi pilihan tepat karena mengandung nitrogen, fosfor dan juga kalium yang sama.



Kamu tinggal memilih rasio NPK. Misalnya ada 10-10-10 atau 15-15-15. Nah itu merupakan kode kandungan dari pupuk tersebut. Jika rasionya sama maka memang pupuk NPK pada tanaman buah aman dan bagus untuk dipakai. Selain pupuk NPK, beberapa tanaman buah juga cocok dicampurkan dengan jenis pupuk lain.

Beberapa jenis pupuk yang bisa dipakai adalah pupuk organik. Beberapa jenisnya seperti tepung darah, kompos kotoran ayam, tepung biji kapas hingga tepung bulu. Saat memberikan dosisnya jangan lupa melihat usia serta diameter dari pohon itu sendiri.

Secara umum dosisi yang bisa diberikan sekitar 0,5 kilogram pupuk setiap tahunnya untuk setiap 2,5 cm diameter batang pohon. Dengan pemberian pupuk NPK untuk tanaman buah yang tepat maka kamu akan mendapatkan hasil panen yang maksimal. Selain itu, bisa membuat tanaman jadi lebih sehat.

Belum ada Komentar untuk "Ini Persiapan Pemakaian Pupuk NPK Pada Tanaman Buah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel