Artikel Pilihan

Bentuk Dasar Batang Bonsai Beringin yang Harus Diketahui Pemula

Sebuah pohon beringin dapat menghasilkan tanaman beringin kecil baru yang disebut bonsai beringin. Banyak orang mencangkok batang pohon beringin untuk mendapatkan bakal bibit bonsai beringin. Tanaman ini juga tidak membutuhkan perhatian khusus sehingga sangat cocok bagi pemula yang baru belajar.

Jika anda baru pertama kali ingin memiliki bonsai, lebih baik memilih bonsai beringin karena lebih tahan terhadap segala kondisi. Batang dari tanaman ini juga dapat dibentuk. Namun, pemula jarang mengetahui bentuk dasar dari batang ini. Agar bisa menciptakan bonsai yang indah, anda harus tahu bentuk-bentuk dasarnya terlebih dahulu.

Macam-Macam Bentuk Batang Bonsai Beringin

1. Tegak Lurus

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Bonsai beringin umumnya memiliki batang yang tegak lurus mengarah ke atas. Tanaman lain juga umumnya memiliki bentuk batang yang seperti ini. Namun, bukan berarti semua batang yang tegak lurus dapat dikatakan sebagai tumbuhan yang ideal.



Batang yang tegak lurus dikatakan ideal jika memiliki diameter yang semakin kecil di bagian atas. Dahannya juga harus tumbuh di setiap sisi batang.

2. Tumbuh Miring

Batang bonsai beringin paling mudah dibentuk untuk miring ke suatu arah. Batang yang miring seakan ada sebuah pemberat yang membuat batang tersebut miring. Dahannya juga hanya akan tumbuh puncak batang.

3. Tegak Berkelok

Bonsai beringin yang memiliki batang berkelok-kelok biasanya menjadi juara umum dengan harga yang sangat mahal. Batang yang berkelok harus memiliki keseimbangan di setiap sisinya. Idealnya, diameter batang akan semakin mengecil di bagian puncaknya.

Kalau anda ingin memiliki bentuk seperti ini, lebih baik memotong daun yang tumbuh di lengkungan batangnya. Daun yang tumbuh di sekitar bagian lekukan akan membuat keseimbangan batang menjadi goyah. Risikonya, bonsai milik anda rentan jatuh atau miring ke salah satu arah.

4. Batang Gantung

Anda bisa berkreasi dengan memberikan bebatuan pada bonsai beringin sehingga bonsai akan tumbuh menembus batu itu. Kalau anda memberinya batu, biasanya batang bonsai akan tumbuh dengan cara menggantung di batu tersebut.

Ujung batang akan terus tumbuh miring dan menjauhi pot. Bentuk seperti ini biasanya memiliki harga yang sangat mahal karena kesulitan dalam membuatnya. Kalau anda gagal, bonsai akan memiliki bentuk yang aneh.

5. Batang Sapu Tegak

Bonsai beringin yang memiliki batang sapu tegak agak susah dibedakan dengan batang tegak lurus. Kedua jenis batang ini memiliki banyak kesamaan. Perbedaannya hanya terletak di panjang batangnya.

Bila puncak batang bonsai yang anda miliki berhenti tumbuh dan memiliki dahan di sekitar puncaknya, maka bonsai itu memiliki batang sapu tegak. Dahannya harus tumbuh ke segala arah agar dapat menjaga keseimbangan batang.

6. Batang Dengan Akar Menonjol

Anda pasti pernah melihat beberapa pohon yang akarnya terlihat sampai ke atas tanah. Bonsai beringin juga memiliki jenis batang seperti itu. Biasanya, bonsai yang sehat dan tumbuh dengan kuat hingga akarnya juga membesar.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com

7. Batang Tertiup Angin

Batang bonsai beringin ada juga yang dibentuk sangat miring ke satu arah layaknya tertiup angin yang sangat kencang. Batang jenis ini disebut sebagai batang tertiup angin atau batang sarung angin.

Umumnya daunnya tumbuh di bagian atas batang tersebut dan membentuk garis yang sejajar. Daunnya tumbuh seperti itu untuk menjaga keseimbangan dari batang utamanya. Butuh kesabaran kalau anda ingin membentuk batang seperti ini.


Cara Membentuk Batang Bonsai Beringin

Pada umumnya, batang bonsai beringin akan hanya tumbuh lurus ke atas dengan satu batang utama yang sangat besar. Di ujung batang, tumbuh lagi cabang-cabang dengan dedaunan yang lebat.



nda dapat mengubah bentuk batang bonsai beringin sejak baru tumbuh. Gunakan kawat untuk mengubah jalur tumbuh batang. Kalau anda ingin bentuk yang miring, bentuk kawat miring ke arah yang anda inginkan.

Saat batang bonsai beringin tumbuh semakin besar, anda boleh mencabut kawatnya. Bentuknya akan selalu seperti yang anda inginkan. Cabut kawatnya dengan hati-hati.

Apakah anda sudah tahu bentuk batang yang diinginkan pada bonsai beringin anda? berhati-hatilah saat mengubah bentuknya. Jika salah, akan sangat sulit mengubah bentuknya lagi.

Belum ada Komentar untuk "Bentuk Dasar Batang Bonsai Beringin yang Harus Diketahui Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel