Artikel Pilihan

Cara Mudah Pembibitan Pohon Ketapang

Tanaman budidaya saat ini ada banyak jumlahnya. Banyak orang saat ini tertarik pada dunia vegetasi karena manfaat yang didapatkannya. Berbagai jenis tanaman dibudidayakan di Indonesia termasuk salah satu pohon dari genus Terminalia yaitu pohon ketapang.

Dengan nama latin Terminalia mantaly, pohon ketapang memiliki kegunaan dalam meminimalisasi paparan udara yang tidak sehat. Maka dari itu kita sering melihatnya di pinggir jalan. Dengan menanamnya di pinggir jalan maka pohon tersebut bisa mereduksi polusi udara dan menghasilkan udara yang sehat.

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Pohon ketapang ada banyak jenisnya, namun jenis yang sering ditemukan di Indonesia adalah ketapang kencana. Pohon ini masih satu marga dengan jenis ketapang lain yaitu ketapang T catappa.



Menanam pohon ketapang sebenarnya tidaklah sulit. Pohon yang saat ini banyak dibudidayakan memang cocok hidup di area tropis termasuk di Indonesia. Untuk membudidayakan tanaman ini, anda harus belajar bagaimana membibit, merawat, dan memelihara hingga dewasa.

Pembibitan Pohon Ketapang

Sebelum anda berniat untuk membudidayakan pohon ketapang, maka sebaiknya anda belajar bagaimana cara membibit pohon ini. Cara yang paling mudah untuk membibit pohon ini adalah dengan cangkok.

Untuk prinsip pencangkokan nya sendiri tidak begitu berbeda dengan proses cangkok pada umumnya. Anda hanya perlu memilih batang yang terbaik, lurus dan tidak terdapat cacat sedikitpun.

Setelah anda menemukan batang yang terbaik, maka keratlah dengan menggunakan pisau yang tajam. Setelah itu anda bisa hilangkan lendir yang muncul di permukaan kulitnya.

Tunggu hingga lendir ini benar-benar hilang dari batang keratan tersebut. Lalu anda hanya perlu menimpalinya dengan tanah. Untuk memilih tanah yang baik, maka pilihlah tanah yang gembur. Jangan pilih tanah kapur atau tanah liat untuk proses ini. Kandungan tanahnya juga harus pas. Jika anda tidak mau ribet dalam pembibitan pohon ketapang, maka beli saja tanah subur di toko pertanian.

Tanah yang sudah digunakan untuk menimpali keratan ini nantinya ditutup dengan plastik. Sebaiknya gunakan plastik yang transparan. Ikat plastik tersebut di kedua ujungnya hingga keratan tadi benar-benar tertutup rapat.

Jangan lupa untuk memberikan air secara berkala pada cangkok pohon ketapang ini. Proses penyiraman akan terus dilakukan sampai anda melihat akar dari pohon ini sudah tumbuh banyak.

Jika sekiranya akar yang dihasilkan sudah cukup, maka anda bisa potong batang tersebut secara hati-hati. Pastikan akar tersebut tidak ada yang cacat atau patah karena proses pemotongan ini. Setelah dipotong anda hina menyimpannya di tempat yang lembab. Hindari juga untuk menyimpannya di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari yang terlalu kuat bisa merusak akar dan menjadikannya kering. Sinar matahari juga bisa menghambat proses pertumbuhan akar.

Anda hanya perlu menyimpan bibit cangkok ini di tempat yang aman sebelum memulai proses penanaman. Proses pembibitan ini memang susah-susah gampang, salah sedikit maka bisa merusak bibit dari pohon ketapang ini.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: alamikan.com


Hal-hal yang harus diperhatikan

Untuk mendukung dalam proses pembibitan, Anda harus memperhatikan beberapa hal ini. Pasalnya pembibitan pohon ketapang merupakan hal yang cukup riskan gagal.


1. Pilih Batang yang Berkualitas

Untuk menghasilkan pohon ketapang yang berkualitas, langkahnya dimulai dari memilih batang yang berkualitas. Hal ini karena apabila anda memilih batang yang kurang baik di proses pembibitan maka akan menyulitkan tumbuh kembang dari pohon ini. Untuk memilih batang yang berkualitas bisa dilihat dari bentuknya dan juga ukurannya.



2. Siram Secara Berkala

Hal yang membuat para pembibit gagal dalam mencangkok pohon ketapang adalah dengan membiarkannya kering. Padahal tanah yang kering bisa menghambat pertumbuhan dari akar. Tanah yang kering ini bisa jadi karena seseorang lupa untuk menyarankan secara berkala. Pastikan tanah tetap gembur agar tanaman tumbuh dengan subur.


3. Terlalu Muda Dicabut

Kadang banyak orang yang tidak sabar untuk mencabut cangkokan ini. Mereka hanya melihat dari jumlah akarnya saja tidak melihat dari segi kekuatan yang ditimbulkannya. Alhasil, ketika ditanam pohon ini malah jadi lemah dari segi adaptasi.

Demikian penjelasan mengenai cara pembibitan pohon ketapang dengan cangkok. Ternyata proses pembibitan ini cukup mudah asalkan anda mau mengikuti tips yang sudah kami berikan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Pembibitan Pohon Ketapang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel