Artikel Pilihan

Cara Mudah Menanam Pohon Ketapang dengan Biji

Selain sebagai pohon pelindung, Ketapang sangat bermanfaat. Bahkan khasiatnya baik juga untuk kesehatan tubuh. Belakangan ini, pohon ketapang sedang banyak ditanam dan dibudidayakan oleh banyak orang. Hal ini karena kebutuhan mereka akan pohon ketapang cukup tinggi. Dengan begitu harga dari pohon ini pun sempat tinggi.

Pohon ketapang memang sangat cocok tumbuh di Indonesia. Bahkan saat ini di sepanjang jalan pasti anda menemukan pohon ini. karena keberadaannya yang cukup penting kita harus bisa menanam pohon ini sendiri. Untuk menanam pohon ketapang ada banyak caranya. Namun yang paling konvensional adalah menggunakan biji. Berikut cara menanam pohon ketapang menggunakan media biji :

Menanam Pohon Ketapang dengan Biji

Pohon ketapang ini bisa ditanam dengan berbagai cara. Selain menggunakan biji, Anda juga bisa menanamnya menggunakan cangkok. Namun jika dibandingkan dengan kedua cara tersebut, menggunakan biji adalah cara penanaman ketapang yang paling mudah.

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Pasalnya kita hanya menyiapkan bibit biji saja, tidak seperti cangkok yang mengharuskan kita untuk melakukan proses pencangkokan. Cara menanam pohon ketapang dengan biji sangatlah mudah.



1. Tahap Pemilihan Bibit

Sama seperti menanam pohon lain, sebelum menanam kita perlu menyiapkan bibit yang berkualitas. Cara memilih bibit biji pohon ketapang adalah dari usia bijinya. Pastikan anda memilih bibit pohon ini yang paling tua dan juga sehat. Tua disini bisa dilihat dari bentuk fisiknya yang kering dan agak keriput. Warnanya juga sudah kecoklatan serta bobotnya yang ringan.

Untuk memilih bobot yang sehat, pastikan biji ketapang tersebut tidak cacat. Biji ketapang tersebut bersih dan ukurannya pas. Kekerasan dari biji yang ideal juga harus sempurna dan tidak mudah rapuh.

Setelah memilih bibit biji pohon ketapang, maka anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Waktu penjemuran biji ketapang adalah 2 hari dengan panas matahari yang ideal.

2. Siapkan Media Tanam

Media tanam pohon ketapang adalah tanah gembur. Pastikan tanah tersebut terbebas dari segala zat yang berbahaya termasuk zat asam dan basa. Untuk meningkatkan kesuburan dari media tanam tersebut, anda bisa mencampurnya dengan humus serta pupuk kandang.

Campur tanah yang subur tadi secara merata dengan pupuk tadi. Setelah kedua elemen tadi bercampur maka letakkan ke dalam wadah plastik atau polybag. Untuk ukuran dari polybagnya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Apabila plastik polybag anda tidak berlubang pada bagian bawahnya maka lubangilah plastik tersebut. Lubang tersebut digunakan untuk proses saluran air sehingga tanah tidak banjir.

Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: dekoruma.com


3. Proses Penanaman

Saat anda ingin menanam pohon ketapang. Maka sebaiknya anda merendam terlebih dahulu biji dari bibit yang sudah tersedia. Waktu perendaman dari bibit ini kurang lebih satu hari satu malam dengan larutan fungisida. Larutan fungisida digunakan untuk menghilangkan jamur yang biasa menempel pada badan biji pohon ketapang tersebut.

Saat proses penanaman, maka anda hanya perlu menunggu kurang lebih 4-6. Nantinya bibit yang sudah siap tanam di lahan adalah bibit yang sudah cukup banyak akar kecambahnya.

Tugas anda hanya mengatur kadar air yang diperlukan oleh bibit ini untuk tumbuh. Pastikan tanah yang digunakan sebagai media tumbuh tidak terlalu basah dan juga tidak terlalu kering.

Selain dari air, pohon ketapang juga membutuhkan nutrisi dari sinar matahari. Maka dari itu pastikan juga bahwa pohon ketapang anda disinari oleh sinar matahari yang cukup. Namun jangan sampai terkena matahari langsung karena bisa membuat pohon jadi layu. Sebaiknya anda tempatkan pohon ketapang ini di tempat yang teruk dan juga sejuk namun cukup sinar matahari.



Proses penyemaian di polybag ini memakan waktu sekitar 6 bulan. Setelah 6 bulan, pohon akan tumbuh cukup tinggi dan kuat. Saat itulah anda bisa memindahkannya kepada tempat yang lebih luas dan lebih besar. Setelah tumbuh di tempat yang luas, jangan lupa untuk memberikan pupuk yang maksimal kepada pohon ketapang guna merangsang pertumbuhan dari daun agar lebih rindang.

Demikian cara menanam ketapang dengan mudah menggunakan media biji. Ternyata cara menanam pohon ketapang hampir sama dengan menanam pohon lainnya. Namun disini terdapat teknik khusus yang harus dijalankan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam Pohon Ketapang dengan Biji"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel