Artikel Pilihan

Cara Menanam dan Merawat Pohon Ketapang dengan Mudah

Pohon ketapang adalah pohon besar yang sering kita jumpai di berbagai tempat. Pohon ini ditanam sebagai pembatas margin di jalan-jalan yang besar. Hal ini tidak lain adalah karena manfaat yang diberikannya.

Pohon ketapang merupakan pohon yang bisa menyerap polusi cukup baik. Dengan menanamnya pada pinggir jalan membuat udara yang kotor bisa jadi lebih bersih lagi.

Ternyata, saat ini pohon ketapang sedang gencar dibudidayakan. Hal ini karena banyaknya permintaan dari tumbuhan ini. Jika anda masih bingung untuk memulai budidaya pohon apa, maka anda bisa mulai dengan membudidayakan pohon ketapang. Pasalnya jika kita lakukan hitung-hitungan ekonomi, budidaya ketapang merupakan proses yang strategis serta menghasilkan banyak keuntungan.



Oleh karena itu, disini kami akan memberikan tips mengenai cara penanaman sekaligus perawatan dari pohon ketapang. Hal ini sangat membantu anda terutama bagi yang ingin berkecimpung di dunia cocok tanam.

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Penanaman Pohon Ketapang

Pohon ketapang merupakan salah satu pohon yang tidak terlalu sulit untuk ditanam. Pohon ini sebelum ditanam harus ditanam bibit terlebih dahulu. Cara pembibitannya adalah dengan cangkok. Setelah pohon ketapang berhasil dicangkok maka kita bisa menanamnya.

Untuk memilih bibit yang terbaik, maka pilihlah bibit yang berbatang lurus, memiliki akar yang cukup banyak dan warnanya tidak pucat. Karena bibit yang baik akan mempengaruhi pertumbuhan pohon ketapang kita nantinya.

Langkah selanjutnya setelah memilih bibit adalah menyiapkan media tanam. Caranya adalah dengan menggali tanah sedalam 30 cm. Campur tanah galian tersebut dengan pupuk kandang atau kompos. Perbandingan untuk mencampurnya adalah 1:1. Aduk kedua campuran tersebut sampai rata.

Masukkan batang cangkok tadi ke dalam tanah, pastikan posisi dari batang cangkok ini lurus keatas. Setelah itu timbun batang tersebut dengan media tanah yang sudah disiapkan sebelumnya. Bersihkan tanah dari segala kotoran yang mengganggu seperti sampah plastik, batu dan kandungan lain.

Usahakan untuk menimbun akar secara keseluruhan. Jangan sampai ada akar yang keluar ke permukaan tanah.

Pastikan juga batang pohon ketapang yang ditanamkan sudah benar-benar kencang. Tidak jatuh jika tersenggol, atau tertiup angin. Untuk itu setelah proses penanaman anda perlu memadatkan tanah di sekitar batang tersebut. Namun jangan terlalu padat karena akar akan sulit menembus.

Proses penanaman pohon ketapang sudah berhasil. Perlu anda perhatikan untuk terus menyiram pohon ini secara berkala. Jangan sampai tanah di sekitar pohon tersebut kering dan tandus.

Cara Merawat Pohon Ketapang

Setelah penanaman sukses dilakukan, kini saatnya anda perhatikan cara Merawat pohon ketapang ini. Sama seperti pohon lainnya, ketapang perlu dilakukan penyiraman secara berkala. Namun yang membedakan dengan pohon lain adalah intensitasnya.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: alamikan.com
Jika beberapa pohon ada yang diserap setiap hari, maka pohon ketapang tidak. Apalagi jika pohon ketapang anda tanam di lahan yang cukup luas. Maka anda hanya perlu menyiramnya sewajarnya saja. Namun jangan sampai tanah di sekitar pohon tersebut jadi gersang.

Selain dengan menyiramnya, Anda juga harus melakukan pemberian nutrisi. Untuk pohon ketapang, nutrisi yang diberikan adalah pupuk. Anda bisa memilih apa itu pupuk organik maupun pupuk buatan. Jika memilih pupuk organik, pastikan kadarnya selalu sama setiap anda memberikannya pada tanaman ini.

Jauh lebih mudah jika anda memberikan pupuk anorganik, hal ini karena takarannya sudah pas dan sesuai setiap saat. Pemberian pupuk bisa anda lakukan secara berkala. Waktunya adalah antara 2-3 bulan sekali. Pemberian pupuk yang terlalu sering membuat tanaman cepat mati. Pemberian pupuk yang jarang-jarang membuat tanaman menjadi kurus dan terhambat proses perkembangannya.



Selain memberikan pupuk, langkah perawatan lain yang bisa anda lakukan adalah dengan penyemprotan pestisida. Tujuan dari penyemprotan ini adalah untuk menghilangkan hama pengganggu yang akan merusak tanaman. Namun anda juga harus memperhatikan kadarnya. Untuk menyemprotkan pestisida janganlah terlalu sering, karena akan membuat tanaman menjadi mati. Jika anda melihat terdapat hama yang mengganggu segera atasi.

Demikian penjelasan dari kami mengenai cara menanam sekaligus merawat pohon ketapang. Dengan mempraktekkan cara-cara diatas maka proses budidaya ketapang jadi jauh lebih mudah lagi. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Pohon Ketapang dengan Mudah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel