Artikel Pilihan

Bonsai Beringin Dari Luar Negeri yang Bisa Menambah Koleksi Anda

Bonsai Beringin merupakan tanaman yang dapat hidup di segala tempat. Pohon beringin sebagai bakal bibit bonsai beringin mampu hidup di dataran tinggi maupun dataran rendah. Dapat hidup dengan atau tanpa sinar matahari. Tanaman dengan nama latin Ficus Benjamina ini juga bisa tumbuh di tanah bebatuan.

Bukan hal yang mengherankan kalau bonsai beringin mampu tinggal di dalam rumah anda. Habitat utama pohon beringin adalah hutan tropis yang kebanyakan berada di Indonesia. Namun, pohon ini juga tumbuh di berbagai belahan dunia lainnya.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin 

Bonsai Beringin yang Tumbuh di Luar Indonesia

Indonesia memang memiliki banyak hutan tropis yang ditumbuhi dengan pohon beringin, tetapi bibit bonsai beringin ini juga ada di beberapa negara lain. Bahkan pohon beringin yang tumbuh di luar negeri memiliki jenis yang berbeda.



1. Beringin Kimeng

Beringin Kimeng juga sering disebut sebagai Beringin China. Pohon ini memiliki nama latin Ficus microcarpa yang berarti tanaman yang memiliki buah yang kecil. Pohon beringin kimeng memang memiliki buah yang sangat kecil untuk makanan burung.

Beringin Kimeng merupakan pohon beringin yang paling sering dijadikan bibit bonsai beringin karena bentuknya yang bagus. Keunikan yang membedakan beringin ini dibandingkan yang lainnya adalah daunnya yang lonjong. Daun pohon Beringin Kimeng bisa tumbuh hingga 2 inci.

Pohon ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pohon beringin pada umumnya, yaitu batang yang besar dengan banyak cabang dan daun yang rindang. Batangnya bisa mencapai tinggi 200 kaki. Anda hanya dapat membedakan Beringin Kimeng dari beringin lainnya dari bentuk daunnya.

Kalau anda ingin mencari bibit bonsai Beringin Kimeng, anda dapat mencari pohon ini di beberapa daerah di Amerika. Beringin Kimeng tumbuh di daerah yang tropis seperti Florida dan Hawaii.

2. Beringin India

Salah satu beringin tertua dan terbesar di dunia tumbuh di India. Orang-orang menyebut beringin ini sebagai Beringin India atau Ficus benghalensis. Pohon ini memiliki banyak cabang yang berukuran besar. Cabang-cabang ini dapat anda cangkok untuk mendapatkan bakal bibit bonsai beringin.

Pohon ini memiliki beberapa nama, yaitu Ara Pencekik, Ara Bengal, dan Ara India. Pohon ini dapat tumbuh di celah antara pohon lain yang sudah tumbuh. Beringin India memiliki batang yang besar dan berwarna abu-abu. Ukurannya mencapai 8 inci.

Salah satu manfaat Beringin India adalah mampu menyerap kelembaban udara. Anda bisa memanfaatkan bonsai Beringin India bila udara di rumah anda sangat lembab.

3. Beringin Afrika

Meskipun bernama Beringin Afrika, sebenarnya pohon ini tumbuh di China dan India. Salah satu bentuk yang paling menonjol dari Beringin Afrika adalah bentuk daunnya yang oval, tidak seperti bentuk daun beringin pada umumnya.

Batang Beringin Afrika sangat halus dengan warna abu-abu gelap. Batang utamanya mampu tumbuh hingga mencapai 15 meter. Pohon ini sangat cocok dijadikan bonsai beringin karena daunnya yang mudah dipangkas dan bentuk.

4. Beringin Pencekik Florida

Sesuai namanya, pohon ini terletak di Florida. Pohon ini memiliki nama lain Ara Emas karena warna batangnya yang terang seperti emas. Bonsai Beringin Pencekik Florida cocok menjadi tanaman hias di rumah anda karena bentuknya yang sangat indah. Getah dari tanaman ini sering digunakan sebagai bahan permen karet.


Penyebaran Bonsai Beringin

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com
Anda pasti tahu kalau habitat utama bonsai beringin adalah daerah yang tropis. Hutan tropis yang terdapat di beberapa negara menjadi tempat tinggal kesukaan pohon beringin. Tanaman dengan kelas Magnoliopsida ini juga terbesar di banyak negara karena mampu tumbuh di setiap keadaan.



Bonsai beringin umumnya menyebar di beberapa negara Asia dan Amerika. Malaysia, India, China, dan Indonesia adalah negara dari Asia yang paling banyak ditumbuhi pohon beringin. Sedangkan Florida dan Hawaii adalah daerah di Amerika dengan penyebaran bibit bonsai beringin terbanyak.

Semua pohon beringin yang berasal dari luar negeri itu dapat dijadikan bakal bibit bonsai beringin. Apakah anda tertarik untuk menambah koleksi bonsai anda? Untungnya bakal bibit bonsai beringin tersebut sudah banyak dijual sehingga anda tidak harus mengambil ke tempat asalnya langsung.

Belum ada Komentar untuk "Bonsai Beringin Dari Luar Negeri yang Bisa Menambah Koleksi Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel