Artikel Pilihan

Berbagai Bakal Bibit yang Cocok Dijadikan Bonsai Beringin

Bakal bibit bonsai beringin berasal dari pohon beringin yang didapatkan dengan cara mencangkok salah satu cabang pohon. Saat ingin menanam bonsai beringin, carilah bakal bibit yang kuat dan bagus. Bibit dengan akar yang kuat akan membuat tanaman ini tumbuh lebih lebat dan sehat.

Bonsai beringin yang tumbuh akan menyerupai bakal bibit yang anda tanam. Kalau anda menanam bibit yang berasal dari pohon Beringin India, maka yang tumbuh adalah bonsai Beringin India. Masih banyak jenis pohon beringin yang dapat dijadikan bibit bonsai.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Berbagai Jenis Bibit Bonsai Beringin

1. Beringin Wimba

Beringin Wimba sering dijadikan bibit untuk bonsai beringin karena bentuknya yang eksotis. Fisik beringin ini seperti beringin pada umumnya, tinggi, besar, dan lebat. Tinggi pohon ini bisa mencapai 18 meter dengan diameter batang sebesar 75 cm.



Pohon yang bernama latin Ficus citrifolia ini tumbuh dengan menumpang tanaman lain sebelum akarnya mencapai tanah. Anda dapat dengan mudah menemukan pohon ini karena memiliki buah yang sangat besar. Pohon Beringin Wimba memiliki batang berwarna abu-abu tua dengan banyak akar gantung. Daunnya memiliki bentuk yang oval.

2. Beringin Putih

Pohon bernama latin Ficus benjamina variegata ini sudah umum dijadikan bonsai beringin. Perbedaan yang paling mencolok dari Beringin Putih adalah warna daunnya yang sedikit memutih. Sedangkan ciri fisik lainnya sama dengan beringin lainnya.

Beringin Putih dipercaya bisa menjadi obat herbal yang mampu mengobati berbagai penyakit. Daun dari tanaman ini mampu mengobati penyakit bronchitis, radang usus, hingga demam. Sedangkan akarnya dapat anda gunakan untuk mengobati penyakit amandel dan sariawan.

3. Karet Kebo

Pohon beringin yang satu ini terbesar di berbagai negara selain Indonesia, yaitu China, India, Malaysia, dan Myanmar. Kalau anda pernah melihat bonsai beringin dengan bentuk daun oval yang berwarna agak merah mudah, maka bibitnya berasal dari pohon Karet Kebo.

Pohon ini memiliki nama latin Ficus elastica. Tingginya mencapai 30 meter. Daun tanaman ini juga cukup besar, sekitar 10-15 cm. Yang unik dari tanaman ini adalah anda akan mendapati daunnya semakin mengecil saat Pohon Karet Kebo semakin berumur.

4. Beringin Preh

Beringin Preh merupakan penamaan yang diberikan oleh Orang Jawa. Tanaman ini akan sangat indah jika dijadikan bonsai beringin. Daun dari pohon dengan nama latin Ficus retusa ini berwarna hijau terang. Batangnya berwarna abu-abu terang.

Seperti beringin pada umumnya, Beringin Preh juga memiliki akar gantung. Akar tersebut akan mulai tumbuh pada saat musim hujan. Beringin Preh merupakan salah satu beringin yang paling cepat bertumbuh. Tingginya hanya mencapai 10 meter dengan diameter batang mencapai 1 meter.

5. Beringin Teluk Moreton

Beringin Teluk Moreton yang memiliki nama latin Ficus macrophylla ini sering dijadikan bakal bibit bonsai beringin karena bentuknya yang sangat indah. Nama lainnya adalah Beringin Australia. Namun, juga tumbuh di beberapa daerah di Indonesia.

Ciri utama dari pohon Beringin Teluk Moreton adalah akarnya yang sangat besar dan melengkung. Pohon ini juga menjadi lambang hutan hujan karena memang itulah habitatnya. Anda akan menemukan daun dengan ukuran yang besar dari pohon ini. Ukuran daunnya mencapai 12 inch.

Pohon ini merupakan salah satu jenis pohon beringin yang terbesar. Menjadikannya bonsai beringin akan merupakan keputusan yang tepat.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com

Bonsai Beringin Dari Luar Negeri

Selain beberapa jenis pohon beringin yang terbesar di beberapa daerah di Indonesia, ada juga pohon beringin yang berasal dari luar negeri yang sering dijadikan bonsai beringin. Salah satunya adalah pohon beringin yang tertua dan terbesar, yaitu pohon Beringin India.

Pohon beringin ini sudah berumur lebih dari 250 tahun dan masih berdiri dengan kokoh. Tanaman ini memang terdapat di India. Namun, sering dijadikan bonsai beringin dan bibitnya sudah dijual.



Beringin Afrika, Beringin China, dan Beringin Pencekik Florida juga sering dijadikan bakal bibit bonsai beringin. Setiap jenis pohon beringin ini memiliki keunikan tersendiri yang harus anda koleksi semuanya.

Setelah melihat beberapa jenis pohon beringin, manakah yang membuat anda tertarik untuk dijadikan bonsai beringin?

Daripada bingung, lebih baik anda mengoleksi semua jenis bonsai beringin itu. Cara mendapatkannya juga gampang, hanya perlu membeli di toko tanaman.

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Bakal Bibit yang Cocok Dijadikan Bonsai Beringin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel