Artikel Pilihan

Begini Manfaat Pupuk NPK untuk Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang mungkin tidak asing. Banyak orang yang menjadikannya sebagai hiasan di depan rumah. Warna hijau dari rumput ini akan membuat taman menjadi lebih indah. Biasanya tanaman ini membutuhkan nutrisi yang tepat supaya bisa tumbuh subur.

Mengenal Rumput Gajah Mini

Ciri Ciri Pohon Rumput Gajah Mini

Rumput gajah ini merupakan salah satu tanaman hias yang cukup digemari. Rumput ini sendiri tidak bersemak dan juga memiliki karakteristik daun mendasar di permukaan tanah. Artinya kamu tak perlu repot-repot memangkasnya dengan sering. Karakteristik ini membuat rumput gajah mini jadi saingan rumput jepang.

Karakteristiknya sangat cocok untuk menutupi halaman yang isinya tanah. Tapi nampaknya kurang cocok bila dipakai untuk olahraga. Permukaan daunnya licin sehingga membuat embun di pagi hari. Maka dari itu, kamu yang sedang mencari rumput untuk halaman rumah sepertinya akan cocok memakai ini.



Meski hanya sekedar rumput, tanaman hias tetap membutuhkan perawatan yang tepat supaya tetap segar dan terjaga. Nah, maka dari itu salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuatnya hijau dan segar. Menyiram dengan rutin bisa membuat rumput tumbuh dengan optimal. Namun tetap saja kamu membutuhkan pupuk agar memenuhi nutrisinya.

Pupuk NPK pada Tanaman Rumput Gajah

Jenis pupuk satu ini merupakan pupuk majemuk yang punya tiga unsur hara makro yaitu nitrogen, phospat dan juga kalium. Pupuk NPK ini punya konsentrasi yang cukup berbeda dan disesuaikan dengan masa perkembangan tanaman. Maka, kamu yang ingin merawat rumput gajah mini sebaiknya melakukan beberapa hal berikut ini.

Pertama adalah memakai pupuk NPK 16-16-16. Jika memang terlalu mahal untuk kamu, maka kamu bisa memakai pupuk NPK yang bersubsidi yaitu Pupuk NPK 15-15-15 atau Phonska. Pastinya pupuk ini lebih murah tapi juga masih cukup bermanfaat bagi tanaman.
Ciri Ciri Pohon Rumput Gajah Mini
Sumber: bibitbunga.com
Kamu bisa memakai pupuk NPK satu ini setelah rumput kurang lebih berusia 10 sampai 14 hari setelah ditanam. Caranya juga cukup mudah. Kamu bisa campurkan satu gelas air mineral pupuk NPK yang sudah dilarutkan dengan 20-25 liter air sumur.

Cara memakainya cukup disiramkan pada bagian sela rumput dengan memakai gembor bunga. Pada kurang lebih 3-5 hari kemudian kamu akan melihat pertumbuhan yang cukup pesat pada tanaman tersebut. Jangan lupa untuk terus memastikan tanaman tetap basah.

Pupuk Pendukung untuk Rumput Gajah

Selain dari pupuk NPK, kamu sebaiknya menggunakan jenis pupuk lainnya misalnya pupuk organik. Nah, pupuk ini bisa menjadi salah satu pendukung nutrisi di awal masa tanam. Sebagai informasi rumput gajah mini ini sama seperti sedang menanam padi yang memang butuh jarak dan pola teratur.

Kamu cukup mencongkel bagian tanah yang sudah ditanami rumput gajah mini. Setelah itu, kamu bisa memberikan pupuk dasar yaitu pupuk organik. Pupuk organik juga menjadi makanan utama bagi rumput di masa awal tumbuhnya. Maka kamu harus memastikan pupuk benar-benar mencukup tutup lubang.
Ciri Ciri Pohon Rumput Gajah Mini
Sumber: flora-taman.com
Sayangnya kamu sebaiknya jangan memakai pupuk kandang atau kompos untuk rumput ini. Hal ini ternyata bisa membunuh rumput. Kamu bisa memakai pupuk bokashi atau butiran organik. Kamu bisa melakukan fermentasi pada pupuk kandang dan kompos supaya bisa menjadi bokashi.

Selain pupuk organik padat, kamu bisa mencoba pupuk organik cair. Cara kerjanya mirip dengan kerja pupuk NPK yang memberi nutrisi melalui akar. Kamu bisa memakai pupuk organik cair yang dijual di toko pertanian. Kandungan nutrisinya lengkap karena ada unsur hara mikro hingga makro.



Bahkan di beberapa pupuk ada pula zat pengatur tumbuh dan juga mikroorganisme pengurai. Untuk memakainya kamu cukup mencampurkan pupuk organik dengan air. Lalu, semprotkan pada bagian gajah mini. Kamu sebaiknya melakukan ini di sore hari supaya nutrisi tidak menguap dengan sia-sia.

Biasanya kamu akan melihat perubahan signifikan setelah satu sampai dua hari diberikan ke rumput. Kamu akan langsung melihat bagaimana rumput gajah bisa menghijau dan daun yang tumbuh akan semakin bertambah banyak. Dengan begitu rumput gajah bisa jadi tanaman hias yang dengan maksimal dan indah menghiasi taman depan rumah.

Belum ada Komentar untuk "Begini Manfaat Pupuk NPK untuk Rumput Gajah Mini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel