Artikel Pilihan

Tahapan Menanam Tanaman Ketapang Kencana dengan Tepat

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Ketika berbicara mengenai pohon, maka salah satu pohon yang tumbuh subur di indonesia yaitu pohon ketapang. Jenis yang paling populer yaitu tanaman ketapang kencana. Pohon ini memiliki daun yang lebar disertai dengan bahan-bahan yang rindang, sehingga cukup banyak masyarakat di indonesia yang memanfaatkan tanaman ini untuk membantu meneduhkan area rumah dan juga pinggir jalan.

Pohon ketapang kencana merupakan salah satu jenis pohon, yang sebenarnya bisa dibudidaya karena tanaman tersebut bisa diperbanyak dengan mudah. Dengan tujuan yang berbagai macam tentunya. Berikut ini akan kita bahas secara lengkap, mengenai cara menanam pohon ketapang kencana yang tepat.

Siapkan Biji atau Bibitnya

Hal pertama yang harus disiapkan tentu saja biji atau bibit dari ketapang kencananya. Jika ingin membudidayakan ketapang, ada 2 cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan bibit dan juga biji ketapang.



Bibit

Jika menggunakan bibit, maka hal yang harus dipersiapkan, yaitu membeli bibitnya. Anda bisa mendapatkannya dari berbagai toko pertanian dan juga para pembudidaya, khusus pohon ketapang jangan langsung ditanam. Bibit ketapang juga bisa didapatkan, dari biji yang tumbuh di bawah pohon. Kemudian setelah tumbuh menjadi tanaman baru dicabut dan dipindahkan ke lokasi tanam yang diinginkan.

Biji

Pilihlah buah ketapang yang sudah tua, kemudian ambil bijinya. Jika sudah selesai jemur di bawah terik matahari kurang lebih 6 jam, setelah itu angkat dan letakkan di tempat teduh biarkan kering selama 24 jam dengan suhu ruangan.

Apabila biji tersebut sudah selesai dijemur, maka selanjutnya semai media dengan cara menanam pohon ketapang kencana atau langsung ditimbun dengan tanah. Nantinya biji tersebut akan tumbuh dengan mudah.

Tetapi hal yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk menanamnya pastikan untuk menyemai menggunakan polybag terlebih dahulu. Apabila sudah melakukannya nanti tidak perlu dipindahkan cukup menunggu bibit ketapang tersebut. Sudah mencapai ketinggian kurang lebih 30 cm. Setelah itu langsung dipindahkan ke tanah dan ditanam secara permanen, apabila tidak ingin repot bisa juga menggunakan polybag langsung.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: davesgarden.com


Siapkan Lubang Tanaman Ketapang Kencana

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu menyiapkan lubang tanam, atau area tempat untuk ditanamkan pohon ketapang kencana. Ukuran lubang nya yaitu 40 cm x 40 cm, dengan kedalaman maksimal 50 cm. Selain itu lubang juga harus diberi pupuk kandang, dengan dicampur kan tanah kurang lebih setengah dari lubang yang telah dibuat. Setelah itu didiamkan selama dua minggu terlebih dahulu, apabila sudah melewati waktu 2 minggu.

Barulah lubang tersebut bisa digunakan untuk menanam pohon ketapang. Karena akar pohon ketapang dapat merusak konstruksi, dan juga dinding bangunan ada baiknya untuk menanam lebih jauh dari rumah.

Semai di Polybag

Tahapan selanjutnya yang dilakukan. Memastikan bahwa anda telah menanam bibit ketapang bibit yang telah disiapkan. Nantinya, bibit langsung dimasukkan ke lahan tanah permanen yang sudah disiapkan dan diberi lubang untuk menanam bibit ini. Tidak perlu merobek polybag, karena nantinya akar menembus plastik tersebut.



Tetapi jika memang ingin pohon ketapang langsung ditanam ke tanah. Ada baiknya dirobek secara perlahan agar tanah semai tidak pecah, dan pastikan ketika menanamnya tanah tersebut masih solid. Masukkan di bagian pangkal bibit ke dalam lubang, kemudian ditutup dengan tanah dengan rapi. Sehingga pohon tidak akan goyang, dan bisa tumbuh subur atau tumbuh ke atas jangan lupa juga padatan tanah kemudian siram dengan air.

Itulah tahapan penanaman pohon ketapang kencana, yang dapat dilakukan dengan mudah. Jika mengikuti penanaman dan pembibitan yang dilakukan diatas. Pasti budidaya yang dilakukan akan berhasil. Jangan lupa faktor sumber daya alam, dan juga kondisi bibit mempengaruhi penanaman tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Tahapan Menanam Tanaman Ketapang Kencana dengan Tepat "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel