Artikel Pilihan

Pohon Ketapang, Sejuta Manfaat dan Keuntungan

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang dibutuhkan oleh hewan dan juga manusia manfaatnya. Tentu saja untuk bahan makanan yang bisa dikonsumsi setiap harinya tetapi tidak semua tumbuhan dapat dikonsumsi.

Ada beberapa yang hanya memiliki manfaat seperti tanaman hias atau membantu untuk menunjukkan udara yang ada di sekitar rumah atau area yang ada di sekitar tempat tumbuhan tersebut, ditanam salah satunya adalah pohon ketapang. Artikel ini akan membahas mengenai apa saja manfaat yang bisa didapatkan ketika menanam pohon ketapang.

1. Pohon untuk Teduhan

Apa yang harus diketahui ketika pohon ketapang ditanamkan di pinggir jalan tentu saja manfaat yang paling utama yaitu membantu menentukan atau menunjukkan udara yang ada disekitar pohon tersebut. Hal ini dikarenakan pohon ketapang masuk ke dalam pohon dengan lebar. Rindang yang cukup besar. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pohon teduhan.



Dengan adanya manfaat ini maka pohon ketapang lebih baik untuk tidak ditanamkan di halaman yang kecil ataupun di area rumah. Tetapi ditanamkan di belahan yang besar atau tanah lapang dan juga pinggir jalan, yang mampu menampung dan menutupi rindangnya pohon ketapang.

2. Daun Ketapang

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan bagi anda yang ingin menggunakan pohon ketapang dan memanfaatkannya yaitu memastikan, bahwa anda menggunakan bagian daunnya. Karena menurut berbagai penelitian daun ketapang memiliki beberapa hasiat atau manfaat diantaranya yaitu :
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: indiamart.com

Khusus Ikan Hias

Manfaat pertama yang bisa digunakan dari daun yaitu berguna untuk membantu memberikan kesehatan dan juga pakan untuk ikan cupang atau beberapa ikan hias lain. Tumbuhan ketapang seringkali digunakan untuk para pecinta ikan hias. Karena daunnya dapat membantu memperbaiki kesehatan serta membantu memperpanjang umur ikan. Hal ini dikarenakan adanya bahan tertentu yang terkandung dalam daun yang bisa dimanfaatkan.

Kebutuhan Penelitian

Selain itu daunnya juga dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan seperti halnya penggunaan penelitian. Nantinya akan dikaji dengan menggunakan tanin dan beberapa persen lainnya. Sehingga pemanfaatan daun lebih banyak dibanding bagian lainnya.

3. Biji Ketapang

Selanjutnya bagian lain dari pohon ketapang yang bisa dimanfaatkan adalah bagian bijinya. Pohon ketapang ini memiliki biji yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya untuk dimasak dan juga diolah beberapa masyarakat berpendapat.

Bahwa rasanya bahkan lebih enak daripada biji kenari, sehingga biji ketapang ini sering digunakan untuk pengganti amon dalam pembuatan kue-kue. Sehingga menjadi lebih murah dan lebih enak jika dijemur nantinya biji tersebut, akan menjadi sebuah minyak yang sering digunakan untuk minyak kesehatan. Minyaknya mengandung lemak seperti asam palmitat adanya asam oleat, asam linoleat, dan lain sebagainya. Biji kering juga mengandung protein gula dan berbagai macam asam amino yang berkualitas.



4. Biji untuk Makanan

Jika ingin memanfaatkan biji ketapang dengan cara lainnya anda juga bisa membuatnya menjadi sebuah kue. Sehingga nantinya makanan tersebut menjadi kue khas dan rasanya tidak kalah enak. Dengan beberapa kue yang terbuat dari biji almond ataupun biji kacang-kacangan lainnya. Selain berkualitas rasanya enak kandungan yang ada dalam biji tersebut juga cukup tinggi. Sehingga cocok sekali untuk dikonsumsi sebagai makanan camilan.

Deretan manfaat yang bisa didapatkan ketika memutuskan untuk menggunakan pohon ketapang yang dapat dibudidayakan dan dijual. Karena adanya manfaat yang beragam ini menjadikan pohon ketapang, tidak pernah habis dicari oleh para konsumen dan juga selalu laku untuk dijual. Sehingga pohon ketapang bisa menjadi pilihan ketika membutuhkan tanaman untuk di budidaya.

Belum ada Komentar untuk "Pohon Ketapang, Sejuta Manfaat dan Keuntungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel