Artikel Pilihan

Penyakit Tanaman Ketapang yang Sering Menyerang

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Ada banyak gangguan yang seringkali menyerang sebuah tanaman sehingga menghasilkan para pembudidaya. Salah satunya adalah para petani tanaman ketapang yang seringkali merasa kesulitan untuk mengenali ,apakah tanaman mereka rusak oleh penyakit.

Apalagi jika anda hanya memanfaatkan bibit untuk bahan budidaya, maka bibit yang akan ditanam dapat bermasalah. Berikut ini informasi mengenai penyakit tanaman ketapang yang bisa anda ketahui agar dipelajari dan juga ditemukan cara pengendaliannya.

1. Penyakit Tanaman Ketapang Nekrosis

Penyakit pertama yang seringkali terjadi yaitu nekrosis biasa disebut sebagai mati sel atau mati jaringan. Hal ini terjadi karena adanya berbagai macam masalah, seperti halnya rusaknya klorofil atau daun menguning yang menyebabkan tanaman ketapang menjadi mati.



Hal ini disebabkan oleh terserangnya penyakit sehingga adanya penyakit tersebut merusak tanaman dari dalam.
Penyakit ini bisa disebabkan oleh jamur ataupun virus yang menyerang dan akhirnya menular ke berbagai tanaman yang ada di sebelahnya. Untuk itu jika ada 1 tanaman yang sekiranya terkena penyakit langsung pisahkan dari beberapa tanaman ketapang lain.

Karena nantinya akan membantu mengendalikan atau mengurangi persebaran penyakit dengan cepat, sebagai salah satu masalah yang paling ditakutkan oleh banyak pembudidaya. Nekrosis juga masuk ke dalam salah satu penyakit tanaman ketapang yang wajib dihindari.

2. Ustilago

Selanjutnya adalah ustilago penyakit tanaman ketapang yang disebabkan oleh jamur ini memang sangat mengkhawatirkan. Karena jika sudah terkena oleh ustilago maka tumbuhan tersebut tidak akan bisa hidup penyakit yang banyak sekali ditimbulkan oleh jamur.

Disini menyerang tumbuhan dan paling banyak menyerang jagung tetapi bukan berarti tidak dapat menyerang tanaman ketapang, biasanya jamur yang tumbuh menjadi penyakit yang dipengaruhi oleh kelembaban yang tidak seimbang, sehingga tidak dikehendaki oleh tanaman pada akhirnya tanaman tersebut akan mati dan juga menularkan penyakitnya kepada beberapa tanaman sehat lain.

Sehingga pembudidaya mengalami kerugian. Permasalahan ini seringkali menyebabkan para petani harus kehilangan budidaya. Mereka termasuk tanaman ketapang, dan akhirnya merugi sehingga tidak bisa dijual.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: commons.wikimedia.org


3. Penyakit Tanaman Ketapang Bercak Daun

Penyakit ketiga yang bisa menyerang tanaman perkebunan termasuk salah satunya tanaman kencana adalah bercak daun penyakit ini. Mungkin seringkali dilihat namun tidak disadari oleh para pembudidaya bercak daun ini memunculkan sebuah ciri. Seperti halnya bercak ataupun warna yang berbeda pada daun sehingga jika dilihat tanaman ini akan memiliki warna yang berbeda dalam satu permukaan.

Penyakit bercak daun disebabkan oleh jamur yang biasanya terjadi pada tanaman yang baru muncul ataupun tanaman yang baru beranjak dewasa. Serangan jamur ini biasanya juga terjadi pada biji padi yang telah membusuk tetapi bukan berarti tidak muncul atau tidak disebabkan oleh jamur padi saja. Tetapi juga bisa menular ke beberapa tanaman lain, termasuk penyakit tanaman ketapang cara pencegahannya paling mudah yaitu dengan merendam air hangat, dengan insektisida alami. Sehingga bisa hilang.



4. Busuk Pelepah Daun

Penyakit keempat yang bisa menyerang tanaman ketapang yaitu penyakit busuk pelepah. Daun sebenarnya penyakit ini disebabkan oleh jamur khusus yang biasanya menyerang daun dan pelepah. Namun tanaman ketapang ketapang masuk ke dalam tanaman kayu. Sehingga tidak memiliki pelepah tetapi hal tersebut bukan berarti tanaman ini bisa bebas dari penyakit busuk.

Biasanya petani tanaman ketapang mengatakan bahwa mereka mengalami serangan dari jamur ini. Ketika daun sudah mulai membusuk dan sulit sekali untuk diatasi. Bagi anda yang tertarik untuk mengendalikan penyakit ini. Anda bisa memanfaatkan beberapa cara seperti halnya penggunaan insektisida.

Itulah beberapa informasi mengenai penyakit pada tanaman ketapang. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Penyakit Tanaman Ketapang yang Sering Menyerang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel