Artikel Pilihan

Kenali Area Tumbuh Tanaman Ketapang Sebelum Budidaya

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa dipilih untuk dibudidayakan, salah satunya adalah tanaman ketapang. Pohon yang seringkali dimanfaatkan bagian daunnya ini memang menarik perhatian banyak orang.

Selain digunakan untuk tempat berteduh karena pohon yang rindang biji dan daunnya juga bisa bermanfaat untuk kesehatan, bahkan diolah menjadi sebuah makanan. Bagi yang ingin membudidayakan tanaman ketapang. Berikut ini ada deskripsi dan juga karakteristik dari pohon yang bisa anda pahami.



Pohon Ketapang dan Kegunaannya

Pohon ketapang populer dengan nama Terminalia mantaly, di mana tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari area tropis seperti salah satunya adalah indonesia. Ranting pohon ketapang sangatlah besar dan juga rimbun. Sehingga berguna untuk menyaring cahaya matahari yang masuk di tambah lagi pohon ini bisa tumbuh dengan tinggi.

Selain itu organ dari akar yang ada pada pohon ketapang berguna untuk menyerap unsur air yang berlebih. Dengan begitu tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai taman dan juga hiasan, untuk membantu memaksimalkan penggunaannya.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: susuketapang.blogspot.com


Area Tumbuh Tanaman Ketapang

Berdasarkan syarat tumbuhnya ada beberapa hal yang harus dipenuhi, ketika memutuskan untuk menanam tanaman ketapang misalnya saja:

Taman Rumah

Apabila menanamkan tanaman ketapang tersebut di area rumah maka hal yang paling penting adalah area tersebut. Nantinya akan menjadi lebih segar dan asri tetapi permasalahannya yaitu cahaya matahari akan tersaring. Sehingga tidak akan maksimal masuk ke dalam rumah. Ditambah lagi pohon ketapang merupakan salah satu pohon yang dapat tumbuh hingga belasan meter dengan ranting mencapai 4 meter atau bahkan lebih, jika tanahnya subur.

Sehingga ketika memutuskan untuk menanam pohon ini bisa jadi area dari rumah anda akan terpotong dengan jumlah yang cukup banyak dan bisa menutupi areal taman. Jika memang sisa lahan dari tanaman tanaman tersebut kecil, untuk itu pastikan ketika memutuskan untuk menanam pohon ketapang. Maka pohon tersebut nantinya bisa memiliki tempat untuk tubuh yang lebar dan tidak akan mengganggu rumah apalagi bangunan.

Pinggir Jalan

Hal selanjutnya yang harus diketahui apabila memutuskan untuk menanam dari tanaman ketapang di area luas seperti taman ataupun pinggir jalan raya trotoar. Hal tersebut bisa saja dilakukan karena dengan manfaat tanaman ketapang yang ditanam di area sekolah ataupun trotoar, menjadikan lingkungan tersebut menjadi lebih teduh.

Selain itu sinar matahari juga akan tersaring dengan baik. Tetapi hal yang perlu diketahui dampaknya mungkin akan menjadi padat ataupun penuh. Tetap saja anda harus menyediakan area atau tempat untuk tumbuh yang lebih luas.

Ketinggian pohon ketapang yang mencapai belasan meter dan juga areanya yang melebihi 4 meter menjadikan tanaman ini seringkali memakan biaya perawatan yang cukup besar. Karena jika tidak dipotong dan juga dipelihara dengan baik khawatir pohon tersebut nantinya akan menimpa dan membahayakan orang yang melintas ataupun yang berteduh di bawahnya.



Pohon ini juga perlu diperhatikan baik kesuburan tanah dan juga akar dari tanaman nya. Karena akar yang sangat kuat seringkali merusak ataupun memecah beton dan juga trotoar, yang ada disekitarnya alasan inilah yang membuat lebih baik tanaman ketapang tidak ditanam di area rumah. Karena khawatir akan akan merusak bangunan.

Itulah beberapa informasi mengenai area tumbuh tanaman ketapang. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kenali Area Tumbuh Tanaman Ketapang Sebelum Budidaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel