Artikel Pilihan

Jenis Aglaonema Paling Mahal, Sangat Cocok Dibudidaya


Aglaonema adalah salah satu tanaman hias yang memiliki banyak jenisnya. Jadi, tak salah kalau banyak pecinta tanaman hias yang mulai memutuskan untuk membudidayakan aglaonema dan berusaha untuk menciptakan jenis baru yang lebih menarik dan indah. Bahkan biasanya jenis yang baru akan menghasilkan varietas yang lebih kuat dan sehat dari varietas sebelumnya.

Tanaman hias ini tergolong tanaman hias yang sangat mudah perawatannya. Bahkan perlu diketahui, bahwa tanaman aglaonema hampir selalu menduduki sebagai tanaman hias terbaik dalam daftar tanaman hias yang cantik dan indah. Namun, perlu kita ingat bahwa tanaman hias ini tidak dapat bertahan di area yang instensitas cahayanya tinggi.
Ciri Ciri Pohon Tanaman Aglaonema
Sumber: gardening.id

Tak perlu khawatir dalam perawatan tanaman aglaonema, karena meskipun banyak variannya, tanaman ini memiliki kesamaan dalam perawatannya. Salah satunya adalah meletakkan di area yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, alias ruang yang memiliki kelembaban tinggi.



Jenis Aglaonema Paling Mahal

Mungkin para pecinta tanaman hias khususnya pecinta aglaonema mengetahui kalau ada tiga jenis aglaonema yang terkenal paling mahal di antara jenis aglaonema lainnya. 3 jenis aglaonema itu di antaranya adalah Aglaonema Silver Queen, Emerald Beauty, dan Silver Bay.

Adapun jenis aglaonema yang paling mahal selain ketiga jenis di atas, yaitu aglaonema Siam. Jenis Aglaonema ini terkenal mahal karena memiliki warna yang lebih mencolok dibanding jenis aglaonema lainnya. Aglaonema siam ini lebih sering ditemukan di teras rumah-rumah. Meskipun mahal, namun jenis aglaonema ini sangat populer di kalangan pecinta aglaonema. Ciri khas dari aglaonema siam memiliki pertumbuhan seperti semak alias merimbun dan menggumpal. Namun pertumbuhan tersebut tergantung dari ukuran media tanam dan pot yang digunakan. Jika kita menggunakan pot dengan ukuran 8 inci, maka tanaman aglaonema siam bisa tumbuh hingga 4 kaki.

Ada yang mengejutkan di kancah tanaman hias aglaonema, yaitu kejutan yang sangat memukau adanya jenis aglaonema yang berhasil terjual Rp 660 juta dengan proses pelelangan. Hal itu terjadi pada tahun 2006 dimana seorang pecinta aglaonema Greg Hambali berhasil menyilangkan jenis dua jenis aglaonema dan menghasilkan jenis aglaonema harlequin dengan tubuh daun yang cantik dan memukau.

Sebenarnya, pada dasarnya tanaman aglaonema yang semakin langkah akan semakin mahal harga jual nya. Seperti aglaonema harlequin contohnya, kita akan jarang sekali menemukan jenis aglaonema tersebut.

Selain kelangkaan jenis aglaonema, harga juga ditentukan oleh beberapa faktor lainnya seperti harga pasar contohnya. Untuk harga jual yang semakin tinggi dan berubah, dengan dipengaruhi faktor harga pasar ini di antaranya seperti:

1. Aglaonema Red Suksom yang di banderol Rp 250.000,-
2. Aglaonema Bidadari dibanderol Rp 100.000,-
3. Aglaonema Pride of Sumatera seharga Rp 95.000,-
4. Aglaonema Black Lipstick dengan nilai Rp 90.000,-
Dan masih banyak jenis aglaonema lainnya dengan harga di atas Rp 50.000,-

Aglaonema Red Suksom tak sebatas harga Rp 250.000,-. Bahkan harganya bisa mencapai nilai Rp 750.000,- jika aglaonema tersebut dapat tumbuh dengan daun yang sempurna.Karena aglaonema red suksom memiliki pesona keindahan dari warna daun yang didominasi warna merah dengan tepi daun berwarna hijau tua.
Ciri Ciri Pohon Tanaman Aglaonema
Sumber: shopee.co.id

Merawat aglaonema red suksom pun tidak sulit. Cukup meletakkan di tempat yang teduh dan melakukan penyiraman sekali dalam 2 atau 3 hari. Jangan lupa juga melakukan pemupukan agar dapat tumbuh dengan baik. Pemupukan bisa dilakukan 3 sampai 4 bulan sekali, dan menggunakan pupuk kompos atau pupuk organik.

Kita tahu bahwa aglaonema merupakan tanaman hias rumah yang sangat bagus. Sangat cocok diletakkan di teras rumah kecuali teras yang terkena sinar matahari langsung. Kita juga tidak boleh meletakkan aglaonema di balik kaca karena bisa membakar tanaman jika terkena bias an sinar matahari.

Jadi, sangat tidak cocok untuk pemilik rumah kaca ketika memelihara tanaman hias aglaonema. Tanaman hias ini memang sangat tidak cocok diletakkan di area yang terkena sinar matahari langsung. Namun, jika ingin pertumbuhannya mengalami kealamian, maka kita harus memberi sinar yang cukup atau sesekali dijemur di bawah sinar matahari dengan jangka waktu sekitar 10 menit saja.



Selain sinar matahari, kita juga bisa memberikan lampu neon buatan yang merupakan pengganti sinar matahari. Tentu hal ini akan membuat tanaman aglaonema mampu tumbuh dengan tubuh yang indah dan cantik.Karena pada dasarnya, tanaman yang diletakkan di area tanpa sinar matahari terlalu akan memperburuk pertumbuhan tanaman hias.

Jenis aglaonema yang paling mahal pun juga membutuhkan perawatan khusus meskipun mudah dilakukan. Dengan memberikan penyiraman air secara rutin dan setiap hari, maka kita bisa memiliki aglaonema yang mahal nan cantik.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Aglaonema Paling Mahal, Sangat Cocok Dibudidaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel