Artikel Pilihan

Cara Menanam Tanaman Aglaonema

Ciri Ciri Pohon Tanaman Aglaonema
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Tanaman hias Aglaonema merupakan salah satu tanaman hias yang populer. Tanaman ini juga memiliki nama lain yaitu tanaman Sri Rejeki. Salah satu hal yang membuat banyak orang tertarik untuk mengoleksi tanaman Aglaonema adalah karena daunnya yang sangat cantik. Selain itu, tanaman ini juga memiliki nilai bisnis yang tinggi sehingga tidak jarang dijadikan sebagai bisnis jual beli tanaman hias Aglaonema yang menjanjikan.

Bahkan ada beberapa jenis tanaman hias Aglaonema yang dibandrol dengan harga yang mahal. Meskipun begitu, para pecinta tanaman hias harga segitu tidak ada masalah karena yang dilihat bukan nominalnya melainkan kecantikan tanaman ini yang tidak ada tandingannya.

Bagi anda yang sekarang memiliki rencana untuk memulai bisnis tanaman hias Aglaonema atau mungkin ingin menanam sendiri untuk koleksi di rumah, anda harus tahu bagaimana cara menanamnya dengan benar. Dengan begitu anda bisa melihat hasil Aglaonema yang anda tanaman sendiri dapat tumbuh subur dan anda bisa melihat keindahan daunnya yang cantik.



Bagaimana Cara Menanam Tanaman Hias Aglaonema yang Benar?

Sebenarnya cara menanam tanaman hias Aglaonema terbagi menjadi dua, yakni generatif dan vegetatif. Untuk anda yang ingin menerapkan cara vegetatif, maka nanti tanaman ini ditanam dengan cara cangkok, stek, maupun pemisahan dengan anakan.
Ciri Ciri Pohon Tanaman Aglaonema
Sumber: https: 4.bp.blogspot.com

Sementara untuk cara menanam tanaman hias Aglaonema dengan metode generatif atau kawin, anda harus menanam bijinya terlebih dahulu. Penjelasan lebih lengkap seputar bagaimana cara menanam tanaman Aglaonema yang benar akan kami jelakan di bawah ini:

Menanam tanaman hias Aglaonema dengan biji

Untuk dapat menanam tanaman hias dengan biji, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih biji kualitas terbaik dari indukan. Pilihlah indukan yang cukup tua maupun yang sudah berumur. Untuk menbantu dalam mempercepat pertumbuhan kecambah, anda bisa merendam biji kurang lebih 2 sampai dengan 3 jam sebelum anda mulai menanamnya.

Menamam tanaman hias Aglaonema dengan stek

Cara kedua adalah menanam Aglaonema dengan cara stek. Untuk penerapannya adalah menanam pucuk indukan. Anda harus memilih mana indukan yang memiliki batang kokoh. Pilihlah indukan yang juga memiliki sekitar 5 daun yang tersisa setelah anda mengambil bagian pucuknya. Tujuannya agar indukan bisa tetap hidup meskipun pucuknya sudah anda potong.

Selanjutnya, anda potong pucuk indukan yang telah anda pilih kurang lebih 6 sampai dengan 7 ruas daun. Setelah itu, anda tanam bagian pucuk Aglaonema yang sudah anda potong untuk kemudian anda masukkan ke media tanam. Jika sudah, maka anda harus meletakkannya di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Perlu anda tahu bahwa menanam tanaman hias Aglaonema dengan cara stek memiliki kelemahan. Kelemahannya adalah induk yang pucuknya telah anda ambil nantinya akan tumbuh bercabang.

Menanam tanaman hias Aglaonema dengan cara dicangkok

Cara menanam tanaman hias Aglaonema yang ketiga adalah dengan cara dicangkok. Sebenarnya untuk cara ini terdengar sulit padahal ketika anda mempraktekkannya, anda mengerti bahwa caranya tidak sesulit yang kita bayangkan. Namun tentunya cara ini memerlukan ketelitian. Keunggulan menanam dengan cara mencangkok adalah pertumbuhan tanaman bisa berlangsung lebih cepat.



Akan tetapi, ketika anda gagal menerapkan cara ini, bisa menyebabkan indukan yang sudah anda cangkok bagian batangnya akan mengalami pembusukan. Untuk langkah selengkapnya silahkan simak di bawah ini:

Pertama, anda pilih indukan yang akan dicangkok. Tanaman yang sudah siap ditandai dengan batang yang berwarna cokelat dan kokoh.

Kedua, anda kelupas bagian batang pohon sampai nanti anda melihat bagian dalamnya yang berwarna putih. Lapisi bagian ini dengan menambahkan tanah sekam, humus, pakis, dan pasir malang. Untuk perbandingannya 1:2:2:5. Setelah itu, anda bungkus dengan plastik sampai rapat.

Ketiga, beri lubang berukuran kecil pada plastik. Tujuannya untuk memberikan sirkulasi udara dan sebagai lubang untuk tempat pengakaran. Semprot plastik pembungkus kurang lebih 2 kali sehari.

Tanaman hias Aglaonema baru akan siap ketika memasuki usia 3 sampai dengan 4 minggu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Tanaman Aglaonema"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel