Artikel Pilihan

Ciri Tanaman Ketapang yang Wajib Diketahui

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Pohon yang bisa digunakan untuk menghias dan juga menanamnya dengan berbagai manfaat dan juga keuntungan salah satunya adalah pohon ketapang. Bagi anda yang tertarik untuk budidaya dan juga ingin melakukan perbanyakan pohon ketapang.

Ketahui dulu mengenai beberapa ciri-ciri yang bisa dilakukan, salah satunya adalah ciri-ciri fisik yang bisa dikenali. Sehingga anda mengetahui mana saja bagian pohon ketapang yang ingin dibudidayakan. Berikut ini informasi lengkapnya.

Ciri Tanaman Ketapang Bagian Bunga




Ciri pertama yang bisa didapatkan adalah bentuk dan juga fungsi bunga dari tanaman tersebut bentuk dan fungsi bunga pohon ketapang. Sebenarnya membantu biji untuk bisa tumbuh dengan baik umumnya pohon ketapang memiliki bunga mirip dengan bintang dengan warna putih kekuningan atau putih.
Secara keseluruhan bunga ketapang tumbuh secara berkelompok dan satu kelompok terdiri dari 6 hingga 8 bunga lain itu. Jika anda mengenali setiap 1 bunga memiliki 5 kelopak bunga lancip maka bunga tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu bunga pohon ketapang.

Berdasarkan jenisnya pohon ketapang memiliki kepala sari dan juga putik sehingga disebut sebagai bunga lengkap ataupun bunga banci, secara umum bunga ketapang masuk kedalam jenis bunga yang sempurna dan dapat melakukan reproduksi dengan mudah. Sehingga pembudidayaan akan lebih mudah dibandingkan dengan pohon lain.

Ciri Tanaman Ketapang Bagian Batang

Hal yang bisa anda ketahui ketika memutuskan untuk melakukan budidaya yaitu memastikan bahwa anda telah memahami ciri fisik dari batang pohon ketapang. Jika dilihat datangnya sangat tinggi bahkan mencapai 10 meter, pada setiap bagian atas batang akan ditumbuhi dengan cabang pohon.
Sehingga hal ini yang menyebabkan batang pohon menjadi bercabang dan menjadikan pohon ketapang ini lebih rindang dibandingkan dengan beberapa pohon lainnya.

Selain itu batang ketapang memiliki serat kayu yang cukup tinggi. Sehingga bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk furniture. Karena jenis batang yang sangat kuat.

Beberapa orang menggunakan batang ketapang untuk membantu menopang pohon agar lebih kuat dalam kondisi apapun. Jika dilihat secara fisik nya warna batangnya memiliki kesan warna coklat gelap dan kasar. Jika diraba secara langsung proses yang dilakukan yaitu proses fotosintesis di daun. Karena di dalam batang terdapat dua pembuluh. Adanya xilem dan juga floem dapat membantu menyalurkan mineral dan berbagai makanan dapat teralirkan dengan baik.

Ciri Tanaman Ketapang Bagian Daun

Daun ketapang merupakan bagian selanjutnya yang harus anda ketahui ciri-cirinya. Daun ini digunakan untuk berbagai khasiat dan juga kesehatan. Tetapi hal yang paling mudah dikenali dari daun ketapang sendiri ukurannya yang sangat lebar yaitu kurang lebih 9 cm maksimal dan minimal 3 cm.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: rove.me
Di sisi lain ciri fisik yang berbentuk oval memanjang dengan bagian ujung lancip disertai dengan sirip dan tulang tengah paling kuat. Sama halnya dengan daun pohon manggis khusus untuk pohon ketapang memiliki warna hijau muda. Karena mengandung klorofil yang cukup baik. Sehingga fotosintesis dapat berjalan dengan lancar dan pohon dapat tumbuh dengan tinggi.



Ciri Tanaman Ketapang Bagian Akar

Bagian lainnya yang harus diperhatikan adalah bagian akar tanaman ketapang, memiliki ukuran yang sangat besar. Sehingga jenis akarnya adalah akar tunggang dengan begitu batangnya memiliki cabang dan banyak ranting untuk membantu menopang ukuran pohon yang sangat besar.

Umumnya akar ketapang berbentuk bulat memanjang disertai dengan pergerakan yang sangat lebar. Hal ini menjadikan anda tidak boleh menanam pohon ketapang di area yang kecil. Terutama di dekat dengan rumah karena akar tersebut, akan merusak tembok ataupun bagian dari rumah yang anda miliki percabangan yang sangat kuat. Sehingga bisa mengambil air sebanyak yang dibutuhkan.

Begitulah info mengenai ciri-ciri tanaman ketapang yang harus diketahui sebelumn menanamnya. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Tanaman Ketapang yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel