Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Kina (Cinchona) Di Alam Liar

Kina

Kina (Cinchona) adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga Rubiaceae yang beranggotakan setidaknya 23 spesies pohon dan semak. Semua anggotanya asli dari hutan tropis Andes di Amerika Selatan bagian barat. Beberapa spesies dilaporkan dinaturalisasi di Amerika Tengah, Atlantik Selatan, Jamaika, Prancis, Afrika, Indonesia, dan India. Khusus yang dibudidayakan di dan Jawa dan Sulawesi ialah spesies hibrida.

Secara historis, pohon kina dicari dan dibudidayakan untuk dimanfaatkan khasiat obatnya, karena kulit batang beberapa spesies pohon kina menghasilkan quinine dan alkaloid yang merupakan satu-satunya bahan pengobatan paling efektif untuk melawan malaria. Itulah yang membuat pohon kina sangat penting dan dianggap berharga.

Carl Linnaeus (seorang ilmuwan Swedia yang membuat dasar tatanama biologi) menamai genus ini pada tahun 1742 berdasarkan klaim bahwa tanaman tersebut telah menyembuhkan istri Pangeran Count of Chinchón, seorang raja muda Spanyol di Lima, pada 1630-an, meskipun kebenaran cerita ini telah dibantah oleh Carl.



Dulunya ada hampir 300 spesies pohon kina yang tersebar di seluruh dunia, tetapi revisi genus pada tahun 1998 hanya mengidentifikasi 23 spesies bernama. Spesies pohon kina asli Cinchona officinalis, hanya ditemukan tumbuh secara alami di wilayah kecil di Ekuador dan disana tidak dianggap sebagai pohon yang terlalu penting secara medis.

Sejarah tanaman kina dan identifikasi asal usulnya yang tepat masih diperdebatkan. Meski begitu, pohon kina terus dipercaya dan dinilai sebagai obat karena warisan sejarahnya. Saat ini kina juga menjadi pohon nasional negara Peru.

Akhir-akhir ini pohon kina populer karena disebut memiliki kandungan zat senyawa Klorokuin fosfat (Chloroquine phospate) yang dapat menyembuhkan melemahkan dan memperlambat kemampuan virus, termasuk virus paling berbahaya di bumi, COVID-19 atau Coronavirus. Tapi berita ini masih berbau isu karena belum didukung data pengujian lab final dan belum di akui di seluruh dunia.


Ciri Ciri Daun Kina


Ciri Ciri Daun Kina
Source : flickr.com/Forest and Kim Starr

Daun kina berukuran besar, bertangkai daun kemerahan, lanset, panjangnya 30-40 cm dan lebar 8-10 cm.


Ciri Ciri Bunga Kina


Ciri Ciri Bunga Kina
Source : flickr.com/Juan Lazaro Toro Murillo

Bunga kina kecil, muncul bergerombol, memiliki beragam warna, mulai dari putih, merah muda, hingga merah tua.


Ciri Ciri Buah Kina


Ciri Ciri Buah Kina
Source : flickr.com/Laura Nelson

Buah kina berbentuk kapsul panajng, berwarna hijau gelap kekuningan atau hijau cincau, dan berisi banyak biji.




Ciri Ciri Pohon Kina


Ciri Ciri Pohon Kina
Source : bioone.org

Pohon kina tumbuh membentuk semak besar atau pohon kecil dengan dedaunan hijau, ia bisa tumbuh setinggi 10-15 meter di alam liar.

Di Amerika Selatan, populasi alami spesies Cinchona memiliki distribusi yang berbeda secara geografis. Selama abad ke-19, pengenalan beberapa spesies ke dalam budidaya di India dan Indonesia melalui English and Dutch East India Company, mengarah pada pembentukan hibrida.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kina (Cinchona) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel