Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Kesumba Keling (Bixa orellana) Di Alam Liar

Kesumba Keling

Kesumba Keling atau Buah Pikok (Bixa orellana) adalah spesies pohon semak asli dari Amerika Selatan bagian utara dan Meksiko. Saat ini pohonnya tumbuh di banyak negara di seluruh dunia.

Pohon kesumba dikenal sebagai sumber Anato (pewarna makanan berwarna merah) yang diperoleh dari lilin arils bijinya. Selain itu, biji kesumba juga banyak digunakan dalam hidangan tradisional di Amerika Tengah dan Selatan, Meksiko, dan Karibia.



Anato hasil ekstrak biji kesumba kini telah digunakan sebagai pewarna makanan berskala besar / industri untuk menambahkan warna kuning atau oranye ke produk seperti mentega, keju, margarin, es krim, daging, dan bumbu dapur serta penyedap.

Penduduk asli Amerika Utara, Tengah, dan Selatan tak sedikit yang menggunakan biji buah kesumba untuk membuat cat tubuh berwarna merah. Begitupun di Indonesia, anak-anak yang lahir pada tahun 2000 kebawah pasti masing sangat ingat dengan buah yang satu ini, dimana pada masa itu sering dipergunakan untuk pewarna rambut temporer (pikok).


DAUN KESUMBA KELING


Ciri Ciri Daun Kesumba Keling
Source : flickr.com/Ben Caledonia

Daunnya memiliki tangkai panjang, berbentuk setengah lingkaran dibagian pangkal daun dan runcing di ujungnya. Setiap lembar daun memiliki ukuran antara 10-15 cm dan lebar 7-9 cm


BUNGA KESUMBA KELING


Ciri Ciri Bunga Kesumba Keling
Source : flickr.com/Linda De Volder

Bunga kesumba tumbuh di ujung cabang, berwarna putih atau merah muda, berukuran kurang lebih 5 cm dan menyerupai bunga mawar liar.


BUAH KESUMBA KELING


Ciri Ciri Buah Kesumba Keling
Source : flickr.com/Mauricio Mercadante

Buah mirip rambutan, berbentuk bulat atau lonjong, tersusun dalam kelompok-kelompok yang menyerupai polong, dan memiliki duri yang lunak. Setiap buah berisi 30-45 biji berbentuk kerucut yang dilapisi aril berwarna merah darah.




POHON KESUMBA KELING


Ciri Ciri Pohon Kesumba Keling
Source : flickr.com/MBDA.IBDLP

Pohon kesumba tumbuh membentuk semak tinggi abadi yang dapat mencapai ketinggian 5-8 meter.

Pohonnya bisa tumbuh dengan mudah di daerah beriklim subtropis hingga tropis yang bebas dari es atau angin dingin. Ia lebih menyukai area yang lembaban, berdrainase baik, dan tanah yang cukup subur di bawah sinar matahari penuh. Pohon kesumba dapat diperbanyak dengan cara semai biji dan stek batang.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kesumba Keling (Bixa orellana) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel