Artikel Pilihan

Cara Merawat Aglaonema Lipstik

Ciri Ciri Tanaman Aglaonema Lipstik
Sumber: cloudfront.net

Apakah anda suka memelihara tanaman hias Aglaonema lipstik? Aglaonema merupakan tanamana hias yang juga disebut Sri Rejeki. Tanaman ini menjadi salah satu primadona bagi para pecinta tanaman hias karena memiliki nilai estetika yang tidak dimiliki oleh tanaman yang lainnya. Nilai keindahan dari tanaman hias Aglaonema terletak pada daunnya.

Secara umum, ada dua warna pada daun tanaman Aglaonema, yakni hijau pada bagiann tengah dan warna merah di bagian pinggirnya. Selain itu, ada banyak jenis tanaman hias Aglaonema yang terkenal. Salah satunya adalah tanaman hias Aglaonema lipstik. Jenis tanaman Aglaonema yang satu ini juga menjadi jenis Aglaonema yang mudah anda temukan, terutama di Indonesia.

Ada banyak tempat budidaya tanaman hias yang menyediakan tanaman yang satu ini. Bagi anda yang sudah membeli tanaman hias Aglaonema lipstik, anda juga harus tahu bagaimana cara merawatnya.



Cara Merawat Tanaman Hias Aglaonema dengan Benar

Sebenarnya untuk perawatan tanaman hias Aglaonema tidaklah sulit. Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan bagaimana cara merawatnya yang bisa anda terapkan sendiri di rumah. Dengan begitu, tanaman Aglaonema lipstik yang anda miliki akan tumbuh subur dengan daunnya yang semakin indah.

Memilih Media Tanam

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memilih media tanam yang sesuai. Pastikan anda memilih media tanam dengan pH netral yang berkisar kurang lebhi 6 sampai 7. Sebagai campuran, anda bisa menambahkan kompos daun yang anda buat dari sampah organik maupun pasir. Perbandingannya sekitar 3:1.
Ciri Ciri Pohon Aglaonema Lipstik
Sumber: ariefmas.files.wordpress.com

Biasanya, tanaman hias Aglaonema lipstik akan ditanam di pot. Susunlah batu bata maupun pecahan genting pada pot. Baru anda isi dengan media yang telah anda siapkan.

Intensitas Penyiraman

Cara kedua yaitu berkaitan dengan intensitas penyiraman. Pada dasarnya, setiap anda merawat tanaman, maka intensitas penyiraman merupakan bagian yang tidak boleh diabaikan. Termasuk juga ketika memelihara Aglaonema. Media tanam yang diperlukan oleh tanaman Aglaonema lipstik tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah.

Maka dari itu, untuk intensitas penyiramannya bisa anda lakukan cukup sehari sekali. Jangan terlalu berlebihan karena dikhawatirkan bisa membuat kondisi media tanam terlalu lembab yang bisa mempengaruhi pertumbuhan Aglaonema lipstik anda. Hal lain yang tidak kalah penting yakni siramlah dengan air bersih dan bukan air yang sudah tercampur dengan kaporit.

Proses Pemupukan

Sama halnya dengan poin sebelumnya, proses pemupukan yang tepat juga sebenarnya berlaku untuk semua tanaman, termasuk tanaman hias Aglaonema lipstik. Waktu pemberian pupuk pada tanaman yang satu ini yaitu cukup sekali per tiga bulan. Ingat, hanya gunakan pupuk untuk keperluan tanaman hias.

Bagi anda yang masih belum yakin akan menggunakan pupuk apa, bisa anda tanyakan kepada penjual pupuk. Anda bisa memberi tahu bahwa anda membutuhkan pupuk yang khusus digunakan pada tanaman hias. Anda juga dapat memanfaatkan pupuk alami yang bisa anda buat sendiri. Pupuk alami tersebut yakni air cucian beras. Gunakan pupuk hanya pada media tanam dan bukan daun Aglaonema lipsitk tersebut.

Penempatan Tanaman

Cara merawat tanaman hias Aglaonema lipstik yang keempat adalah dengan menempatkannya di tempat yang tepat. Tanaman ini tidak terlalu suka ketika terkena sinar matahari secara langsung karena dapat merusak kulitnya. Tanaman Aglaonema lipstik yang terlalu sering terkena sinar matahari bisa menyebabkan warna pada daun memudar, terbakar, dan kemungkinan besa bisa layu.

Lalu apa yang harus anda lakukan? Anda bisa meletakkan tanaman Aglaonema lipstik anda di teras rumah atau ruangan lainnya yang memiliki akses pencahayaan yang tepat. Selain itu, pastikan ruangan anda tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik.



Perawatan Daun

Cara terakhir di dalam merawat Aglaonema lipstik adalah merawat bagian daunnya. Seperti yang sudah kami terangkan jika keindahan Aglaonema lipstik dan jenis Aglaonema yang lainnya terletak di daun. Pastikan kondisi daun tetap cantik dan mengkilat.
Ciri Ciri Pohon Aglaonema Lipstik
Sumber: ilmubudidaya.com

Untuk cara perawatan daunnya bisa dengan cara-cara di bawah ini:
- Siapkan air bersih, lalu basahi spons. Bisa juga anda siapkan campuran antara air dengan susu bubuk.
- Lap daun Aglaonema lipstik secara merata
Dengan cara-cara demikian, daun Aglaonema lipstik akan tetap cantik dan selalu kinclong.


Begitulah cara-cara merawat Aglaonema lipstik, mudah bukan? Selamat mencoba di rumah, ya!


Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Aglaonema Lipstik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel