Artikel Pilihan

Bonsai Serut Merah Menjadi Idaman Banyak Orang



Ciri Ciri Pohon Bonsai Serut Merah
Sumber: Bukalapak

Tanaman bonsai memang memiliki keunikan tersendiri, bentuknya memang menarik terlebih lagi jika Anda bisa merawat dan menjaganya dengan baik, bonsai ini akan menjadi primadona dan menjadi pusat perhatian para tamu yang datang berkunjung ke rumah Anda. Ini membuat suasana menjadi semakin hidup dengan keberadaan tanaman bonsai.

Salah satu yang menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman hias adalah bonsai Serut Merah. Nama lain dari tanaman ini adalah Chinese Fringe, atau bisa juga Loropetalum. Tanaman yang banyak ditemukan di Cina, Jepang, dan Asia Tenggara ini sangat banyak peminatnya di Indonesia. Ciri khas dari tanaman ini adalah adanya daun dan bunga yang berwarna merah. Batang dan bentuk daunnya masih sama dengan beberapa bonsai lainnya. Daun yang kasar, dan batang yang berwarna keputihan.

Di Indonesia, penyebarannya tidak terlalu banyak, Anda harus sabar menunggu sedikit lebih lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal terutama jika Anda merawatnya sejak berupa bibit. Untuk bonsai serut merah yang sudah besar biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal.



Sebaiknya perhatikan penjelasan di bawah ini, Anda akan mendapat banyak info tentang tanaman bonsai serut:

1. Bunga

Ciri Ciri Pohon Bonsai Serut Merah
Sumber: picuki.com

Bunga dari bonsai serut merah ini mirip dengan bunga dari witch-hazel, berwarna merah, dan hanya dihasilkan selama musim semi berlangsung dan kemudian mengalami sporadis saat musim panas berlangsung. Bunga yang dihasilkan sangat cantik, terdiri dari 4 hingga 6 kelopak dalam satu bunga tergantung jenisnya. Kelopak bunganya berbentuk tali ramping dengan panjang 1 hingga 2 cm.

2. Daun

Daunnya berbentuk oval dengan batang yang berseling. Panjangnya mencapai 1 hingga 2 inci atau 2,5 hingga 5 cm. Lebar daunnya hanya 2,5 cm. Memiliki tekstur yang sedikit kasar Bentuknya bulat telur atau menyerupai lonjong.

Uniknya, daun ini akan berwarna merah anggur saat pertama kali membuka, kemudian semakin lama semakin berubah warnanya menjadi keunguan dan semakin memudar menjadi kehijauan saat musim semi mulai berakhir.

3. Media Tanam

Tanaman yang istimewa seperti ini tentu saja membutuhkan media tanam yang istimewa juga. Bonsai serut merah membutuhkan tanah yang subur, dengan kandungan asam yang sedikit dan juga mendapat suplai sinar matahari secara penuh.

4. Penghias Taman

Selain cocok Anda letakkan di ruangan, ternyata bonsai serut merah jenis seperti ini juga sangat cocok untuk Anda jadikan tanaman hias di taman Anda. Ini akan membangkitkan suasana menarik dan indah di pandang mata. Warnanya yang cerah tentu membuat taman Anda tampak lebih menarik.

Taman Anda akan terlihat berbeda dari taman lainnya, saat ini Anda sudah tidak perlu bingung apakah harus menanam sendiri atau membeli tanaman yang sudah siap. Anda bisa mendapat bonsai serut merah yang sudah besar dan Anda hanya perlu merawatnya saja tanpa perlu menanam dari kecil.

5. Jenis-jenis Bonsai Serut Merah

Ada beberapa jenis dari Bonsai Serut Merah diantaranya seperti
Loropetalum chinense – Jenis ini memiliki dua varietas yaitu varietas dengan bunga putih dan pohonnya setinggi 3,7 meter dan juga varietas bunga merah pohonnya memiliki tinggi 1,5 meter.
Loropetalum flavum – varietas dengan bunga berwarna kuning.
Loropetalum lanceum - varietas dengan bunga berwarna putih pohonnya setinggi 13 meter.
Loropetalum subcordatum – varietas yang memiliki tinggi pohon mencapai 12 meter.



6. Manfaat Bonsai Serut Merah

Tahukah Anda bahwa semua bagian dari tanaman ini memiliki manfaat sebagai pengobatan tradisional asli Tiongkok. Mereka menggunakan semua bagian seperti bunga, daun, hingga akarnya. Diolah sedemikian rupa agar bisa langsung dikonsumsi.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang tanaman bonsai serut merah. Jika Anda tertarik, Anda bisa membelinya di toko tanaman terdekat di rumah Anda. Tapi untuk tanaman yang satu ini sepertinya tidak selalu ada di semua toko. Anda harus ekstra dalam mencarinya. Semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Bonsai Serut Merah Menjadi Idaman Banyak Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel