Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Yellow Birch (Betula alleghaniensis) Di Alam Liar

Yellow Birch

Yellow Birch atau Golden Birch (Betula alleghaniensis) adalah spesies pohon berkayu besar berasal dari Amerika Utara. Pohonnya menjadi ikon provinsi dari Quebec, di Kanada di mana ia biasa disebut Merisier oleh penduduk lokal.

Habitat aslinya membentang dari Newfoundland ke Pulau Prince Edward, Nova Scotia, New Brunswick, Quebec, Ontario, dan sudut tenggara Manitoba di Kanada, kemudian ke Minnesota, dan wilayah selatan Pegunungan Appalachian hingga Georgia utara. Pohon yellow birch tumbuh di zona USDA 3-7 dan pH tanah 4-8.



Pohon yellow birch lebih suka tumbuh pada kondisi yang dingin dan pohonnya sering ditemukan di lereng yang menghadap ke utara, rawa-rawa, tepian sungai, dan hutana. Pohon yellow birch tidak tumbuh dengan baik di daerah kering atau daerah yang panas.

Kayu yellow birch dianggap sebagai kayu penting di AS dan Kanada. Kayu yellow birch banyak digunakan untuk pembuatan lantai kayu, furnitur, kabinet, dan kotak senjata.

Pohon yellow birch terdaftar sebagai flora terancam punah di Illinois (negara bagian Amerika Serikat).


Ciri Ciri Daun Yellow Birch


Ciri Ciri Daun Yellow Birch
Source : flickr.com/Plant Image Library

Daunnya berpasangan, oval, meruncing di ujung, panjangnya 5-13 cm, dan tepinya bergerigi. Pada musim gugur daunnya berubah warna menjadi kuning cerah.


Ciri Ciri Bunga Yellow Birch


Ciri Ciri Bunga Yellow Birch
Source : flickr.com/Blake C. Willson

Bunga jantan dan betina muncul pada pohon yang sama. Bunga jantannya memiliki panjang 2-4 cm, berwarna kuning ungu, terjumbai dan muncul dalam 3-6 kelompok. Sedangkan bunga betinanya tegak, panjangnya 1-3 cm, dan berbentuk oval.


Ciri Ciri Buah Yellow Birch


Ciri Ciri Buah Yellow Birch
Source : flickr.com/Claus Holzapfel

Buahnya matang di musim gugur, panjang, dan biji-bijinya dibungkus alam bracts catkin (mirip buah pinus).


Ciri Ciri Pohon Yellow Birch


Ciri Ciri Pohon Yellow Birch
Source : mlp.arboretum.purdue.edu

Pohon yellow birch berukuran sedang, biasanya berbatang tunggal, tingginya mencapai 15-25 meter dan diameter batangnya 0,6-0,9 meter. Pohonnya sendiri berumur panjang, biasanya 150 tahun dan beberapa spesies liar di hutan dapat hidup selama 300 tahun.

Pohon ywlloe birch dewasa biasanya mulai menghasilkan buah pada usia 40 tahun, tetapi kadang-kadang lebih cepat, yaitu 20. Pohon yangoptimal memproduksi buah ialah pohon dengan usia sekitar 70 tahun.



MANFAAT POHON YELLOW BIRCH :

Yellow birch menghasilkan kayu keras dan tahan lama yang menjadikannya sebagai pohon berharga di Kanasa dan A.S, dan kayunya sering digunakan dalam industri kayu komersil.

Di masa lalu, kayu yellow birch digunakan untuk menyaring alkohol, asetat kapur, dan untuk tar juga minyak.

Cacahan kulit batang kayu yellow birch sangat mudah terbakar, dan ia cocok sebagai pembuaan kayu bakar.

Pohon yellow birch dapat disadap seperti Sugar Maple (Acer saccharum), namun memiliki kandungan gula yang lebih sedikit. Hasil sadapan pohon yellow birch digunakan untuk membuat sirup birch.

Bagian pohon yellow birch banyak digunakan untuk keperluan medis di Amerika Serikat sebagai pembersih darah dan untuk kegunaan lain.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Yellow Birch (Betula alleghaniensis) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel