Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Sonokeling (Dalbergia latifolia) Di Alam Liar

Sonokeling

Sonokeling (Dalbergia latifolia) atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Rosewood, mengacu pada salah satu genus tanaman Dalbergia. Kayu rosewood memiliki warna kecoklatan dengan urat yang lebih gelap bahkan hitam, dan termasuk sebagai kayu yang kuat dan tahan lama.

Pohon sonokeling dihargai di dunia karena memiliki kualitas kayu yang sangat baik (kelas 1). Pohonnya asli dari Indonesia, yang diberi nama ilmiah Dalbergia latifolia. Penyebarannya meliputi India dan beberapa pohon tumbuh di Pakistan.

Selain sonokeling asli Indonesia, beberapa negara memiliki pohon serupa yang juga dijuluki rosewood karena masih bersaudara dengan sonokeling asli, itu adalah Rosewood Madagaskar (Dalbergia maritima) yang umum dikenal sebagai Bois de rose, kemudian Rosma Burma (Dalbergia cultrata), Rosewood Malaysia (Dalbergia oliveri), dan yang terakhir Rosewood Nikaragua (Dalbergia retusa) atau nama populernya Cocobolo.



Tidak semua spesies pohon dari genus Dalbergia menghasilkan kayu yang kuat, hanya ada sekitar 10-12 spesies yang menghasilkan kayu berkualitas baik.

Dalam dunia perdagangan kayu, nama rosewood atau sonokeling banyak digunakan hanya untuk menyebut nama sifat kayu yang kuat seperti sonokeling asli. Beberapa kayu dari pohon yang sama sekali tidak berkerabat dengan sonokeling namun sering disebut sonokeling termasuk Rosewood Bolivia (Machaerium scleroxylon), Angsana (Pterocarpus indicus), Mahoni Australia (Dysoxylum fraserianum), dan Akasia Hitam Australia (Acacia melanoxylon) yang kesemuanya memiliki kualitas kayu setara dengan kayu jati namun dengan harga yang lebih murah.


Ciri Ciri Daun Sonokeling


Ciri Ciri Daun Sonokeling
Source : flickr.com/Dinesh Valke

Daun sonokeling majemuk, menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tak sama ukurannya. Anak daun berbentuk menumpul, hijau di atas dan keabu-abuan di sisi bawahnya.


Ciri Ciri Bunga Sonokeling


Ciri Ciri Bunga Sonokeling
Source : flickr.com/Cerlin Ng

Bunganya kecil, berukuran panjang sekitar 0,5-1 cm dan tumbuh bergerombol dalam malai.


Ciri Ciri Buag Sonokeling


Ciri Ciri Buah Sonokeling
Source : flickr.com/Dinesh Valke

Buahnya polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal dan ujungnya. Berisi 1-4 butir biji kecoklatan.


Ciri Ciri Pohon Sonokeling


Ciri Ciri Pohon Sonokeling
Source : flickr.com/Dinesh Valke

Pohon sonokeling dapat tumbuh setinggi 30-40 meter dengan diameter batang mencapai 2 meter, dan tajuknya lebat membentuk kubah.

Di Indonesia, pohon sonokeling hanya didapati tumbuh liar di hutan-hutan Jawa Tengah dan Jawa Timur pada ketinggian 600 m dpl, terutama di tanah berbatu, tidak subur, dan kering. Pohonnya tumbuh berkelompok, tetapi tidak terlalu banyak.



Semua pohon yang menghasilkan kayu sonokeling atau rosewood memiliki kualitas yang sangat baik dan seringkali digunakan untuk membuat furnitue mahal, alat musik, lantai kayu, dll.

Sayangnya, pohon sonokeling atau rosewood di seluruh dunia akhir-akhir ini memburuk (berkurang drastis) karena banyaknya eksploitasi berlebihan. CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) bergerak untuk melindungi pohon-pohon sonokeling atau rosewood liar yang paling diperdagangkan di dunia dengan menempatkan sekitar 300 spesies di bawah pembatasan perdagangan.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Sonokeling (Dalbergia latifolia) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel