Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Kenari / Bangkal (Nauclea orientalis) Di Alam Liar

Kenari

Kenari atau Bangkal (Nauclea orientalis) adalah spesies pohon dalam keluarga Rubiaceae, asli dari Asia Tenggara dan Australia. Di internasional, pohonnya dikenal dengan nama Leichhardt tree, Cheesewood, dan Canes cheesewood.

Pohon kenari pertama kali dideskripsikan sebagai genus Cephalanthus oleh Carl Linnaeus dalam edisi pertama Species Plantarum, tapi dipindahkan ke genus Nauclea dalam edisi kedua tahun 1762.



Ia termasuk salah satu pohon besar yang ditanam sebagai pohon hias karena menghasilkan bunga putih yang indah. Di Australia, buahnya dimakan oleh penduduk lokal meskipun rasanya sangat pahit. Seangkan di Filipina, kulit kayunya dipakai untuk bahan obat tradisional, racun ikan, dan pewarna pakaian.


Ciri Ciri Daun Kenari


Ciri Ciri Daun Kenari
Source : flickr.com/tanetahi

Daunnya halus, berbentuk bulat telur, panjangnya sekitar 7-30 cm dan lebar 4-18 cm. Permukaan atasnya berwarna hijau mengkilap, dan sisi bawah berwarna kekuningan.


Ciri Ciri Bunga Kenari


Ciri Ciri Bunga Kenari
Source : flickr.com/Huuvinh Dang

Bunga kenari harum, kecil, berbentuk bulat, berwarna oranye, dan dengan benang sari putih yang mengelilinginya. Mekar dari bulan September hingga Januari di Australia, dan Agustus hingga Oktober di Filipina.


Ciri Ciri Buah Kenari


Ciri Ciri Buah Kenari
Source : flickr.com/Russell Cumming

Buahnya berbentuk bulat atau lonjong seukuran bola golf atau diameter 4-5 cm. Saat masih muda berwarna hijau dan ketika masak berubah cokelat, setiap buah kenari masing-masing berisi satu biji.




Ciri Ciri Pohon Kenari


Ciri Ciri Pohon Kenari
Source : commons.wikimedia.org/Mark Marathon

Pohon kenari dapat tumbuh maksimal mencapai ketinggian 30 meter di alam liar. Kulit batangnya berwarna keabu-abuan sampai coklat kemerahan dan pecah-pecah.

Pohonnya sendiri banyak ditemukan tumbuh pada ketinggian 0-500 m dpl pada area yang agak lembap seperti rawa-rawa dan hutan sekunder. Penyebarannya meliputi Australia Utara, Papua Nugini, Filipina, Myanmar, dan Thailand. Pohon kenari juga satu-satunya spesies Nauclea yang tumbuh di Australia.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kenari / Bangkal (Nauclea orientalis) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel