Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Gandaria (Bouea macrophylla) Di Alam Liar

Gandaria

Gandaria (Bouea macrophylla) adalah spesies tanaman berbuah dari keluarga Anacardiaceae, asli Indonesia, Malaysia, Burma, Thailand, dan Laos.

Pohon gandaria dibudidayakan secara komersial di Asia Tenggara. Daun muda dan buahnya bisa dimakan dalam kondisi segar atau di olah menjadi makanan. Pohon ini juga dapat digunakan sebagai tanaman hias dan tanaman peneduh karena dapat tumbuh rindang dan berdaun lebat.



Di Thailand, pohon gandaria disebut dengan nama Maphrang, di Burma Mayan-thi, di Vietnam Thanh trĂ , dan di Jawa dikenal dengan nama lokal Jatake.


Ciri Ciri Daun Gandaria


Ciri Ciri Daun Gandaria
Source : flickr.com/Yeoh Yi Shuen

Daunnya berbentuk lanset sampai bulat panjang, panjangnya berkisar antara 13-45 cm dan lebar 5-7 cm.


Ciri Ciri Buah Gandaria


Ciri Ciri Buah Gandaria
Source : flickr.com/LTR Farm

Buah gandaria berwarna hijau saat masih mentah dan ketika matang menjadi oranye atau kuning, berdiameter 2-5 cm, dan bijinya berwarna merah muda. Rasanya manis agak asam mirip dengan Mangga Alponso (Mangifera indica 'Alphonso').

Di Indonesia pohon gandaria berbunga pada bulan Juni hingga November, dan buahnya muncul dari bulan Maret hingga Juni.




Ciri Ciri Pohon Gandaria


Ciri Ciri Pohon Gandaria
Source : tropicalfruitforum.com & fruitlovers.com

Pohon gandaria dapat tumbuh mencapai ketinggian 25-27 meter dan lingkar batang hingga 60 cm. Dari kejauhan, pohonnya nampak seperti pohon mangga, berdaun besar, lebat, dan batangnya tegak lurus.

Di alam liar, pohon gandaria biasanya mendiami area teduh, ia kadang ditemukan di hutan tepi sungai atau rawa. Kehadiran pohonnya sekarang sudah jarang di alam liar (langka), namun masih ada sebagian penjual tanaman yang membudidayakan pohon ini, meskipun harga jual bibitnya cukup mahal.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Gandaria (Bouea macrophylla) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel