Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Bintaro (Cerbera manghas) Di Alam Liar

Bintaro

Bintaro (Cerbera manghas) spesies pohon yang tumbuh di pesisir pantai dan penyebarannya mulai dari Seychelles di Samudra Hindia ke arah timur ke Polinesia Prancis.

Pohon bintaro telah diperkenalkan ke Hawaii dan daerah tropis lainnya termasuk Indonesia sebagai tanaman hias. Meskipun pohon bintaro dianggap tanaman hias, namun ia juga tergolong sebagai pohon beracun mematikan, terutama dibagian daun dan buahnya.

Daun dan buahnya mengandung cardiac glycoside cerberin, yang sangat beracun jika tertelan atau dikondumsi. Bahkan orang-orang di masa lalu menggunakan getah pohon bintaro sebagai racun untuk berburu binatang.



Di Madagaskar, biji buah bintaro digunakan dalam percobaan yang disebut tangena, dengan hasil yang sering mematikan. Dilaporkan Whistler WA 1992, bahwa buah bintaro dipakai untuk bunuh diri di Kepulauan Marquesas.

Lain halnya dengan di Madagaskar, di Madagaskar zaman dahulu buah bintaro digunakan dalam untuk meracuni raja dan ratu. Karena terlalu berbahayanya buah ini, beberapa daerah di dunia seperti Hawaii menyebut buah bintaro dengna julukan "apel bunuh diri".


Ciri Ciri Daun Bintaro


Ciri Ciri Daun Bintaro
Source : flickr.com/JJ-Merry

Daunnya besar, berwarna hijau gelap mengkilap, tersusunan spiral, dan berbentuk bulat telur.


Ciri Ciri Bunga Bintaro


Ciri Ciri Bunga Bintaro
Source : flickr.com/Siddarth Machado

Bunga bintaro beraroma harum, berwarna putih, pink atau merah, memiliki tubular lima lobed putih dan dengan diameter corolla sekitar 3 sampai 5 cm.


Ciri Ciri Buah Bintaro


Ciri Ciri Buah Bintaro
Source : flickr.com/wan_hong

Buah bintaro berbentuk telur dengan tangkai buah yang panjang, buahnya berukuran panjang sekitar 5-10 cm, dan berwarna hijau ketika masih mentah kemudian merah setelah matang.


Ciri Ciri Pohon Bintaro


Ciri Ciri Pohon Bintaro
Source : flickr.com/翁明毅

Pohon bintaro dapat tumbuh sampai ketinggian 10 hingga 12 meter di alam liar. Pohonnya menempati habitat pesisir dan banyak ditemukan di hutan bakau.



Daun, buah, dan getah dari pohon bintaro benar-benar sangat beracun dan wajib dihindari. Penggunaannya sebagai tanaman hias atau tanaman peneduh pun seharusnya tidak dilakukan mengingat efeknya yang cukup fatal apabila terkonsumsi manusia secara sengaja maupun tidak sengaja.

Sekedar informasi, nama ilmiah Pohon Bintaro awalnya "Cerberus" itu diambil dari nama anjing berkepala tiga (anjing neraka) dalam mitologi Yunani.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Bintaro (Cerbera manghas) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel