Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Ashoka (Saraca asoca) Di Alam Liar

Ashoka

Asoka atau Ashoka (Saraca asoca) adalah spesies tanaman yang tumbuh berbentuk pohon sedang dan sangat penting dalam tradisi budaya India dan daerah-daerah yang berdekatan.

Pohon ashoka asli sering dibingungkan dengan pohon ixora, namun keduanya memiliki perbedaan yang jelas terlihat dari postur fisik pohon dan bunga yang dihasilkan.

Pohon ashoka memiliki bentuk pohon formal yang mana ia bisa tumbuh setinggi 15 meter di alam liarnya, sedangkan pohon ixora umumnya tumbuh membentuk semak.

Perbedaan Bunga Ashoka dan Ixora
Perbedaan Bunga Ashoka dan Ixora

Ashoka ialah satu dari sekian pohon yang tumbuh di hutan hujan. Distribusi aslinya berada di daerah tengah dataran tinggi Deccan, serta bagian tengah Ghat Barat di zona pesisir barat anak benua India.

Pohon ashoka dihargai karena dedaunannya yang indah dan bunga yang harum. Ini adalah pohon tegak dengan daun hijau tua yang tumbuh padat.

Sebagai spesies pohon ashoka liar saat ini terancam punah dan semakin langka di habitat aslinya. Tetapi pohon-pohon yang terisolasi masih dapat ditemukan di beberapa daerah seperti kaki bukit Himalaya tengah dan timur, India utara, dan di pantai barat anak benua dekat Mumbai.

SEJARAH POHON ASHOKA

Pohon ashoka dianggap suci di seluruh anak benua India, terutama di India, Nepal, dan Sri Lanka. Pohonnya memiliki banyak mitologi, cerita rakyat, agama, dan sastra di wilayah tersebut. Sangat dihargai juga karena penampilannya yang indah dan warna serta kelimpahan bunganya, pohon-pohon ashoka sering ditemukan di kompleks dan taman istana kerajaan serta kuil-kuil di seluruh India. Diyakini Buddha Shakyamuni lahir di bawah pohon ashoka di Taman Lumbini.


Ciri Ciri Daun Ashoka


Ciri Ciri Daun Ashoka
Source : flickr.com/Dinesh Valke

Daunnya tumbuh bergantian, menyirip, berisi 4-6 pasang, dan panjangnya sekitar 18-20 cm.


Ciri Ciri Bunga Ashoka


Ciri Ciri Bunga Ashoka
Source : flickr.com/Alison Klein

Bunganya berwarna oranye atau merah, biasanya muncul kompak hingga memadati hampir seluruh kanopi pohonnya.


Ciri Ciri Pohon Ashoka


Ciri Ciri Pohon Ashoka
Source : flickr.com/santoshat60

Pohon ashoka dapat tumbuh setinggi 10 hingga 15 meter di alam liarnya dan memiliki banyak cabang. Pohonnya sering tumbuh tegak dengan dedaunan rindang dan nampak kokoh.

Diluar India dan negara asalnya, pohon ashoka digunakan sebagai tanaman hias. Sedangkan di Sri Lanka, kayu ashoka digunakan untuk kontruksi dan kulit batangnya digunakan untuk mengobati infeksi rahim.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Ashoka (Saraca asoca) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel