Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Takokak (Solanum torvum) Di Alam Liar

Takokak

Takokak atau Tekokak (Solanum torvum) adalah tanaman semak berduri yang digunakan dalam hortikultura sebagai batang bawah untuk budidaya terong. Hal tersebut dilakukan karena batang bawah tanaman takokak sangat tahan penyakit, sehingga memungkinkan tanaman terong dapat tumbuh lebih kuat.

Pohon takokak berasal dari Florida dan Alabama selatan. Karena penyebaran dan pertumbuhannya yang cepat, dibeberapa daerah takokak justru dianggap sebagai gulma.

Ia pertama kali diperkenalkan dan dinaturalisasi di seluruh Afrika tropis, Asia, Australia, dan Kepulauan Pasifik termasuk Hawaii, Guam, dan Samoa di Amerika.



Di Jamaika, pohon takokak disebut Susumba atau Gully beans, dan biasanya dimasak dalam hidangan bersama dengan ikan asin dan ackee. Ini diyakini penuh dengan zat besi (nyatanya itu memang memiliki zat besi) dan dikonsumsi ketika seseorang sedang mengalami kekurangan zat besi.

Selain nama populernya, takokak juga memiliki nama-nama sinonim yang diakui di dunia seperti Turkey berry, Prickly nightshade, Shoo-shoo bush, Wild eggplant, Pea eggplant, Pea aubergine, Susumber, Terongan, Tekokak, dan Rimbang.

SEJARAH KEPERCAYAAN TAKOKAK

Umat Hindu percaya bahwa buah takokak melantunkan 'Govinda-Govinda' setelah ditelan dalam perut seseorang selama 15 hari sebelum pencernaan dan berkontribusi terhadap kesejahteraan secara keseluruhan.

Konon, buah takokak juga digunakan dalam ritual Voodoo Haiti.

Pohon takokak biasanya tumbuh di dataran tinggi yang menerima curah hujan tahunan sekitar 1.000-4.000 mm. Ia juga tumbuh di zona riparian di daerah yang lebih kering. Pohonnya mampu hidup di semua jenis tanah yang lembab dan subur pada 0 hingga 2.000 m dpl.

Tapi, takokak tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh dan dengan tempat bernuansa teduh atau sejuk, tetapi ia tidak dapat hidup di bawah naungan pohon-pohon besar seperti halnya di hutan lembap yang tertutup.


Ciri Ciri Daun Takokak


Ciri Ciri Daun Takokak

Daunnya berlawanan atau satu per node, berbentuk bulat telur dengan tepi melengkung runcing. Panjang tangkai daun adalah 1-6 cm dan bilahnya berukuran 7-18 cm dan ditutupi dengan bulu-bulu halus.


Ciri Ciri Bunga Takokak


Ciri Ciri Bunga Takokak

Bunganya berwarna putih, berbentuk tabung dengan 5 lobus lancip, dan dikelompokkan dalam cymmbiform cymes. Pohon takokak berbunga dan berbuah terus menerus tanpa mengenal musim saat pohonnya sudah beranjak dewasa dengan ketinggian sekitar 1 hingga 1,5 meter.


Ciri Ciri Buah Takokak


Ciri Ciri Buah Takokak

Buah takokak tumbuh bergerombol. berbentuk bulat kecil berwarna hijau (diameter sekitar 1 cm), dan buah tersebut akan menjadi kuning saat matang.


Ciri Ciri Pohon Takokak


Ciri Ciri Pohon Takokak

Pohon takokak tumbuh secara berkelompok, dan membentuk semak belukar dengan ketinggian maksimalnya 3 meter, jarang yang sampai 5 meter. Rantingnya berwarna abu-abu kehijauam, berduri, dan ditutupi dengan bulu halus.

Umumnya ia sering terlihat di pinggir jalan, lahan kosong, padang rumput, dan tepi sungai atau rawa.



MANFAAT POHON TAKOKAK :

Takokak mengandung sejumlah bahan kimia yang berpotensi aktif secara farmakologis termasuk steroid sapogenin klorogenin.

Ekstrak buah takokak sangat mematikan bagi tikus dengan menekan jumlah eritrosit, leukosit dan trombosit dalam darah mereka.

Ekstrak tanaman takokak bermanfaat dalam pengobatan hiperaktif, pilek, batuk, jerawat, penyakit kulit, dan kusta.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Takokak (Solanum torvum) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel