Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Pinus Blackjack (Pinus ponderosa) Di Alam Liar

Pinus Blackjack

Pinus Blackjack atau Western Yellow Pine (Pinus ponderosa) adalah spesies pohon pinus besar yang memiliki habitat variabel di daerah pegunungan Amerika Utara dan sebagai salah satu pohon pinus yang paling banyak didistribusikan di Amerika Utara.

Pohon pinus blackjack pertama kali didokumentasikan dalam sains modern pada tahun 1826 di Washington timur dekat Spokane (sekarang merupakan pohon kota resmi).

Pada waktu itu, David Douglas salah mengidentifikasikannya sebagai Pinus resinosa (pinus merah). Lalu, di tahun 1829 Douglas menyimpulkan ulang bahwa ia memiliki pinus baru di antara spesimennya dan menciptakan nama baru, yaitu Pinus ponderosa.

Di tahun 1836, itu secara resmi dinamai dan dijelaskan oleh Charles Lawson, seorang pembibitan Skotlandia. Saat ini pinus blackjack menjadi pohon resmi negara bagian Montana, AS.




Sejauh penelitian kehutanan modern, telah mengidentifikasi beberapa pohon pinus blackjack dengan taksa berbeda dari Pinus ponderosa. Tujuh di antaranya telah disebut "ras geografis" dalam literatur kehutanan. Ahli-alhi botani secara historis memperlakukan beberapa ras geografis tersebut sebagai spesies yang berbeda, diantaranya :


  • Pinus ponderosa subsp. brachyptera - Penyebarannya meliputi Colorado selatan, Utah selatan, utara dan tengah, New Mexico, Arizona, Texas barat, dan satu populasi terpisah di Oklahoma barat laut.
  • Pinus ponderosa subsp. critchfieldiana - Penyebarannya meliputi pantai barat Washington, Oregon barat, dan California.
  • Pinus ponderosa var. pacifica - Penyebarannya meliputi lereng pegunungan kering di di California, Oregon barat daya, dan Washington. Ia tumbuh pada ketinggian mulai dari 100 hingga 2.700 mdpl.
  • Pinus ponderosa subsp. ponderosa - Penyebarannya meliputi Southeast British Columbia, Washington bagian timur dan Oregon bagian timur mulai dari Cascade Range, timur laut California pada ketinggian 1.200-1.900 m m dpl, Arizona, Nevada barat laut, Idaho, Helena barat, dan Montana.
  • Pinus ponderosa subsp. readiana - Penyebarannya meliputi Dakota selatan dan Nebraska utara yang berbatasan dengan Colorado timur.
  • Pinus ponderosa var. scopulorum - Penyebarannya meliputi Helena timus, Montana, Dakota utara & selatan, Wyoming, Nebraska, Colorado utara, Utah utara & tengah, dan Nevada timur.
  • Pinus ponderosa var. washoensis - Penyebarannya meliputi timur laut California, Nevada, dan Oregon pada ketinggian 2.000-3.000 m dpl.



Ciri Ciri Daun Pinus Blackjack


Ciri Ciri Daun Pinus Blackjack
Source : flickr.com/Multivac42

Daunnya menyerupai bentuk jarum (runjung) dengan panjang sekitar 18-20 cm, fleksibel, dan berwarna hijau kekuningan atau kuning.


Ciri Ciri Buah Pinus Blackjack


Ciri Ciri Buah Pinus Blackjack
Source : flickr.com/J. Maughn

Buahnya berbentuk cone khas buah pohon pinus pada umumnya.


Ciri Ciri Pohon Pinus Blackjack


Ciri Ciri Pohon Pinus Blackjack
Source : flickr.com/Drew Avery

Pinus blackjack ialah pohon konifer yang umumnya tumbuh di dataran tinggi dan lahan terbuka yang luas. Pohon dewasanya memiliki kulit batang sangat kasar, retak-retak, dan berwarna kemerahan di antara celah-celah retakan hitam. Sedangkan pohon yang masih muda muda memiliki kulit batang coklat kehitaman.

Seperti kebanyakan pohon pinus barat, pinus blackjack umumnya dikaitkan dengan topografi pegunungan. Namun, nyatanya pohon pinus blackjack juga ditemukan tumbuh di tepi Sungai Niobrara, Nebraska. Penyebaran yang tersebar terjadi di Willamette Valley of Oregon yang berada di daerah Okanagan Valley dan Puget Sound di Washington bawah ketinggian 1.300 m dpl.



Di Black Hills of South Dakota, pohon pinus blackjack mencakup area 1 juta hektar, atau 80%. Di Arizona, pinus blackjack mendominasi area pertumbuhan pohon besar di Mogollon Rim dan tersebar di Mogollon Plateau di pegunungan Arizona dan New Mexico. Namun tidak meluas hingga ke Meksiko.

Pohon pinus blackjack juga sering digunakan sebagai pohon hias pekarangan, taman, dan objek pohon bonsai karena karakteristik pohonnya yang kokoh dan usianya yang panjang.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Pinus Blackjack (Pinus ponderosa) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel