Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Kayu Keramat (Podocarpus polystachyus) Di Alam Liar

Kayu Keramat

Kayu keramat (Podocarpus polystachyus) adalah spesies tanaman dalam keluarga Podocarpaceae. Ini adalah pohon tropis yang berasal dari Asia selatan dan Oseania.

Pohon kayu keramat tumbuh di wilayah pesisir Asia Tenggara, terutama di Papua. Ini adalah salah satu dari sedikit pohon runjung yang dapat tumbuh di hutan bakau, juga di pantai atau di sela-sela karang dan bebatuan. Di Indonesia, pohon ini disebut sebagi Kayu Keramat, dan di negara berbahasa Inggris disebut Sea Teak Pine.



Selain nama Podocarpus polystachyus, atau botani yang sah, pohon keramat juga memiliki banyak nama sinonim yang dikenal, seperti :

  • Nageia polystachya
  • Margbensonia polystachya
  • Podocarpus thevetiifolius
  • Podocarpus polystachyus var. thevetiifolius
  • Podocarpus polystachyus subsp. thevetiifolius
  • Nageia thevetiifolia
  • Margbensonia thevetiifolia



Ciri Ciri Daun Kayu Keramat


Daun Kayu Keramat
Source : natureloveyou.sg

Daunnya panjang 6-13 cm dan lebar 3-10 cm di pohon yang masih muda, dan mengalami ovisasi pada pohon yang lebih tua.


Ciri Ciri Buah Kayu Keramat


Buah Kayu Keramat
Source : natureloveyou.sg

Pohon jantannya memiliki buah kerucut atau "cone" berwarna agak kekuningan, yang menghasilkan serbuk sari berwarna keputihan. Sedangkan pohon betinanya memiliki buah yang sangat bervariasi.


Ciri Ciri Pohon Kayu Keramat


Pohon Kayu Keramat
Source : blogspot.com

Tinggi pohon kayu keramat ini mencapai dari 1-20 meter, kulit batangnya berwatna coklat kemerahan. Dari bentuk fisik, pohon ini sangat mirip dengan Lohansung (Podocarpus macrophyllus).

Kayu dari pohon keramat sering dieksploitasi untuk dijadikan mebel dan furnitur mahal. Sedangkan pohon hidupnya banyak ditanam sebagai tanaman hias atau pohon peneduh tepi jalan, terutama di Singapura.




Pohon kayu keramat juga tak jarang digunakan sebagai obyek pohon bonsai di Asia Tenggara.

Sayangnya pohon kayu keramat kini masuk dalam daftar pohon yang dilindungi karena ia terancam punah, bahkan sangat jarang tumbuh di habitat asalnya.

Itu berarti siapapun dilarang untuk menebang pohon ini dari alam liar. Pembudidayaan sangat diperlukan untuk menjaga eksistensi pohon kayu keramat di alam liar.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kayu Keramat (Podocarpus polystachyus) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel