Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Henbane (Hyoscyamus niger) Di Alam Liar

Henbane.

Henbane (Hyoscyamus niger) adalah tanaman bunga beracun dalam keluarga Solanaceae, yang berasal dari Eurasia, dan sekarang telah didistribusikan secara global sebagai tanaman untuk keperluan farmasi.

Saat ini henbane termasuk dalam tanaman yang terancam punah menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN).



Dulunya, henbane digunakan dalam pengobatan herbal tradisional untuk mengobati penyakit tulang, rematik, sakit gigi, asma, batuk, penyakit saraf, dan sakit perut. Mungkin juga digunakan sebagai analgesik, obat penenang, dan narkotika dalam beberapa budaya.

Zat yang terkandung dalam dedaunan dan biji henbane meliputi Hyoscyamine, Scopolamine, dan Alkaloid Tropane (0,03 hingga 0,28%).

Daun dan Bunga Henbane

Efek dari mengonsumsi henbane adalah halusinasi, pupil melebar, gelisah, kulit memerah, hipertensi, hiperpireksia, ataksia, hingga kejang. Efek awal biasanya berlangsung selama tiga hingga empat jam, sedangkan efek setelahnya dapat berlangsung hingga tiga hari.

Jika penggunaan dilanjutkan dihari berikutnya, efek samping yang akan dialami adalah kekeringan di mulut, kebingungan, gangguan gerak, rabun jauh, dan lupa ingatan. Penggunaan diluar takaran (Overdosis) bisa menyebabkan delirium, koma, gangguan pernapasan, dan kematian.

Baru-baru ini, penggunaannya dalam Neolitik Skotlandia telah diperdebatkan.




Pohon henbane secara historis digunakan dalam pembuatan minuman keras yang dicampur dengan beragam tanaman mematikan lainnya seperti Dudaim (Mandragora officinarum), Nightshade, dan Kecubung (Datura metel). Sifat-sifat psikoaktif ini dapat menyebabkan pengguna yang mengonsumsi mengalami halusinasi visual dan sensasi terbang.

Awalnya henbane hanya digunakan oleh orang-orang kuno di benua Eropa, Asia, dan Arab. Lalu, itu menyebar ke Inggris pada abad pertengahan.

SEJARAH POHON HENBANE

Penggunaan henbane oleh orang Yunani kuno didokumentasikan oleh Pliny, yang mengatakan "itu dari sifat anggur dan karena itu menyinggung pengertian", kemudian Dioscorides (seorang dokter Yunani, jaman kaisar Nero) merekomendasikan khasiatnya untuk digunakan sebagai obat penenang dan analgesik.

Tanaman henbane juga konon digunakan sebagai fumigan untuk tujuan magis. Albertus Magnus, dalam karyanya "De Vegtabilibusm" (1250), melaporkan bahwa ahli nujum menggunakan henbane untuk memohon kepada jiwa-jiwa orang mati dan setan.

Pohon Henbane

Tumbuhan ini tercatat sebagai Herba Apollinaris, yang digunakan untuk menghasilkan ramalan oleh para pendeta di Apollo.

Sejak zaman kuno henbane sudah di-ibliskan, tepatnya sejak abad pertengahan akhir, ketika ia menjadi tidak terpisahkan terkait penggunaannya untuk sihir dan kejahatan.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Henbane (Hyoscyamus niger) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel