Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Kembang Merak (Caesalpinia pulcherrima) Di Alam Liar

Bunga Kembang Merak

Kembang merak (Caesalpinia pulcherrima) adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Fabaceae, yang berasal dari daerah tropis dan subtropis di Amerika. Banyak yang menyebutkan juga bahwa kemungkinan tanaman ini asli Hindia Barat, tetapi asal pastinya tidak diketahui karena pembudidayaannya yang luas.

Nama umum diberbagai negara untuk menamai spesies ini termasuk Poinciana, Peacock Flower, Red Bird of Paradise, Mexican Bird of Paradise, Dwarf Poinciana, Pride of Barbados, Flos Pavonis, dan Flamboyant-de-jardin. Di Hawaii pohon ini disebut 'ohai ali'i.



Bunga dari pohon kembang merak menjadi bunga nasional pulau Karibia di Barbados, dan digambarkan di sudut kiri dan kanan bendera Barbadian milik Ratu Elizabeth II.

SEJARAH POHON KEMBANG MERAK

Maria Sibylla Merian, seorang seniman abad ke-17, menjumpai tanaman ini di koloni Belanda di Suriname. Dalam karyanya, Metamorphosis insectorum Surinamensium, Merian mencatat bahwa budak Afrika dan penduduk asli India menggunakan bunga merak sebagai abortifasien dalam praktik pengobatan tradisional mereka. Maria menulis:
Orang India, yang tidak diperlakukan dengan baik oleh orang Belanda, menggunakan biji kembang merak untuk meng9ugurkan kandungan, sehingga anak-anak mereka tidak akan menjadi budak seperti mereka. Budak kulit hitam dari Guinea dan Angola menuntut diperlakukan dengan baik, mengancam akan menolak memiliki anak. Mereka sendiri yang mengatakan ini kepada saya.

Selain kisah dari Maria Sibylla Merian, daun, bunga, kulit kayu, dan biji pohon kembang merak juga digunakan oleh orang Indian di Amerika dalam pengobatan tradisional sebagai ab00rsi dan untuk bunuh diri oleh orang-orang yang diperbudak.


Ciri Ciri Daun Kembang Merak


Ciri Ciri Daun Kembang Merak

Daunnya bipinnate, panjang 20-40 cm, membawa tiga hingga 10 pasang pinnae, masing-masing dengan enam hingga 10 pasang selebaran dengan panjang 15-25 mm dan lebar 10-15 mm.


Ciri Ciri Bunga Kembang Merak


Ciri Ciri Bunga Kembang Merak

Bunganya tumbuh dalam bentuk ras hingga 20 cm, masing-masing bunga dengan kelopak kuning, oranye, atau merah.


Ciri Ciri Buah Kembang Merak


Ciri Ciri Buah Kembang Merak

Buahnya polong dengan panjangnya 6-12 cm dan bijinya beracun.


Ciri Ciri Pohon Kembang Merak


Ciri Ciri Pohon Kembang Merak

Pohon kembang merak berbentuk semak yang tumbuh setinggi 2-3 meter. Dalam di iklim dingin (dengan sedikit atau tanpa es), tanaman ini bisa tumbuh lebih besar dan semi-evergreen. Di Hawaii, pohon kembang merak tumbuh lebih dari 5 meter.

Pohon kembang merak bisa tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis. Spesies ini lebih sensitif terhadap dingin daripada yang lain.



Kembang merak adalah spesies yang paling banyak dibudidayakan dalam genus Caesalpinia. Ini adalah tanaman hias yang mencolok, banyak ditanam di tepi jalan, taman, dan pekarangan rumah di daerah beriklim hangat dengan musim dingin yang ringan. Pohon kembang merak akan menghasilkan perbungaan yang indah dengan warna kuning, merah, dan oranye cerah. Ukuran pohonnya yang kecil dan fakta bahwa pohon ini kuat dari pemangkasan menjadikannya tanam yang juga cocok untuk pagar hidup.

Dalam budidaya di Inggris, tanaman ini telah mendapatkan penghargaan "Award of Garden Merit" dari Royal Horticultural Society.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kembang Merak (Caesalpinia pulcherrima) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel