Artikel Pilihan

Cici Ciri Pohon Gharqad (Nitraria retusa) Di Alam Liar

Pohon Gharqad

Gharqad (Nitraria retusa) adalah spesies pohon yang tumbuh di wilayah gurun di Palestina dan Israel. Namun dikutip dari Wikipedia, asal-muasal pohon gharqad ini dari padang pasir di daerah Afrika utara, dimana ia tumbuh di suksesi primer di bukit pasir yang tandus.

Pohon gharqad termasuk salah satu dari sejumlah pohon gurun yang toleran terhadap tanah dengan kandungan garam yang tinggi. Itu terbukti karena masyarakat sekitar pohon sering mengolah pohon gharqad sebagai sumber garam.




Dalam sejarah Islam dijelaskan bahwa pohon gharqad adalah tempat di mana orang-orang Yahudi akan bersembunyi dari kejaran umat Islam.

POHON GHARQAD DALAM ISLAM

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Kiamat tidak terjadi hingga kaum muslimin memerangi Yahudi. Kaum muslimin akan membunuh mereka semua hingga orang Yahudi bersembunyi di belakang batu dan pohon. Maka, batu dan pohon itu pun berkata, 'Wahai muslim, wahai hamba Allah, ini orang Yahudi ada di belakangku, bunuhlah ia!' Kecuali gharqad, sebab ia termasuk pohon orang Yahudi." (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits ini dipercaya, bahwa peperangan Islam melawan Yahudi pasti terjadi karena adanya pengabaran dari Rasulullah tentang peristiwa ini.

Di Oasis Moghra (daerah terpencil tak berpenghuni di bagian timur laut Qattara Depresi di Gurun Barat Mesir), pohon gharqad memainkan peran penting dalam stabilisasi bukit pasir. Ini adalah pohon dominan di beberapa zona padang pasir yang tumbuh membentuk gundukan yang dikenal sebagai 'Nabkhas'.



Ciri Ciri Daun Gharqad


Daun Gharqad
Source : flickr.com/naturgucker.de

Daunnya berdaging (skulen), berganti daun dan warna (gugur hijau-abu-abu kebiruan), berbentuk baji atau sabit, dengan seluruh margin berukuran 10-15 mm.

Dari kejauhan, pohon gharqad yang sedang di musim gugur tampak memiliki dedaunan berwarna putih, namun saat musim lainnya berwarna hijau kebiruan.


Ciri Ciri Bunga Gharqad


Bunga Gharqad
Source : westafricanplants.senckenberg.de

Bunganya harum, berwarna keputih-putihan atau kehijauan, dan memiliki tangkai pendek.


Ciri Ciri Buah dan Buah Gharqad


Buah Gharqad
Source : morocco-birding.com

Buahnya berwarna merah, berbentuk kecil dan bisa dimakan. Sedangkan biji buahnya berbentuk segitiga berukuran 5-10 mm.


Ciri Ciri Pohon Gharqad


Pohon Gharqad
Source : flora.org.il

Pohon gharqad berbentuk semak atau pohon kecil dari famili Nitrariaceae. Pohon yang kontroversial di negara muslim ini tumbuh dengan tinggi maksimal 3 meter, namun biasanya kurang dari 1 meter. Ranting-rantingnya berbulu ketika masih muda dan perlahan tak berbulu saat dewasa.

Pohonnya sendiri biasa tumbuh di daerah padang pasir semi-kering dan dapat membantu dalam stabilisasi tanah longgar.




MANFAAT POHON GHARQAD :

Kayunya digunakan untuk dijadikan kayu bakar dan buahnya digunakan untuk membuat liquor tradisional.

Buah dan daunnya nya juga menjadi sumber makanan bagi satwa liar (unta, domba, kambing).


Belum ada Komentar untuk "Cici Ciri Pohon Gharqad (Nitraria retusa) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel