Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Italian Cypress (Cupressus sempervirens) Di Alam Liar

Italian Cypress (Cupressus sempervirens)

Italian Cypress (Cupressus sempervirens) juga dikenal sebagai Mediterranean Cypress, Tuscan Cypress, Persian Cypress, adalah spesies cemara asli wilayah Mediterania timur. Ini adalah pohon yang tumbuh di Libya timur laut, Albania selatan, pantai Bulgaria, pantai selatan Kroasia, Montenegro selatan, Bosnia, Herzegovina selatan, Yunani selatan, Turki selatan, Siprus, Mesir utara, Suriah barat, Lebanon, Malta, Italia, Israel, Yordania barat, Kaukasus selatan, dan Iran.

Di Indonesia pohon Italian Cypress dikenal dengan sebutan Cemara Pensil dan Cemara Lilin.



Umur pohon italian cypress sangat panjang, beberapa pohon di alam liar telah dilaporkan berumur lebih dari 1.000 tahun. Salah satu pohon italian cypress tertua adalah Sarv-e Abarkuh (Cypress of Abarkuh) yang telah berusia 5.000 tahun dan memiliki tinggi 25 meter. Pohon ini terletak di Yazd, Iran.


Ciri Ciri Daun Italian Cypress


Ciri Ciri Daun Italian Cypress

Dedaunan italian cypress tumbuh padat khas cemara dan berwarna hijau gelap. Panjang perhelaian daunnya 2-5 mm, dan ditumbuh dengan pucuk bulat (tidak pipih).


Ciri Ciri Buah Italian Cypress


Ciri Ciri Buah Italian Cypress

Buahnya berbentuk kerucut, biji-bijinya berbentuk bulat telur atau lonjong, panjangnya sekitar 3-5 cm, berwarna hijau saat muda dan coklat saat matang.


Ciri Ciri Pohon Italian Cypress


Ciri Ciri Pohon Italian Cypress

Pohon italian cypress berukuran sedang hingga besar yang umumnya berukuran tinggi 20 meter, dengan bentuk kerucut dan cabang-cabang yang merata disetiap ruas batang utama.

Pohon italian cypress sangat rentan terhadap penyakit cemara yang disebabkan oleh jamur Seiridium cardinale.

Pohon italian cypress banyak dibudidayakan sebagai pohon hias selama ribuan tahun lalu, terutama di seluruh wilayah Mediterania.

Ini juga termasuk pohon yang kuat dan mudah beradaptasi, ia dapat tumbuh di daerah dengan musim panas yang cukup panas dan musim dingin yang tidak membeku.




Pohon italian cypress kini telah banyak ditanam sebagai pohon hias diluar wilayah Mediterania, seperti di Inggris, Selandia Baru, dan Pasifik barat Laut (tepatnya di pesisir Oregon, Washington, British Columbia), Florida dan Amerika Serikat bagian selatan. Di beberapa daerah di Amerika Serikat, pohon italian cypress dikenal sebagai Tuscan Cypress.


MANFAAT POHON ITALIAN CYPRESS :

Pohon italian cypress juga dikenal karena kayunya yang sangat awet, beraroma, dan digunakan untuk pintu Basilika Santo Petrus di Kota Vatikan, Roma.

Kayunya juga digunakan dalam penyulingan alkohol sebelum penemuan stainless steel di Meksiko.

Dalam kosmetik, ekstrak pohon italian cypress digunakan sebagai zat, firming, anti-seborheik, anti-ketombe, anti-penuaan dan sebagai pewangi.

Kayu italian cypress juga digunakan untuk membuat Harpsikord (alat musik) tradisional Italia.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Italian Cypress (Cupressus sempervirens) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel