Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Ebony / Kayu Hitam Makassar Di Alam Liar

Daun Ebony Makassar

Pohon ebony (Diospyros celebica) umumnya dikenal sebagai Ebony Hitam atau Ebony Makassar adalah spesies pohon dalam keluarga Ebenaceae yang endemik di Pulau Sulawesi.

Kayu ebony Makassar memiliki ciri ciri garis lebar berwarna coklat atau hitam dan sering ada retakan. Ini dianggap sebagai kayu yang sangat berharga dan banyak dicari untuk Tokonoma (bidang atau washitsu untuk keperluan yang bersifat sakral) di rumah-rumah tradisional Jepang.

Ciri Ciri Kayu Ebony Makassar

Dulunya, Jepang menjadi importir utama kayu ini. Itu juga digunakan sebagai kayu di fingerboards gitar dan alat musik lainnya.

Pohon ebony dapat tumbuh setinggi 40 meter, meskipun pohon setinggi itu sudah jarang terlihat saat ini. Kayu hitam Makassar telah menjadi favorit para pengrajin kayu selama berabad-abad, sebagian besar pohon ebony besar telah ditebang dan digunakan dalam pembuatan furnitur berkualitas tinggi.



Dalam perdagangan internasional kayu hitam sulawesi ini dikenal sebagai Macassar ebony, Coromandel ebony, Streaked ebony, dan Black ebony. Nama-nama lainnya di Indonesia di antaranya Kayu item, Kayu maitong, Kayu lotong, Toetandu, dan Sora.


Ciri Ciri Daun Ebony Makassar


Ciri Ciri Daun Ebony Makassar

Daun ebony tunggal, tersusun berseling, berbentuk jorong memanjang, dengan ujung meruncing, permukaan atasnya mengkilap, seperti kulit dan berwarna hijau tua, sedangkan permukaan bawahnya berbulu halus dan berwarna hijau keabu-abuan.


Ciri Ciri Buah Ebony Makassar


Ciri Ciri Buah Ebony Makassar

Buahnya bulat telur, berbulu dan berwarna merah, oranye, kuning, dan coklat saat tua. Daging buahnya yang berwarna keputihan kerap dimakan monyet, bajing, dan kelelawar. Bijinya berbentuk seperti baji yang memanjang, berwarna coklat kehitaman.


Ciri Ciri Pohon Ebony Makassar


Ciri Ciri Pohon Ebony Makassar

Pohon Ebony Makassar memiliki batangtegak lurus dan dengan tinggi maksimal 40 meter. Diameter batang bagian bawah dapat mencapai 1 meter, dan sering banir (akar papan) besar.

Kulit batangnya beralur, mengelupas kecil-kecil dan berwarna coklat kehitaman. Pepagannya berwarna coklat muda dan di bagian dalamnya berwarna putih kekuningan.

Pohon ebony Makassar ini hanya terdapat di Pulau Sulawesi, tepatnya di hutan dengan ketinggian maksimal 600 mdpl yang memiliki tanah liat, pasir atau tanah berbatu-batuan dan yang berdrainase baik.



Karena perkembangan populasi yang lambat dan tingginya tingkat eksploitasi di alam, kini pohon ebony Makassar terancam kepunahan. Untuk melindunginya, IUCN menetapkan statusnya menjadi terancam (vulnerable) dan CITES memasukkannya ke dalam daftar Apendiks 2.


MANFAAT POHON EBONY MAKASSAR / SULAWESI :

Pohon ini menghasilkan kayu berkualitas tinggi. Warna kayunya coklat gelap, kehitaman, atau hitam berbelang-belang kemerahan. Kayu hitam berat, sehingga tidak dapat mengapung diatas air. Kayu ini terutama digunakan untuk mebel mahal, ukir-ukiran dan patung, alat musik, tongkat, dan kotak perhiasan, dll.

Kayu ini telah diekspor ke luar negeri sejak abad ke-18. Pasar utamanya adalah Jepang, pasar sekundernya adalah Eropa dan Amerika Serikat.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Ebony / Kayu Hitam Makassar Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel