Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Jarak Merah (Jatropha gossypifolia) Di Alam Liar

Pohon Jarak Merah

Jarak Merah atau tanaman dengan nama ilmiah Jatropha gossypifolia ini memiliki banyak sekali nama sinonim yang dikenal seperti Bellyache Bush, Black Physicnut, Cotton-leaf Physicnut (Inggris), Pinon Negro, Tua-tua (Spanyol), Medicinier Noir, Medicinier Rouge (Prancis), Mamoninha, Peao-roxo (Brazil), Sibidigua (India).

Pohon Jarak Merah sendiri adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga spurge, Euphorbiaceae. Spesies ini berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, India, dan kepulauan Karibia.



Di Puerto Rico pohon Jarak Merah dinyatakan gulma berbahaya dan terdaftar sebagai tanaman hama kelas 2, sedangkan di Australia utara, termasuk Queensland pohon Jarak Merah dinaturalisasi. Di New Caledonia, Jarak Merah diperkenalkan pada tahun 1903 sebagai tanaman hias.


Ciri Ciri Daun Jarak Merah


Ciri Ciri Daun Jarak Merah

Daun muda Jarak Merah lengket dan berwarna ungu tua. Susunan dedaunnya, hanya ada di bagian atas batang, memiliki bilah tiga lobus, berbulu halus pada margin serta tangkai daun.


Ciri Ciri Bunga Jarak Merah


Ciri Ciri Bunga Jarak Merah

Bunga pohon Jarak Merah ada diujung batang, merah, kecil dengan pusat berwarna kuning, tumbuh secara bergerombol, diikuti dengan biji polong berukuran ceri yang beracun.


Ciri Ciri Buah Jarak Merah


Ciri Ciri Buah Jarak Merah

Buah Jarak Merah berbentuk persegi enam agak bulat. Setelah matang, buah akan pecah dan menyebarkan bijinya. Karena itu, anak pohon Jarak Merah dapat tumbuh tidak jauh dari pohon induknya (autochorie), atau terbawa oleh hewan (zoochorie).

Benih Jarak Merah sangat kuat pada, itu dapat tetap hidup meskipun disimpan di selama 10 tahun.


Ciri Ciri Pohon Jarak Merah


Ciri Ciri Pohon Jarak Merah

Pohon Jarak Merah memiliki batang tegak lurus dan bergetah putih kekuningan. Pohonnya sendiri dapat mencapai ketinggian 4 meter dengan diameter batang batangnya sekitar 5-8 cm. Tumbuh secara optimal pada tanah lunak / lembab dan berkapur, terutama pada daerah rendah hingga sedang.




MANFAAT JARAK MERAH :

Daunnya digunakan sebagai antiinflamasi, antispasmodik, anti diabetes, anti asma, dan emenagog. Akarnya digunakan sebagai obat diuretik dan lambung. Bijinya sebagai kolagen, dan getahnya digunakan untuk mengobati luka bakar. Selain itu, masih ada banyak manfaat lainnya dari bagian pohon Jarak Merah yang dapat digunakan sebagai obat tradisional.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Jarak Merah (Jatropha gossypifolia) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel