Artikel Pilihan

Persebaran Pohon Apel di Berbagai Wilayah Indonesia

Pohon Apel

Kalau berbicara soal pohon apel, anda pasti membayangkan buah dengan brntuk yang bulat, berwarna hijau atau merah, dan rasa yang asam hingga manis. Pohon apel atau Malus domestica memang mampu menghasilkan sebanyak 6 sampai 15 kg buah. Bisa anda bayangkan sebanyak apa apel itu? 

Ada lebih dari 7.500 jenis pohon apel yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Namun, hanya beberapa saja yang dapat anda temukan di Indonesia. Beberapa jenis apel tersebut adalah apel manalagi, apel rome beauty, dan apel anna. Lalu, bagaimana dengan persebaran pohon apel di Indonesia? 

Wilayah Persebaran Pohon Apel di Indonesia 

Pohon Apel
Sumber: Unsplash.com

1. Sentra Utama 

Wilayah yang akan dibahas merupakan sentra utama penghasil buah apel terbesar di Indonesia. Daerah tersebut adalah Jawa Timur. Sudah bertahun-tahun, Jawa Timur menjadi wilayah utama penghasil buah apel. 

Pohon apel yang pertama ditanam di Indonesia pun ditanam di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Pasuruan. Buah apel yang ditanam di daerah tersebut dibawa oleh warga Belanda yang baru melakukan perjalanan di Australia. Ia membawanya pada tahun 1934. 

Sejak saat itu, Jawa Timur dijadikan tempat penanaman untuk pohon apel. Kota Batu menjadi daerah baru tempat pertumbuhan baru untuk pohon ini di Jawa Timur. 

Pada tahun 1970 sampai 1980, pohon apel mulai dikembangkan dalam jumlah yang banyak untuk menggantikan pohon jeruk yang mati karena penyakit dan hama. Sampai sekarang, Jawa Timur telah menjadi wilayah utama yang menyediakan kebutuhan apel dalam negeri. 

Alasan lainnya Jawa Timur menjadi sentra utama pertumbuhan pohon apel adalah iklim dan cuaca yang sesuai dengan karakteristik dari pohon ini. 

2. Jawa Barat dan Jawa Tengah 

Selain Jawa Tengah, ada juga beberapa daerah Jawa lain yang menjadi wilayah pertumbuhan pohon apel. Jawa Barat dan Jawa Tengah adalah daerah yang dimaksud. Namun, persebaran pohon apel di kedua wilayah tersebut tidak sebanyak di Jawa Timur. 

Beberapa daerah di Jawa Barat dan Jawa tengah memiliki suhu yang cukup dingin dengan curah hujan yang cukup tinggi. Di tempat seperti itulah, pohon apel dapat tumbuh dengan optimal. 

Seperti yang diketahui, pohon apel dapat tumbuh dengan lebih baik jika ditanam di daerah dengan suhu sekitar 16 sampai 27 derajat celcius. Curah hujan yang baik bagi pohon ini adalah sekitar 1.000 sampai 2.600 mm per tahun. 

3. Aceh dan Sumatera Utara 

Di luar pulau Jawa, beberapa daerah di pulau Sumatera juga bisa dijadikan tempat menanam pohon apel. Beberapa daerah di pulau Sumatera yang cocok untuk menanam pohon dengan nama latin Malus domestica ini adalah Aceh dan Sumatera Barat. 

Alasan kedua wilayah tersebut dapat dijadikan tempat menanam pohon apel adalah karena suhu yang sesuai dengan syarat tanaman ini serta kelembapan tanah yang cukup tinggi. 

Pohon apel sendiri membutuhkan tanah dengan tingkat kelembapan sekitar 80%. Seperti yang anda ketahui, komposisi buah apel sendiri didominasi dengan air. 

Curah hujan yang tinggi memang dibutuhkan agar pertumbuhan pohon apel lebih optimal. Namun, pohon ini juga butuh beberapa bulan yang kering tanpa hujan. Setidaknya, dibutuhkan 4 bulan yang kering agar pohon ini tumbuh semakin baik. 

Namun, sayangnya kedua wilayah tersebut belum dioptimalkan untuk menanam pohon apel. 

5. Nusa Tenggara 

Di luar dari pulau Jawa dan Sumatera yang pada penduduk, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur juga dapat digunakan sebagai tempat menanam pohon apel. Karakteristik cuaca dan iklim di kedua daerah tersebut cukup baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan pohon yang satu ini. 

Nusa Tenggara juga memiliki banyak tanah yang subur. Pohon apel sendiri membutuhkan tanah yang mengandung banyak unsur hara dan memiliki kadar asam yang netral. 

Sayangnya, seperti daerah di Sumatera, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur juga masih kurang dioptimalkan untuk menumbuhkan pohon apel. 

6. Sulawesi Selatan 

Pulau Sulawesi juga tidak cocok sebagai wilayah pertumbuhan untuk pohon apel. Wilayah dari Sulawesi yang cocok ditanam pohon yang mampu tumbuh setinggi 5 meter ini adalah Sulawesi Selatan. 

Sulawesi Selatan memiliki curah hujan yang cukup tinggi sehingga kelembapan tanahnya juga tinggi. Suhu di daerah tersebut juga cukup dingin. Dari kriteria tersebut, dapat dikatakan kalau Sulawesi Selatan menjadi tempat yang cocok untuk ditanami pohon apel. 

Seperi daerah lainnya di luar Pulau Jawa, Sulawesi Selatan juga belum dapat dioptimalkan untuk mengembangkan pohon apel. 


Penurunan Pohon Apel di Indonesia 

Sejarah mencatat kalau pohon apel pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1934 yang dibawa oleh warga Belanda. Setelah Indonesia merdeka, bebrrapa jenis apel sempat didatangkan dari luar negeri, seperti apel Anna dan apel rome beauty. 

Indonesia juga pernah mencoba menghasilkan beberapa jenis apel yang baru, tercatat ada 70 jenis pohon apel baru dengan 10 jenis apel yang bertahan. 

Perkembangan pohon apel di Jawa Timur sangat pesat pada tahun 1984 sampai 1988. Namun, terjadi penurunan pada tahun 2004 yang disebabkan penyakit dan hama. 
Pohon Apel
Sumber: Unsplash.com

Itulah wilayah persebaran pohon apel di Indonesia. Meski sempat menurun pada tahun 2004, untungnya pohon ini dapat bertahan dan disebarkan ke seluruh Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Persebaran Pohon Apel di Berbagai Wilayah Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel