Artikel Pilihan

Manfaat Daun Pohon Apel yang Jarang Diketahui

Pohon Apel

Kalau berbicara soal pohon apel, pastilah anda selalu memikirkan buah apel yang berwarna hijau atau merah dengan rasa yang manis. Memang tujuan utama orang menanam pohon apel adalah untuk mendapatkan buahnya. Sebenarnya selain buahnya, ada bagian lain yang dapat dimanfaatkan. Bagian tersebut adalah daun apel. 

Daun pada pohon apel memang sangat jarang sekali tersentuh atau dimanfaatkan karena sebagian orang yang berfokus pada buah apel saja. Buah apel memang memiliki banyak sekali manfaat, seperti untuk mencegah penyakit kardiovaskuler. Sebenarnya daun apel ini juga memiliki beberapa manfaat yang tidak kalah penting dari buah apel. 

Manfaat Daun Pohon Apel 

Pohon Apel
Sumber: Pixabay.com

1. Perawatan Wajah 

Kalau anda memiliki masalah wajah, seperti jerawat dan noda hitam yang menganggu kepercayaan diri, anda dapat menggunakan daun pohon apel untuk mengatasinya. Daun ini mengandung antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan yang bisa mengatasi kedua permasalahan tersebut. 

Cukup campurkan daun apel dengan krim susu dan tumbuk menjadi halus. Kemudian oleskan kedua bahan tersebut di seluruh wajah secara merata. 

2. Menjaga Kesehatan Tulang 

Semakin tua, tulang akan semakin keropos kalau tidak dijaga dengan baik. Menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan berolahraga rutin sembari meningkatkan massa otot. 

Massa otot yang kuat akan membantu tulang untuk menahan beban tubuh anda. Selain dari meningkatkan massa otot, anda harus mengonsumsi cukup kalsium. Daun pohon apel mengandung kalsium yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang anda. 

3. Mencegah Penyakit Asma 

Penyakit asma dan berbagai masalah pernapasan lainnya pasti sangat menganggu aktivitas anda. Penyakit yang satu ini tidak bisa disembuhkan sehingga penderita asma harus mengonsumsi obat. 

Daun pohon apel dipercaya dapat mencegah penyakit asma karena mengandung polifenol dan fitokimia. Kedua kandungan tersebut akan meningkatkan kinerja paru-paru. 

Memberikan jus daun apel kepada anak-anak yang menderita penyakit asma dapat mengurangi kambuhnya penyakit ini saat besar nanti. Orang dewasa juga dapat mengonsumsi daun apel ini untuk mencegah asma. 

4. Cegah Kanker Pankreas 

Kanker pankreas merupakan penyakit tumor yang tumbuh di daerah pankreas atau kelenjar basah pada sistem pencernaan. Gejala kanker pankreas dapat dilihat dari demam dan menggigil dalam waktu yang lama, sering muntah, tidak ada selera makan, dan mengalami pola buang air besar. 

Penyakit yang satu ini dapat dicegah dengan mengonsumsi kandungan flavonols. Kandungan tersebut terdapat dalam daun apel. Memakan daun apel atau membuatnya menjadi jus dapat membantu mencegah penyakit kanker pankreas. 

Memakannya secara langsung juga dapat membantu menurunkan kanker di usus besar, hati, hingga payudara. Penelitian juga mengungkapkan kalau daun apel dapat mengecilkan ukuran tumor yang telah tumbuh. 

5. Menghindari Diri Dari Kolesterol 

Penyebab paling utama dari kolesterol adalah makanan yang berlemak. Kebanyakan makanan berlemak mengandung kolesterol yang jahat, seperti gorengan. Makanan seperti itu sangat umum dijumpai di Indonesia. 

Anda mungkin juga merupakan orang yang suka memakan gorengan. Semakin tua, kolesterol juga akan semakin menumpuk dan tubuh akan kesulitan untuk mengatur kolesterol tersebut. 

Untuk mengatasinya, anda dapat mengonsumsi daun pohon apel yang baik untuk menghilangkan kolesterol jahat. Namun, anda harus mengonsumsinya secara rutin untuk mengimbangi pola makan yang tinggi akan kolesterol 

6. Atasi Diare dan Sembelit 

Buah apel mengandung serat yang cukup tinggi. Dalam satu buah apel, terkandung sekitar 5 gram serat. Jumlah serat yang disarankan oleh para ahli untuk setiap orang adalah sekitar 20 sampai 30 gram. 

Selain buah apel, ternyata daun pohon apel juga mengandung serat yang cukup banyak. Dalam 100 gram daun apel, terkandung sekitar 3 sampai 4 gram serat. 

Diare dan sembeli sering kali disebabkan karena anda tidak memakan serat dalam jumlah yang cukup. Kalau anda tidak suka dengan buah apel, anda dapat menggantinya dengan daun apel. 

7. Mengatasi Obesitas 

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit yang tidak baik untuk tubuh. 

Untuk menurunkan berat badan, anda harus memakan kalori yang lebih kecil dibandingkan kalori yang anda butuhkan. Setiap makanan yang anda konsumsi akan diubah tubuh menjadi kalori. 

Kalori setiap makanan juga berbeda-beda. Contohnya 100 gram ayam rebus hanya mengandung 150 kalori, sedangkan ayam goreng memiliki 260 kalori. Karena itu pintarlah memilih makanan. 

Memakan daun pohon apel juga dapat membantu menurunkan berat badan karena kalori dari daun tersebut sangat kecil. 


Cara Menanam Pohon Apel 

Setelah mengetahui manfaat dari daun pohon apel yang mungkin bisa anda dapatkan, apakah anda tertarik untuk menanam pohon ini? Kalau iya, maka anda perlu mempelajari cara menanamnya. 

Cara menanam pohon apel sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan bibit apel terlebih dahulu. Carilah bibit yang berkualitas agar dapat menghasilkan pohon yang berkualitas juga. 

Jika sudah menemukan bibit apel yang bagus, buatlah lubang pada tanah. Masukkan bibit apel tersebut ke dalam tanah. Setelah itu, langsung siram dengan air dan berikan pupuk yang cukup. 
Pohon Apel
Sumber: Pixabay.com

Itulah manfaat yang bisa anda dapatkan kalau mengonsumsi daun pohon jeruk. Selain itu, imbangi juga dengan pola hidup yang baik.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Daun Pohon Apel yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel